Comscore Tracker

Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan 

Ternyata baik untuk jantung dan bisa kurangi risiko kanker!

Dijuluki "raja buah" durian punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Selain buahnya mudah ditemui di pasar, toko buah, maupun swalayan, olahannya pun beragam, seperti pancake durian, pie durian, brownies durian, hingga makanan tradisional seperti sambal tempoyak dan lempok.

Dibenci maupun dicinta, nyatanya durian mengandung nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan bila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ingin tahu apa saja? Cek ulasannya di bawah ini, ya!

1. Kaya akan nutrisi

Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan unsplash.com/Jim Teo

Durian dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Menurut keterangan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 1 cangkir (243 gram) buah durian baik segar maupun beku mengandung 357 kalori, 13 gram lemak, 4,9 mg sodium, 66 gram karbohidrat, 9,2 gram serat, dan 3,6 gram protein.

Selain itu, melansir Verywell Fit, durian juga merupakan sumber beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, tiamina, folat, riboflavin, dan niasin. Kandungan mineral dalam durian pun cukup bervariasi, di antaranya magnesium, zat besi, tembaga, kalium, mangan, dan sejumlah kecil kalsium, zink, serta fosfor.

2. Mengurangi risiko kanker 

Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan eurekalert.org

Tak disangka-sangka durian mengandung antioksidan yang bisa membantu menetralkan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Melansir Healthline, sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak durian terbukti dapat mencegah penyebaran sel kanker.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas durian dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk Kesehatan

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan freepik.com/jcomp

Masalah yang biasa dihadapi oleh kelompok usia lanjut atau lansia adalah malnutrisi. Tak jarang lansia mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi karena beberapa faktor, seperti nafsu makan berkurang, malabsorpsi, serta akses terbatas ke berbagai makanan. Nah, dengan mengonsumsi sedikit durian, setidaknya defisiensi bisa tertutupi.

Menurut keterangan dalam National Institutes of Health, beberapa peneliti meneliti kemungkinan bahwa kekurangan tiamina, salah satu zat gizi yang terkandung dalam durian, dapat memengaruhi demensia atau penyakit Alzheimer. Entah suplemen tiamina dapat membantu fungsi mental pada orang dengan penyakit Alzheimer masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan tekanan darah 

Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan freepik.com/pressfoto

Kandungan kalium yang tinggi dalam durian dikenal mampu menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah laporan penelitian berjudul "Bioactive Compounds, Nutritional Value, and Potential Health Benefits of Indigenous Durian ( Durio Zibethinus Murr.): A Review" dalam jurnal Foods tahun 2019, disebutkan bahwa durian punya manfaat untuk mengurangi kadar glukosa darah dan kolesterol.

Dalam penelitian tersebut, juga ditemukan bukti bahwa ekstrak durian mempunyai kandungan probiotik dan efek anti-proliferatif yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Mencegah nyeri sendi 

Punya Bau yang Sangat Khas, Ini 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan unsplash.com/Anna Auza

Salah satu penyebab nyeri sendi adalah kekurangan vitamin C. Nah, satu cangkir durian segar maupun beku mengandung vitamin C yang cukup tinggi, terlebih bila dimakan dalam keadaan mentah.

Dalam satu cangkir durian segar atau beku mengandung 49 gram vitamin C. Sebagai gambaran, rata-rata orang dewasa memerlukan 75-90 gram setiap harinya. Lumayan banget, kan?

Itulah berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari konsumsi durian. Ingat, konsumsinya harus dalam batas wajar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Mengerikan di Balik Lezatnya Buah Durian, Sudah Tahu? 

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya