Comscore Tracker

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kuda

Bisa nih jadi pengganti gandum biasa

Soba ialah mi khas Jepang yang terbuat bukan dari gandum biasa, melainkan gandum kuda. Sudah pernah dengar gandum kuda?

Gandum yang menurut riwayat berasal dari Asia Tengah ini memiliki banyak manfaat lho. Salah satunya baik untuk kulit karena terdapat kandungan magnesium yang memiliki efek relaksasi pada pembuluh darah. Sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan menghasilkan kulit yang tampak bersinar dan awet muda.

Gak cuma itu lho, ini sepuluh manfaat lain gandum kuda yang dikutip melalui laman healthline.com. Simak, yuk!

1. Melindungi dari kanker payudara

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudahealthline.com

Antioksidan yang terdapat pada gandum kuda menjadi penangkal iradiator sinar-x. Antioksidan dan lignan, memainkan peran penting dalam penerimaan estrogen karena bermanfaat bagi wanita sebelum maupun sesudah menopouse.

Lignan yang terdapat pada tanaman gandum diubah menjadi lignan mamalia di usus.

Disebut juga sebagai enterolakton, hal ini diyakini dapat melindungi terhadap kanker payudara maupun kanker lainnya yang masih berkaitan dengan hormon.

2. Makanan ideal bagi penderita diabetes

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudathefoodblog.net

Gandum kuda mengandung bahan kimia obat yang memperkuat dinding kapiler dan mengurangi perdarahan. Hal ini meningkatkan integritas pembuluh darah mikro dan sirkulasi pada penderita diabetes, sehingga mencegah kerusakan pada saraf maupun sel otot.

3. Menyehatkan jantung

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudaorganicfacts.net

Kaya akan vitamin B, terutama niasin, folat dan vitamin B6, gandum kuda sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Vitamin ini mengurangi konsentrasi kolesterol dalam darah.

Selain itu, gandum kuda mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat menghilangkan trigliserida pembentuk plak dan lipoprotein densitas rendah (LDL).

4. Mencegah munculnya batu empedu

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudanourisheveryday.com

Karena kaya akan serat yang tidak larut, gandum kuda dapat mencegah munculnya batu empedu. Serat tidak larut mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Meski dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sekresi asam empedu dan gula darah tetap menurun.

5. Meningkatkan hemoglobin

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudabbc.com

Kaya akan mineral seperti fosfor, magnesium, besi, tembaga, seng dan mangan, gandum kuda juga memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Sehingga ketika kita mengonsumsinya, kandungan-kandungan tersebut sangat efektif meningkatkan hemoglobin.

Baca Juga: 5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui 

6. Anti-aging

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudanaturalfoodseries.com

Antioksidan dan flavonoid yang terdapat pada gandum kuda dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Bikin kulit kamu terlihat awet muda deh!

7. Baik untuk pertumbuhan rambut

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudasbs.com.au

Punya permasalahan pada rambut? Gandum kuda dapat mengatasinya. Gandum kuda mengandung 75% karbohidrat kompleks, vitamin A, vitamin B-kompleks dan seng, membuatnya sangat kondusif untuk pertumbuhan rambut.

8. Membantu menurunkan berat badan

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudamarthastewart.com

Nih, buat kalian yang sering diet mati-matian, lebih baik cobalah untuk mengonsumsi gandum kuda karena di dalamnya memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan dengan gandum lainnya.

Bebas dari lemak jenuh, kolesterol dan kaya akan serat makanan maupun protein, menjadikan gandum kuda sebagai sebuah makanan yang memainkan peran penting dalam menekan nafsu makan, mengendalikan gula darah, memfasilitasi pencernaan yang tepat, dan membangun massa otot.

9. Mencegah anemia

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudarealsimple.com

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang ditandai dengan kelelahan, kelambatan kognitif, sakit kepala, dan efek samping lain yang lebih serius.

Kandungan zat besi yang tinggi pada gandum kuda dapat membantu dalam mencegah anemia.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Terkenal Sebagai Bahan Baku Soba, Ini 10 Manfaat Gandum Kudagoop.com

Komponen antioksidan, tokoferol, asam fenolik, selenium, dan flavonoid pada gandum kuda dapat menghilangkan radikal bebas. Senyawa itu akan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL atau mengikat dengan situs reseptor saraf sehingga radikal bebas tidak mampu melakukannya.

Selain itu, gandum kuda juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Itulah tadi sepuluh manfaat mengonsumsi gandum kuda. Di negara kita, gandum ini terbilang masih jarang dijual. Jadi buat kalian yang penasaran akan gandum kuda, dapat membelinya melalui e-commerce.

Baca Juga: Gak Melulu Nasi, Cobain Yuk 5 Hidangan Sehat dari Gandum Ini

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You