Comscore Tracker

Otot Pegal Karena Fitness? Begini 6 Cara Cepat untuk Meredakannya!

Biar kamu bisa makin rajin berolahraga

Setelah berolahraga, sering kali sekujur tubuh kita langsung terasa pegal. Rasanya langsung tepar diatas kasur dan ingin segera tidur. Esok hari bangun dengan tangan dan kaki atau bahkan sampai pinggang yang semakin sakit. Sebenarnya, otot-otot pegal karena olahraga ini bisa kita kurangi atau bahkan hindari lho.

Kita akan bahas solusi cepat untuk otot pegal yang bisa kamu terapkan dengan segera, serta hal-hal pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari otot pegal di masa depan. Tapi sebelum itu kamu harus tau penyebab otot pegal itu terlebih dahulu.

1. Kamu perlu mengerti dulu sebenarnya apa itu otot pegal

Otot Pegal Karena Fitness? Begini 6 Cara Cepat untuk Meredakannya!pexels.com

Otot pegal akibat olahraga, terjadi karena Delayed On-Set Muscle Soreness (atau DOMS), yang terasa beberapa jam kemudian dan memuncak (rata-rata) sekitar satu hingga dua hari. Umumnya, para ilmuwan olahraga setuju bahwa orang-orang yang mengalami otot pegal dikarenakan akibat kerusakan otot dan proses pemulihan kembali otot itu.

Protein keluar dari sel yang terluka sementara cairan dan sel darah putih memulihkan kembali otot itu. Seiring waktu, sel-sel otot diperbaiki dan sel-sel baru dikembangkan. Semua inilah yang menyebabkan ototmu terasa pegal.

2. Beberapa mitos tentang otot pegal dan bagaimana solusi yang sebenarnya

Otot Pegal Karena Fitness? Begini 6 Cara Cepat untuk Meredakannya!pexels.com

Ada beberapa mitos tentang otot pegal, namun ini beberapa yang banyak dipercayai orang. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Mitos 1: Otot pegal paling baik dibiarkan saja untuk membaik dengan sendirinya. Kesalahpahaman yang umum! Faktanya, adalah ide yang bagus untuk melakukan latihan ringan untuk membantu pemulihan otot pegal dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke otot, dan cairan sinovial di dalam sendi.
  • Mitos 2: Buruk untuk berolahraga saat otot sedang pegal. Olahraga ringan sebenarnya dapat membantu dalam pemulihan, tetapi jangan berlebihan atau terlalu memaksakan diri karena dapat menjadi kontraproduktif.
  • Mitos 3: Pemulihan otot pegal tidak ada hubungannya dengan tidur. Faktanya, otot pegal kita mengalami pemulihan paling baik saat kita sedang dalam tahap REM Sleep.

Baca Juga: 6 Gerakan Anti Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba Deh!

3. Cara menghilangkan otot pegal dengan cepat itu perlu dibiasakan dari sekarang

Otot Pegal Karena Fitness? Begini 6 Cara Cepat untuk Meredakannya!pexels.com

Ada banyak cara untuk memulihkan otot pegal pasca fitness, tapi kebanyakan harus memakan waktu? Berikut ini caranya supaya pemulihan otot pegalmu lebih cepat setelah fitness:

  1. Perbaiki apa yang kamu makan. Salah satu aspek penting dalam memulihkan otot yang pegal adalah asupan protein. Makanlah sumber protein tinggi berkualitas, dan asam amino kompleks. Untuk daging, kamu bisa memakan berbagai jenis steak daging sapi. Untuk unggas, kamu bisa makan ayam, bebek dan sejenisnya. Ikan-ikanan yang bisa kamu makan seperti ikan salmon dan ikan nila.
  2. Perlakukan tubuhmu dengan baik. Selain memperbaiki makanmu, kamu juga harus melakukan sesuatu terhadap tubuh dan otot mu. Kamu bisa meberikan kompresi hangat pada ototmu yang terasa pegal untuk memperlancar sirkulasi aliran darah. Kamu juga bisa pergi pijat ataupun akupuntur. Jangan malas bergerak karena kamu sedang merasa pegal! Justru ajak dirimu untuk tetap memiliki mobilitas yang sama seperti biasanya karena itu akan membantu pemulihan otot. Olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa sangat efektif untuk membantu pemulihan karena juga meningkatkan sirkulasi darah.
  3. Dapatkan tidur yang cukup (dan berkualitas). Seperti yang sudah dibahas tentang mitos diatas, tahap REM Sleep merupakan tahap dimana tubuhmu melakukan pemulihan yang paling maksimal. Dengan mendapatkan tidur yang cukup serta berkualitas, kamu mengajak tubuhmu untuk semakin cepat memperbaiki dirinya.

4. Otot pegal setelah olahraga itu pertanda bagus dan cara memulihkannya tidak susah

Otot Pegal Karena Fitness? Begini 6 Cara Cepat untuk Meredakannya!unsplash.com

Otot yang pegal setelah berolahraga menandakan latihan yang kamu lakukan sebenarnya tidak sia-sia. Kalau ototmu pegal, itu artinya kamu mengajak mereka bekerja dan membuat mereka bangun serta berkembang dan semakin memperbaiki dirinya.

Namun bukan berarti sehari setelah kita berolahraga, kita harus selalu menghabiskan sepanjang hari di atas kasur karena rasa pegal yang merajalela. Dengan memahami apa yang harus kamu lakukan untuk mempercepat pemulihan otot pegalmu, kamu semakin dekat dengan body goals yang kamu impikan setiap harinya.

Baca Juga: Berniat Melatih Kekuatan Otot? Lakukan 9 Langkah Paling Penting Ini!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You