Comscore Tracker

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat 

Kulit akan selalu cantik dan glowing

Kulit adalah sebuah lapisan luar yang paling besar untuk menutupi tubuh. Namun, untuk memiliki dan menjaganya supaya lebih maksimal harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Supaya kulit tetap sehat dan bersinar, berikut 12 makanan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat yang bisa kamu konsumsi.

1. Air putih

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat eigersund.kommune.no

Di antara minuman lain yang menyegarkan, air putih tetap juaranya. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi minimal delapan gelas air sehari untuk mengganti cairan yang hilang. Air putih dapat mengembalikan kulit kering menjadi lebih lembap dan mencegah dehidrasi.

2. Teh hijau

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat health.harvard.edu

Seperti makanan yang mengandung antioksidan lain, teh hijau dapat meminimalkan efek buruk sinar matahari pada kulit. Selain itu, kulit juga menjadi lebih halus, kenyal dan lembap. Ada juga penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau dapat menyembuhkan peradangan di kulit. Ingat, untuk hasil terbaik, jangan campur teh hijau dengan gula atau susu ketika meminumnya, ya.

3. Susu kedelai

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat thespruceeats.com

Kedelai mengandung isoflavon, yang merupakan senyawa tanaman yang fungsinya menyerupai estrogen dalam tubuh. Sebuah studi dilakukan pada wanita berusia 30 sampai 40 tahun yang mengonsumsi kedelai setiap hari selama rentang waktu 8 sampai 12 minggu. Hasilnya, kerutan berkurang dan elastisitas kulit meningkat.

Kedelai juga dapat mengatasi kekeringan pada kulit, merangsang produksi kolagen dan bahkan menyeragamkan warna kulit yang belang (hiperpigmentasi).

4. Cokelat hitam

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat medicalnewstoday.com

Cobalah mengonsumsi camilan cokelat hitam sebelum menyantap hidangan utama. Cokelat dengan kandungan kakao 70% mungkin terasa sedikit pahit di lidah. Tetapi, manfaatnya untuk kulit nggak bisa dipungkiri. Antioksidan tinggi (flavonol) dalam cokelat hitam telah terbukti memiliki efek signifikan pada orang yang memakainya selama 6-12 minggu.

Hasilnya, kulit akan lebih lembap, lembut, tebal dan lebih tahan terhadap sinar UV matahari. Selain itu, wajah bisa terlihat lebih bercahaya dan sehat. Ingat! Nggak perlu berlebih dalam mengkonsumsinya, cukup sebanyak 20 gram sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Havermut

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat lexiscleankitchen.com

Jika mengkonsumsi nasi dirasa sudah biasa, havermut atau oatmeal bisa dicoba sebagai sarapan. Sifat oatmeal yang dicerna secara perlahan menghindari tubuh mengalami lonjakan insulin yang tinggi yang dapat memicu munculnya hormon androgen. Di mana, hormon tersebut dapat menyebabkan kulit mudah kusut.

Maka, dengan mengonsumsi havermut kulit bisa terlihat muda dan segar lebih lama.

6. Kacang almond

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat foodrevolution.org

Almond juga bisa dijadikan menu pilihan sebagi camilan sehat yang bisa membuat wajah bercahaya. Almond mengandung vitamin E yang berguna untuk mencerahkan dan melembapkan wajah serta melawan kulit dari radikal bebas. Selain itu, juga mengandung asam lemak esensial yang mampu menghaluskan wajah. Tapi, ini harus dikonsumsi secara teratur.

Baca Juga: 5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan Kinclong

7. Yogurt beku

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat simplyrecipes.com

Salah satu makanan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat adalah makanan dengan kandungan protein susu dalam yogurt yang dapat menjaga kulit terhidrasi dan terlihat kencang. Sehingga, bisa lebih tahan terhadap munculnya kerutan dan garis-garis halus. Untuk hasil yang maksimal, pilih varian yogurt Yunani yang memiliki kebaikan ganda daripada yogurt biasa. Lalu, campur dengan buah segar seperti stroberi atau buah naga supaya lebih enak ketika disantap.

8. Ubi jalar

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat foodrevolution.org

Ubi jalar adalah makanan padat nutrisi yang mengandung vitamin A, vitamin C, serat dan kalium yang kaya akan karoten. Vitamin A adalah nutrisi penting yang berkontribusi pada pertumbuhan sel. Sementara vitamin A dan kalium berkontribusi untuk menjadikan kulit sehat. Dengan banyaknya kandungan yang ada dalam ubi jalar, menjadikannya baik untuk kulit, mata dan rambut.

9. Bayam

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat tasteofhome.com

Sayuran hijau baik untuk wajah, termasuk bayam. Bayam mengandung nutrisi yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, bayam juga mengandung folat yang bisa membuat kulit lebih kenyal dan menambah bercahaya.

10. Salad

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat inspiredtaste.net

Bagi pemilik kulit wajah super kering atau dehidrasi karena kurang cairan, harus mengonsumsi salad sebagai perawatan dari tubuh. Cobalah membuat salad dengan mentimun dan campuran sayuran segar lainnya untuk santapan di siang hari misalnya. Karena, mentimun dapat melembapkan kulit. Hal itu, dikarenakan timun mengandung banyak air.

Selain itu, mentimun juga bisa membuat wajah menjadi segar. Supaya lebih lezat, juga bisa mencampurkan salad dengan potongan dada ayam. Dijamin wajah bercahaya sepanjang waktu!

11. Daging merah tanpa lemak

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat medicalnewstoday.com

Bagi yang menyukai daging harus bergembira, mineral penting seperti seng yang terkandung dalam daging merah tanpa lemak (salah satunya has dalam) dapat membantu kesehatan tubuh dan kulit. Daging dapat membantu proses regenerasi untuk menumbuhkan sel-sel baru, sehingga akan terlihat lebih awet muda.

12. Salmon

12 Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat kasilofseafoods.com

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membuat kulit kencang, tebal dan terhidrasi dengan baik. Selain itu, sifat anti inflamasi di dalamnya juga dapat mencegah masalah kulit dari masalah kekebalan tubuh seperti lupus dan psoriasis.

Kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, salmon juga memiliki nutrisi untuk melawan jerawat di wajah, lho.

Dari daftar makanan di atas, sebaiknya konsumsi secara teratur dan sesuai porsinya. Untuk mendapatkan kulit sehat nan glowing maksimal, tentu perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat dan membersihkan kulit dengan teratur.

Nah, untuk tampil glowing sudah tidak perlu bingung lagi, kan? Itulah 12 makanan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat!

Baca Juga: 6 Superfood yang Ampuh Memacu Regenerasi Sel Kulit, Awet Muda!

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya