Comscore Tracker

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa 

Tidak hanya untuk meredakan stres #ANGPOIN

Sebagian dari kita mungkin sudah berhasil menjadikan meditasi sebagai rutinitas wajib harian. Walaupun demikian, ternyata masih banyak orang di luaran sana yang sama sekali belum tertarik terhadap kegiatan positif yang satu ini. Padahal, meditasi menyimpan sejumlah manfaat luar biasa, baik dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Terlepas dari beragam teknik meditasi yang bisa dipraktikkan. Sudah tahukah kamu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh apabila rajin melakukan meditasi? Simak baik-baik, berikut ini ialah pemaparan sederet manfaat tersebut, dilansir Healthline dan Insider.

1. Meningkatkan fokus 

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa pexels.com/Andrea Piacquadio

Inti dari kegiatan meditasi adalah kita dituntut untuk memusatkan pikiran pada satu hal tertentu saja, misalnya fokus pada pola pernapasan kita sendiri. Sehingga yang pada awalnya pikiran kita bercabang dan begitu terbebani, seketika akan terasa lebih enteng sesaat sesudah melakukan meditasi.

Oleh karena itu, orang-orang yang rajin melakukan kegiatan ini umumnya menjadi pribadi yang senantiasa bisa fokus, gangguan seperti apa pun tak lantas membuyarkan pikiran mereka.

2. Mengurangi kecemasan dan stres   

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa pexels.com/Anna Shvets

Baik stres ataupun rasa cemas kerap dijadikan alasan mengapa seseorang mencoba untuk bermeditasi. Faktanya, meditasi memang ampuh untuk menurunkan kadar hormon kortisol, penyebab stres. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, meditasi membantu kita dalam memperbaiki kemampuan berkonsentrasi. Sehingga tanpa kita sadari meditasi juga mendorong kita untuk melepaskan segala hal yang tak penting, seperti kecemasan atau beban pikiran.

Seusai melakukan sesi meditasi biasanya seseorang bisa langsung merasakan manfaatnya yang satu ini, yakni meredanya kecemasan dan stres yang sebelumnya dialami.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu Coba

3. Menjernihkan pikiran   

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa pexels.com/Andrea Piacquadio

Tak hanya mampu mengurangi tingkat stres, meditasi juga bisa membuat seseorang berpikir jauh lebih jernih. Mereka yang rutin melakukan meditasi cenderung tidak mudah panik saat berhadapan langsung dengan masalah, mereka juga akan berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan maupun tindakan.

Kebiasaan buruk seperti overthinking dan negative thinking bakal susah ditemui pada orang-orang yang rajin bermeditasi ini.

4. Emosi lebih terkontrol  

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa pexels.com/Emmy E

Gampang terpancing emosi? Melakukan meditasi ternyata mampu membantu kita untuk membuang jauh-jauh kebiasaan buruk tersebut. Jika diperhatikan dengan saksama orang yang giat bermeditasi umumnya punya kendali atas setiap emosi yang sebaiknya mereka tunjukkan dalam menanggapi suatu perkara.

Mereka sadar, bahwasanya emosi yang berlebihan lebih sering menimbulkan dampak buruk, tidak hanya untuk diri sendiri terkadang orang lain di sekitar pun bisa turut merasakannya.

5. Meningkatkan produktivitas   

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa pexels.com/Andrea Piacquadio

Di kala beban pekerjaan kian memberat memang ada baiknya untuk tidak memaksakan diri, dan lebih memilih rehat sejenak supaya segala penat maupun stres bisa menguap ke udara. Pekerjaan apa pun tak akan berjalan mulus apabila dikerjakan di bawah tekanan. Oleh karena itu, orang yang terbiasa menyisipkan sesi meditasi singkat di sela waktu kesibukannya biasanya akan menjadi pribadi yang jauh lebih produktif ketimbang orang yang terus-terusan bekerja hingga kelelahan.

Nah, setelah mengetahui manfaat luar biasa dari meditasi, apakah sekarang sudah siap untuk meluangkan sedikit waktu supaya bisa melakukan kegiatan kaya manfaat ini?

Baca Juga: 6 Langkah Meditasi Mengenali Diri buat Pemula, Bisa Melatih Fokus

Bwana Prasetya Photo Writer Bwana Prasetya

Dalam pesta yang tak pernah berakhir.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya