Comscore Tracker

5 Fakta Jari Kelingking, Tidak Selemah yang Kamu Kira Lho

Kelingking tangan dan kaki sama-sama berperan penting lho

Dari lima jari yang manusia miliki, jari kelingking seringkali jadi yang paling diremehkan. Kekuatannya tidak sebesar ibu jari, dan tampilannya tidak secantik jari manis yang sering dihiasi cincin. Maka mungkin kamu mengira jari kelingking tidak terlalu berguna bagi kita.

Tapi ternyata tidak demikian lho. Gak percaya? Simaklah 5 fakta jari kelingking berikut dan dijamin kamu gak akan meremehkan fungsi jari terkecilmu ini lagi!

1. Meski kecil, jari kelingking ternyata menyumbang 50 persen kekuatan genggaman tangan

5 Fakta Jari Kelingking, Tidak Selemah yang Kamu Kira Lhothesquashcompany.com

Coba ambil benda kecil di dekatmu dan genggam benda tersebut dengan satu tanganmu kuat-kuat. Menurutmu, kira-kira jari mana yang mengerahkan kekuatan paling besar dalam proses tersebut? Percaya atau tidak, itu adalah jari kelingkingmu!

Ya, para ahli menyebut bahwa 50 persen kekuatan genggaman tangan kita berasal dari kelingking. Itu artinya tanpa jari kelingking, kekuatan genggaman tangan kita akan berkurang drastis. Wah, berarti jari kelingking cocok disebut kecil-kecil cabe rawit ya.

2. Ukuran kelingking bisa menunjukkan kepribadian kita

5 Fakta Jari Kelingking, Tidak Selemah yang Kamu Kira Lhorasplove.com

Tahukah kamu bahwa kepribadianmu bisa terlihat dari ukuran kelingking tanganmu? Jika kelingkingmu berukuran lebih pendek daripada ruas teratas jari manismu, maka kamu adalah orang yang cenderung introvert dan pemalu, tapi baik dan perhatian.

Sementara jika kelingkingmu berukuran lebih tinggi dari ruas teratas jari manismu, berarti kamu adalah tipe orang yang ekstrovert dan berdedikasi tinggi, meski kadang terlihat agak kasar.

Satu tipe lagi adalah jika ujung kelingkingmu tepat sejajar dengan garis batas ruas teratas jari manismu. Itu berarti kamu memiliki kepribadian yang seimbang: murah hati dan senang membantu, tapi tidak sudi dimanfaatkan orang lain. Nah, coba lihat jari kelingkingmu dan bandingkan, apakah sesuai dengan penjelasan tersebut?

3. Kelingking yang bengkok bisa merupakan tanda kekurangan mental

5 Fakta Jari Kelingking, Tidak Selemah yang Kamu Kira Lhohealthline.com

Selain kepribadian, bentuk kelingking juga bisa jadi tanda ada seseorang punya kekurangan secara mental lho. Ilmuwan meyakini bahwa kelingking yang bengkok bisa jadi tanda autisme. Begitu pula dengan kelingking yang sangat pendek dan memiliki pola sidik jari seperti dua lingkaran.

Bahkan tidak hanya itu, kelingking bengkok juga bisa jadi petunjuk adanya kelainan mental lain. Misalnya down syndrome serta fetal alcohol syndrome yang terjadi karena janin terpapar alkohol berlebih selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sidik Jari Manusia yang Jarang Diketahui, Polanya Rumit

4. Janji kelingking, kedengaran imut tapi punya sejarah mengerikan

5 Fakta Jari Kelingking, Tidak Selemah yang Kamu Kira Lhojetmag.com

Sewaktu kecil, kemungkinan besar kamu pernah melakukan pinky promise alias janji kelingking dengan temanmu. Caranya adalah berjanji sambil saling mengaitkan jari kelingking, seolah sebagai pengesah janji tersebut. Kedengarannya imut ya, tapi tahukah kamu bahwa janji kelingking punya sejarah yang mengerikan?

Janji kelingking berasal dari kebudayaan kuno Jepang yang disebut Yubikiri. Yubikiri sendiri berarti 'memotong jari' yang berarti bahwa dua orang yang melakukan yubikiri harus menepati janji mereka, karena jika tidak maka jari kelingking si pelanggar harus dipotong. Waduh!

5. Kelingking kaki pun sangat berguna

5 Fakta Jari Kelingking, Tidak Selemah yang Kamu Kira Lhonaturalfootgear.com

Setelah membahas tentang jari kelingking tangan, kamu mungkin bertanya-tanya: Bagaimana dengan jari kelingking kaki? Apakah ada gunanya juga? Ya tentu! Meski kecil dan tampak tidak berarti, jari kelingking kaki membantu kita berdiri dengan seimbang.

Artinya, tanpa jari kelingking kaki akan sangat sulit bagi kita untuk berjalan, berlari, atau bahkan sekadar berdiri tegak. Makanya, jangan meremehkan fungsi kelingking kakimu ya.

Itulah 5 fakta tentang jari kelingking yang perlu kamu tahu. Gimana, ternyata jari kelingking punya fungsi yang vital dan gak selemah yang kamu kira kan? Jadi jika jari kelingking saja berharga, kamu juga wajib menjaga kesehatan seluruh tubuhmu ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sidik Jari Manusia yang Jarang Diketahui, Polanya Rumit

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya