Selain Memperkuat Tulang dan Gigi, Vitamin D Juga Punya 5 Manfaat

Bisa membantu menurunkan berat badan lho

Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Kamu tentu tahu bahwa vitamin ini bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi kita.

Ikan, jamur, dan kuning telur adalah contoh makanan yang mengandung vitamin D, namun vitamin ini juga diproduksi secara alami oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari.

Tapi apakah vitamin D hanya bermanfaat bagi tulang dan gigi saja? Ternyata tidak. Banyak studi mengungkapkan bahwa vitamin D ternyata memiliki sejumlah manfaat lain seperti penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain Memperkuat Tulang dan Gigi, Vitamin D Juga Punya 5 Manfaateverydayhealth.com

Bukan hanya vitamin C, vitamin D ternyata juga punya peran penting untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin D bisa mengatur respon bawaan maupun adaptif dari sel imun di tubuh kita, sehingga lebih mudah mempertahankan diri dari penyakit. Jadi kalau gak mau gampang sakit, jangan sampai kamu kekurangan vitamin D.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain Memperkuat Tulang dan Gigi, Vitamin D Juga Punya 5 Manfaatpennmedicine.org

Berbagai studi mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan erat dengan meningkatnya riesiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. Itu termasuk hipertensi, gagal jantung, dan penyakit arteri koroner. Mengonsumsi cukup vitamin D bisa membuat risiko terkena berbagai penyakit tersebut menurun.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin D

3. Menurunkan risiko multiple sclerosis

Selain Memperkuat Tulang dan Gigi, Vitamin D Juga Punya 5 Manfaatkrcu.org

Multiple sclerosis adalah kondisi dimana sistem saraf pada otak dan tulang belakang terganggu. Kondisi tersebut bisa berujung pada kelumpuhan sedang atau bahkan parah. Penyebab multiple sclerosis sendiri berhubungan dengan sistem imun yang tidak bekerja dengan baik.

Nah, karena vitamin D bisa memperbaiki kerja imun, maka vitamin ini juga bisa menurunkan risiko multiple sclerosis. Itu sesuai dengan hasil studi dari Journal of the American Medilan Association pada tahun 2006.

4. Mengurangi depresi

Selain Memperkuat Tulang dan Gigi, Vitamin D Juga Punya 5 Manfaatpexels/Kat Jayne

Apa hubungannya vitamin D dengan depresi? Ternyata penelitian menunjukkan bahwa pemberian vitamin D pada para penderita depresi bisa memperbaiki kondisi mereka. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan dan depresi umumnya kekurangan vitamin D.

Jika kamu tidak memiliki depresi pun vitamin D bisa tetap membantumu. Itu karena vitamin D punya peran penting dalam memperbaiki mood. Jadi kalau mood-mu sedang tidak bagus, cobalah keluar untuk menikmati sinar matahari. Tubuhmu akan memproduksi vitamin D dan membuatmu merasa lebih baik.

5. Membantu mengurangi berat badan

Selain Memperkuat Tulang dan Gigi, Vitamin D Juga Punya 5 Manfaatpexels/rawpixel

Kalau kamu sedang berjuang menurunkan berat badan, vitamin D juga sangat bermanfaat buatmu. Sebuah studi dari British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium setiap hari berhasil menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang tidak.

Ilmuwan mengatakan bahwa hal itu bisa terjadi karena kalsium dan vitamin D bisa mengurangi nafsu makan. Jadi kalau kamu merasa sulit mengurangi berat badan karena sulit menahan lapar, mengonsumsi vitamin D bisa jadi solusi yang aman.

Itulah 5 manfaat vitamin D bagi tubuh selain memperkuat tulang dan gigi. Ternyata vitamin D itu cukup multifungsi bukan? Maka pastikan tubuhmu mendapat cukup asupan vitamin yang penting ini setiap hari ya.

 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Tulang Kuat!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You