Comscore Tracker

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumah

Sederhana, gerakan berikut bisa bantu kamu membentuk perut

Apakah kamu salah satu orang yang punya resolusi untuk memiliki bentuk tubuh ideal atau tubuh yang lebih sehat di tahun 2021? Salah satu latihan fisik yang bisa mulai kamu coba di rumah adalah abs workout yang berfokus untuk melatih otot perut. Melatih otot perut sebenarnya tidak selalu untuk untuk membentuk perut six pack, lho.

Otot perut memiliki peran penting terhadap postur tubuh, salah satunya karena otot perut juga mendukung tulang belakang, keseimbangan, stabilitas, dan fungsi respiratori. Oleh karena itu, melatih otot tersebut bisa mengurangi rasa sakit pada punggung, memperbaiki postur tubuh, serta memperjelas garis pinggang.

Kamu bisa mulai membiasakan latihan otot perut sesuai dengan kemampuan fisikmu. Mulailah dari repetisi yang kecil dengan jumlah set yang sedikit. Jika kamu mulai berolahraga di rumah, berikut ini adalah lima gerakan abs workout yang dapat kamu praktikkan dengan mudah. 

Pemanasan

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahfreepik.com/freepik

Melansir Men's Health, instruktur olahraga profesional asal Amerika Serikat (AS), Stam Stauffer, mengatakan bahwa pemanasan merupakan bagian yang penting dalam berolahraga karena berfungsi untuk menstimulasi otot-otot yang akan dilatih selama berolahraga.

Sebelum memulai abs workout, ada baiknya kamu melakukan gerakan sederhana seperti cobra pose atau cat and crow pose untuk aktivasi abs-mu. Kamu juga dapat mencoba melakukan air skipping atau seal jacks selama beberapa kali sebelum memulai olahragamu. 

1. Sitting twist

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahwomenshealthmag.com

Mengutip Darebee dan Women's Health, kamu dapat melakukan sitting twists atau Russian twist sebanyak 10 kali untuk tiga set. Bergeraklah perlahan dan atur pernapasanmu agar dapat melakukan gerakan dengan lebih maksimal.

Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat coreobliques, dan tulang belakang (spine). Jika kamu ingin menantang kekuatan dirimu sendiri, setelah mulai terbiasa dengan gerakan ini, kamu boleh menambah beban lain, seperti dengan medicine ball atau dumbel.

2. Leg raise

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahcoachmag.co.uk

Mengutip dari Coach Mag, gerakan mengangkat kedua kaki ke atas atau leg raise ini merupakan salah satu gerakan sederhana yang efektif untuk melatih otot perut bagian bawah (lower abs).

Selain itu, gerakan leg raise sebagai bagian dari abs workout-mu juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pada pinggul dan punggung bagian bawahmu. Lakukan gerakan leg raise ini sebanyak 10 kali untuk tiga set.

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Sehat Meningkatkan Massa Otot, Praktikkan!

3. Crunch

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahfreepik.com/freepik

Bersumber dari Muscle and Fitness, abs workout cenderung menargetkan latihan pada bagian tengah tubuh sekaligus bertujuan untuk memperkuat otot inti (core muscle). Crunch dapat menjadi salah satu gerakan yang membantu terbentuknya otot internal maupun eksternal oblique, sehingga membantumu mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik.

Selain itu, crunch juga memiliki banyak variasi, seperti salah satunya bicycle crunch. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali untuk tiga set. Selalu sesuaikan gerakan latihan otot perut dengan kemampuanmu, ya.

4. Plank 

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahfinishermag.com

Mengutip Men's Journal, plank merupakan salah satu latihan otot perut yang umum dilakukan. Lakukan dalam 10 hitungan sebanyak 3 kali. Kamu dapat menambah target waktumu atau pengulanganmu jika tubuhmu mulai bisa beradaptasi dengan sesi latihanmu.

Setelah kamu merasa otot-ototmu mulai terasa kencang, perlahan berusahalah untuk semakin mengencangkan otot-ototmu dan tarik napas dalam selama plank. Hal lain yang perlu kamu perhatikan selama abs workout-mu tentunya adalah pernapasanmu yang sudah tepat agar kamu tetap dapat melakukan gerakan dengan maksimal.

5. Mountain climbers

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahverywellfit.com

Masih dari Men's Journal, untuk gerakan mountain climbers ini, kamu perlu memperhatikan tekanan pada otot perut bagian bawah. Selain itu, sesuaikan pernapasanmu dengan ritme gerakanmu. Memperlambat gerakan mountain climbers dapat terasa lebih menantang bagi otot-ototmu. Ulangi gerakan untuk setiap kaki dengan jeda 3 detik.

Pendinginan

5 Gerakan Abs Workout Ini Cocok Dilakukan di Rumahflabfix.com

Cooling down atau pendinginan bertujuan untuk menjaga sirkulasi darah, sehingga kamu tidak akan merasa pusing setelah abs workout.

Kamu dapat melakukan gerakan sederhana seperti child's pose with reach, neck stretch, all-fours fock back, single-leg harmstring stretch, atau gerakan sederhana lainnya agar detak jantung melambat secara perlahan, sehingga tidak ada perbedaan drastis pada tekanan darah setelah selesai melakukan latihan otot.

Itulah gerakan abs workout yang bisa secara rutin kamu lakukan di rumah. Lakukan secara disipllin, dan optimalkan dengan latihan aerobik, pola makan sehat bergizi seimbang, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik agar hasilnya optimal.

Baca Juga: 10 Latihan Membentuk Otot Punggung, Bikin Tubuh seperti Superhero

Sherin Flaurensia Photo Writer Sherin Flaurensia

A Bachelor Degree in Psychology who loves to write. Communicate with me on Twitter @sherin_flau and visit my personal blog on http://www.sherinflau.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya