Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Semangka yang Menyegarkan dan Sehat untuk Tubuh

Manis, segar, dan menyehatkan

Dengan kadar air sebanyak 92%, semangka dapat mengatasi dehidrasi juga menyuplai cairan yang hilang dalam tubuh. Semangka juga mempunyai kandungan vitamin yang begitu banyak, dari vitamin A, B6, C, hingga vitamin lainnya.

Selain itu, antioksidan serta asam amino yang tinggi juga terdapat dalam semangka. Oleh karena itulah, semangka banyak kebaikan untuk tubuh yang akan menjaga kesehatanmu. Jika mengonsumsi semangka setiap hari, maka kamu akan mendapat 5 kebaikan ini.

Berikut IDN Times kasih informasi mengenai beberapa khasiat atau manfaat buah semangka yang selain dapat menyegarkan, juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya!

1. Menjaga imunitas tubuh

5 Manfaat Buah Semangka yang Menyegarkan dan Sehat untuk TubuhPexels.com/GaronPiceli

Semangka merupakan buah yang banyak mengandung citrulline, yakni zat yang berfungsi menangkal berbagai penyakit. Jadi sering mengonsumsi semangka kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik.

2. Mencegah hipertensi dan kolesterol

5 Manfaat Buah Semangka yang Menyegarkan dan Sehat untuk TubuhPexels.com/energepic.com

Sering stres karena pekerjaan? Hati-hati stres juga mengakibatkan hipertensi. Namun,  jika kamu sering konsumsi semangka hal ini akan teratasi. Zat asam amino dalam semangka yang jika masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan zat oksida nitrat. Zat ini bermanfaat sekali untuk mencegah hipertensi juga kolesterol.

3. Mengatasi impotensi

5 Manfaat Buah Semangka yang Menyegarkan dan Sehat untuk TubuhPexels.com/InnaLesyk

Bagi kaum adam, semangka juga harus kamu konsumsi setiap hari. Semangka sangat baik untuk menjaga kesehatan alat vital pria. Kandungan citrulline dalam semangka pun sangat membantu mencegah disfungsi ereksi. Sirkulasi darah dalam tubuh akan terjaga serta kesehatan alat vital pun prima.

Baca Juga: 12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebas

4. Menangkal radikal bebas

5 Manfaat Buah Semangka yang Menyegarkan dan Sehat untuk TubuhPexels.com/Adrienn

Ada zat yang bermanfaat dalam semangka yang disebut lycopene. Zat ini adalah antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah penyakit serta penangkal radikal bebas. Jadi, selalu ada semangka dalam setiap menu santapanmu ya.

5. Mengatasi gejala kanker prostat

5 Manfaat Buah Semangka yang Menyegarkan dan Sehat untuk TubuhPexels.com/Brucemars

Kanker prostat menjadi momok untuk kaum pria. Maka dari itu, konsumsi selalu semangka karena lycopene dalam semangka ini akan mencegah sel kanker ini hinggap dalam tubuh kamu. Ayo lakukan!

Itu dia beberapa manfaat buah semangka yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Betapa hebatnya faedah semangka bagi kehidupan kita.

Belumlah terlambat untuk mengonsumsinya setiap hari. Apalagi semangka tak sulit didapatkan, banyak dijual di pasar tradisional atau supermarket.

Baca Juga: 7 Resep Kreasi Olahan Semangka, Segar Banget untuk Buka Puasa!

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Wendy Novianto

Just For You