Comscore Tracker

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilah

Berikut ini panduan dan penjelasan selengkapnya

Setiap keterangan yang ada di produk makanan dan minuman sangat penting buat kamu yang punya kondisi medis tertentu atau yang sedang membatasi jumlah asupan kalori. Dilansir dari berbagai sumber, coba perhatikan beberapa poin berikut sebelum membeli produk!

1. Label Khusus

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, KetahuilahSumber Gambar: huffingtonpost.ca

Setiap produk kemasan dilengkapi dengan logo-logo tertentu, seperti logo halal, mengandung protein dan lain sebagainya. Nah, kalau sudah tahu kebutuhan khusus masing-masing, perhatikan lagi ya logo-logo penting di produk yang kamu konsumsi.

2. Jumlah sajian per kemasan

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilahcommunitytable.parade.com

Bagian ini menunjukkan jumlah takaran saji yang terdapat dalam satu kemasan produk. Namun harus kamu perhatikan bahwa setiap label informasi nilai gizi di sana merepresentasikan kandungan nutrisi untuk satu sajian, bukan satu kemasan.

3. Kalori total per sajian

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilahchicagotribune.com

Kalori total per sajian yang tertulis adalah untuk satu porsi saja. Semakin banyak kamu mengonsumsi, semakin banyak kalori yang kamu dapatkan. Eh, produk yang bebas lemak belum tentu bebas kalori ya.

Baca Juga: Tanggal Kedaluwarsa di Air Mineral Kemasan Sebenarnya Buat Apa Sih?

4. Kamu juga perlu tahu soal Angka Kecukupan Gizi (AKG)

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilahblog.grocerymarket.ca

Gunakan informasi ini untuk memilih makanan yang tinggi nutrisi dan mengurangi konsumsi makanan yang rendah nutrisi. Jangan sampai persentase karbohidrat, protein, dan lemak melebihi batas porsi kebutuhan tubuh per hari ya.

5. Kandungan Nutrisi

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilahhealthambition.com

Konsumsilah produk dengan jumlah kandungan nutrisi cukup. Kandungan gula tambahan dan garam (natrium/sodium) tidak boleh melebihi 5 persen AKG karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Vitamin, protein, mineral, dan serat sebesar 20 persen atau lebih.

6. Komposisi Makanan

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilahbbcgoodfood.com

Bagi yang memiliki penyakit atau alergi tertentu, perhatikan komposisi di setiap produk yang kamu beli. Pada umumnya daftar komposisi diurutkan dari jumlah terbanyak hingga yang paling sedikit.

Sekarang, berhubung kamu sudah tahu tentang cara membaca dan memilah informasi gizi pada kemasan makanan, kamu akan lebih bisa menyesuaikannya dengan pola makan minum yang kamu jalani. Jangan sampai salah lagi ya!

Baca Juga: Berapa Lama Air Putih Kemasan Akan Bertahan 'Sehat' Setelah Dibuka?

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya