Comscore Tracker

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisi

Hati-hati, harus kamu sadari segera lho...

Tubuh manusia adalah hal yang sangat kompleks. Berisi 60 unsur kimia dan air, protein, lemak, juga mineral yang sempurna. Semua ini sangat penting untuk kesehatan kita dan kadang-kadang, ketika kita kekurangan sesuatu, tubuh kita memberi kita sinyal sehingga kita bisa segera memperbaiki hal-hal ini. Ini 7 tanda di tubuh bahwa kamu sebenarnya kekurangan nutrisi!

1. Rambut dan kuku yang mudah rapuh

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisiunsplash.com/Old Youth

Saat rambut dan kukumu terasa rapuh,  bisa jadi kamu kekurangan protein. Protein adalah salah satu bagian terbesar dari tubuh. Tulang, otot, kulit, rambut, dan kuku semua mengandung protein.

Itulah sebabnya kekurangan protein memengaruhi seluruh tubuh dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Gejala pertama yang mungkin kami bisa perhatikan adalah berbagai masalah dengan kuku, rambut, dan kulit. 

Orang yang makan daging secara teratur memiliki sangat sedikit kesempatan menghadapi masalah ini. Dan ingat, ada banyak sumber protein bagi vegetarian, seperti: kacang, kacang, buncis, jamur, tahu, gandum, dan lain-lain.

2. Kulit kering dan keriput

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisikpopmap.com

Asam lemak esensial, terutama Omega-6, sangat penting karena mereka bisa membuat kulit kehilangan lebih sedikit air. Kalau kamu tidak mengonsumsi Omega-6 yang cukup, kulitmu bisa kering dan rentan terhadap kerutan.

Kulit mu yang kering juga bisa menjadi gatal, dan pecah-pecah. Gejala lain yang tidak menyenangkan adalah ketombe, rambut rontok, dan mata kering. Salah satu yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan Omega-6 mu adalah minyak ikan.

3. Kelelahan yang terus menerus dan otot yang melemah

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisilifeextension.com

Ini adalah gejala kekurangan magnesium. Kalau kamu merasa lelah bahkan setelah kamu baru bangun tidur dan kamu terus-menerus merasa lelah dan lemah, ini adalah tanda kalau kamu perlu mengonsumsi lebih banyak magnesium dalam makanan sehari-harimu. Sumber magnesium terbaik adalah: almond, kacang tanah, biji labu, biji rami, biji bunga matahari, biji chia dan kacang mete.

Baca Juga: 7 Kondisi Mata Ini Bisa Menjelaskan Bagaimana Keadaan Kesehatanmu

4. Kulit pucat

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisihealthgrades.com

Kalau kulitmu tampak pucat, ini mungkin merupakan tanda kekurangan zat besi sehingga menurunkan tingkat hemoglobin dalam sel darah merahmu. Darah jadi kehilangan sebagian warnanya dan itu membuat kulitmu dan kadang-kadang hingga ke gusi, kuku, dan bagian dalam bibir juga kelopak matamu kehilangan warna alaminya.

Orang yang berisiko adalah: wanita hamil, mereka yang mendonorkan darah secara teratur, orang dengan pola makan yang buruk, dan vegetarian. Hati dan daging merah sangat kaya zat besi dan jika kamu tidak memakannya, kamu harus mengonsumsi lebih banyak bayam, lentil, dan brokoli, dan minum suplemen zat besi.

5. Jerawat dan ruam di wajah

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisihellomagazine.com

Kalau kamu suka makanan olahan atau alkohol, suatu hari mungkin kamu akan mengalami kekurangan zinc dalam tubuhmu. Kekurangan zinc mempengaruhi seluruh tubuh dan menyebabkan masalah dengan ususmu juga dengan sistem kekebalan tubuhmu.

Akibatnya, ini bisa menyebabkan alergi dan berdampak negatif pada kondisi kulitmu. Makanan kaya zinc adalah: tiram, daging sapi, domba, ayam, kacang, buncis, biji labu, kacang mete, jamur, dan bayam.

6. Gusi berdarah dan luka sembuh dengan lama

Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisidepositphotos.com

Kalau kamu punya masalah ini, kamu mungkin kekurangan vitamin C. Ini tidak umum dialami, tetapi ada kelompok orang yang berisiko, seperti wanita hamil dan menyusui, orang tua, juga perokok.

Tidak sulit mendapatkan cukup vitamin C kalau kamu memiliki diet yang sehat dan seimbang serta makan buah juga sayuran segar. Satu jeruk besar atau setengah paprika memberi cukup untuk memenuhi dosis harianmu. Kamu juga bisa mengonsumsi vitamin-vitamin yang mengandung vitamin C.

Masalah-masalah diatas bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang disarankan kok, jadi jangan panik dulu dan buru-buru pergi ke dokter. Usahakanlah untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan kurangi makanan instan.

Baca Juga: Sadari 6 Hal Penting dalam Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya