Comscore Tracker

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Blues

Apa aja sih tanda-tandanya?

Pernah dengar istilah baby blues dan depresi pasca melahirkan yang dikenal juga sebagai depresi postpartum? Ternyata kedua hal tersebut berbeda, loh! Meskipun mirip, biasanya seseorang mengalami baby blues dalam jangka waktu tiga sampai lima hari setelah melahirkan.

Sedangkan depresi postpartum bisa berlangsung selama lebih dari dua minggu, bahkan berbulan-bulan. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak tanda-tanda jika kamu atau orang-orang terdekatmu mengalami depresi postpartum.

1. Moody

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Bluesunsplash.com/kj2018

Perubahan mood atau suasana hati yang ekstrem bisa menjadi salah satu gejala seseorang mengidap depresi postpartum. Misalnya ketika kondisi awal seseorang sedang biasa-biasa saja, lalu tiba-tiba menangis tanpa alasan. Hal ini bisa juga diikuti dengan perasaan sedih yang mendalam hingga perasaan putus asa yang tidak kunjung menghilang.

2. Perubahan nafsu makan

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Bluesunsplash.com/henriquefelix

Gejala yang satu ini memiliki dua kondisi. Pertama, gejala ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nafsu makan seseorang secara dratis dan cenderung tidak terkendali. Sedangkan kondisi yang kedua adalah kebalikannya, yaitu menurun atau menghilangnya nafsu makan pada diri seseorang. 

3. Kesulitan tidur atau tidur terlalu lama

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Bluesunsplash.com/thesequoialife

Seseorang yang mengalami depresi postpartum biasanya mengalami kesulitan untuk tidur atau biasa disebut juga dengan insomnia. Namun, dalam kondisi lain, permasalahan tidur tersebut dapat pula ditunjukkan pada seseorang yang tidur terlalu lama.

Baca Juga: Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baru

4. Sering merasa kelelahan dan tidak memiliki banyak energi

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Bluesunsplash.com/yrss

Merasa lelah setelah melahirkan sebenarnya adalah sesuatu yang normal karena hari-hari mulai dipenuhi dengan kegiatan mengurus si kecil. Namun, kelelahan yang terjadi secara terus menerus dapat menjadi salah satu tanda bahwa seseorang mengidap depresi postpartum. Hal ini juga berdampak pada kurangnya energi dan motivasi untuk menjalani hari.

5. Tidak memiliki ikatan dengan si kecil

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Bluesunsplash.com/zlucerophoto

Perasaan bahagia biasanya menyelimuti seseorang saat akhirnya bertemu dengan sang buah hati setelah menunggu kedatangannya selama sembilan bulan. Namun, seseorang yang mengalami depresi postpartum biasanya sulit untuk memiliki ikatan dengan sang bayi. Bahkan, dapat pula merasa bahwa bayi tersebut bukanlah miliknya.

6. Keinginan untuk menyakiti diri sendiri hingga mengakhiri hidup

Kenali 6 Tanda Depresi Pasca Melahirkan, Beda dengan Baby Bluesunsplash.com/elfcodobelf

Ketika seseorang merasa putus asa dan kewalahan dengan hal-hal yang terjadi di dalam hidupnya, tidak jarang keinginan untuk menyakiti diri sendiri muncul dalam benaknya. Lebih buruk lagi, pikiran negatif ini bisa memicu seseorang untuk mengakhiri hidupnya. Hal seperti ini dapat pula terjadi pada seseorang yang mengalami depresi postpartum.

 

Nah, itu dia sebagian kecil dari banyaknya tanda-tanda bahwa seseorang mengalami depresi postpartum. Perlu diingat ya, bahwa gejala-gejala tersebut belum tentu terjadi karena semua orang pada dasarnya memiliki pengalaman yang berbeda-beda.

Jika kamu ingin lebih yakin, jangan sungkan untuk meminta pertolongan kepada orang terdekat dan tentunya kepada yang ahli. Semua yang kamu rasakan itu valid kok!

Baca Juga: Baby Blues, Kondisi Pascapersalinan yang Tak Boleh Diremehkan

Ryane Puspa Photo Writer Ryane Puspa

She dreams to always write.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya