Comscore Tracker

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambat

Sering tidak disadari lho gejala-gejalanya

Kalsium adalah mineral penting yang paling dikenal dalam tubuh karena peran pentingnya dalam kesehatan tulang. Tubuh kita juga membutuhkannya untuk menstabilkan tekanan darah, mengatur sekresi hormon, dan memberikan sinyal saraf dengan benar. Ketika kamu tidak mendapatkan cukup kalsium, kamu bisa menderita kondisi khusus kekurangan kalsium, yang bisa diidentifikasi oleh beberapa gejala tertentu.

1. Kulit yang kering

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatbeautybyearth.com

Hipokalsemia atau kekurangan kalsium dalam tubuhmu bisa terlihat pada kulitmu. Kondisi ini biasanya membuat kulitmu tampak bersisik dan kering. Juga telah ditemukan bahwa kekurangan kalsium memiliki kaitan erat dengan perkembangan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

2. Kelelahan

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatvitamindcouncil.org

Ketidakcukupan kalsium dalam tubuhmu mempengaruhi kesehatan fisikmu secara keseluruhan. Jadi kalau kamu mengalami kelelahan ekstrim, lesu, kurang energi, atau merasa sangat cepat capek, kurangi mencoba mengatasinya dengan meminum minuman energi. Cobalah berkonsentrasi untuk menyeimbangkan dietmu dengan menambah kalsium dalam makananmu.

3. Parestesia

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatdraxe.com

Parestesia termasuk dalam sekelompok gejala neurologis yang berkaitan dengan defisiensi kalsium yang parah. Kamu mungkin mengalami kesemutan dan mati rasa di sekitar mulut atau di jari-jari tangan dan kaki, tremor otot, gangguan sentuhan dan bahkan memori serta halusinasi yang buruk.

Baca Juga: Sadari 6 Hal Penting dalam Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan Ini

4. Sering sakit

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatwisegeek.com

Kalsium memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat karena membantu tubuhmu melawan virus dan bakteri. Kekurangan kalsium mengurangi daya tahan tubuhmu terhadap serangan patogen dan sebagai hasilnya, kamu akan jatuh sakit, terserang flu, batuk, dan bersin lebih sering.

5. Kuku yang rapuh

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatwomenfitness.net

Seperti tulangmu, kukumu juga membutuhkan sejumlah kalsium untuk menjaga dirinya tetap kuat. Jadi ketika kamu menderita kekurangan kalsium, kukumu menjadi terlalu kering, lemas dan mudah terkelupas dan pecah. Kuku yang rapuh tidak cukup tebal sehingga sering kali patah saat aktivitas sehari-hari yang paling sederhana sekalipun.

6. Kesulitan menelan

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatentsleepspecialists.com

Meskipun kedengarannya agak mengejutkan, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan disfagia - atau kesulitan menelan. Perasaan sesak ini disebabkan oleh kontraksi yang buruk pada otot-otot di tenggorokanmu. Dalam kasus yang parah, kekurangan kalsium bahkan bisa menyebabkan kejang di laring dan perubahan suara yang tidak biasa.

7. Sakit gigi

7 Tanda Kalau Sebenarnya Tubuhmu Kekurangan Kalsium, Sebelum Terlambatsunnybrook-dental.com

Sebagian besar kalsium dalam tubuhmu disimpan di tulang dan gigimu, sehingga biasanya mereka yang pertama menderita saat tubuhmu kekurangan kalsium. Karena kurangnya unsur vital ini, gigimu mungkin mulai menguning, membusuk dan sakit. Selain itu, risiko kamu menderita penyakit periodontal juga bisa meningkat.

Setiap orang dewasa harus mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium per hari. Untuk mempertahankan asupan kalsium yang tepat, kamu harus menambahkan sayuran hijau seperti kale, brokoli, lobak hijau, dan sayuran ke dalam makananmu. Penting juga untuk mengonsumsi lebih banyak ikan berlemak (salmon, sarden, mackerel, dan tuna), keju, susu, kacang kedelai, kacang almond, dan biji wijen.

Untuk membantu tubuhmu menyerap kalsium dengan lebih baik, kamu juga harus meningkatkan asupan vitamin D. Vitamin ini ditemukan dalam kuning telur, tiram, udang, jamur dan beberapa makanan lainnya seperti sereal, oatmeal, dan jus jeruk.

Baca Juga: Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisi

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya