Comscore Tracker

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAja

Jangan sampai kegiatan di rumah menganggu pola makan

Isolasi diri adalah cara terbaik untuk melindungi diri terhadap COVID-19. Meskipun terjebak di rumah dapat menyebabkan beberapa perilaku tidak sehat, termasuk makan berlebihan karena stres dan bosan.

Walaupun merasa nyaman dengan stok makanan selama #DiRumahAja, tetapi makan berlebihan dapat memengaruhi kesehatan dan meningkatkan tingkat stres serta rasa cemas. Oleh karena itu, berikut penulis sajikan beberapa tips mencegah makan berlebihan saat #DiRumahAja.

1. Kenali dirimu

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@gabriellehenderson

Salah satu tips paling membantu untuk mencegah makan berlebih adalah dengan memahami mengapa hal itu terjadi. Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin sering makan berlebihan, termasuk stres atau bosan. Jika kamu makan terlalu sering atau makan terlalu banyak dalam satu waktu, luangkan waktu sebentar dan kenali diri sendiri.

Penting untuk menentukan apakah kamu makan karena lapar dan butuh makanan, atau apakah ada alasan lain. Sebelum makan, coba mengenali perasaan seperti stres, bosan, kesepian, atau cemas yang membuat kamu ingin makan secara terus-menerus.

Cukup mengevaluasi situasi dapat membantu untuk memahami apa yang memaksa kamu makan berlebihan. Jika kamu merasa tidak nyaman atau menyesal setelah makan berlebih, hal itu mungkin pertanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan makan.

2. Tidak memajang camilan

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@delfidelarua7

Meskipun memiliki setoples kue atau semangkuk permen warna-warni di meja dapat menambah daya tarik visual dapur atau meja makan, tetapi praktik ini dapat menyebabkan makan berlebihan. Memiliki makanan yang menarik perhatian dapat menyebabkan kita sering mengemil dan makan berlebihan, bahkan saat tidak lapar.

Paparan visual terhadap makanan berkalori tinggi merangsang striatum, bagian dari otak yang memodulasi kontrol impuls, sehingga dapat menyebabkan peningkatan keinginan dan makan berlebihan. Oleh karena itu, makanan atau camilan yang dapat menarik perhatian tidak disarankan untuk disajikan di dapur atau meja makan.

Memang tidak ada yang salah dengan menikmati suguhan lezat sesekali, bahkan saat tidak merasa lapar. Namun, terlalu sering makan banyak dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: 6 Cara Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga Saat Kerja di Rumah

3. Pertahankan jadwal makan yang sehat

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@oelli

Tidak boleh mengubah jadwal makan normal hanya karena terjebak di rumah. Jika kamu terbiasa makan tiga kali sehari, cobalah untuk melanjutkan jadwal itu saat bekerja dari rumah. Hal yang sama berlaku jika kamu biasanya hanya makan dua kali dan camilan.

Meskipun mudah untuk menyimpang dari jadwal makan normal saat kegiatan sehari-hari terganggu, tetapi penting untuk mempertahankan beberapa kebiasaan dalam hal makan. Namun, apabila kamu akan mengadaptasi jadwal makan baru untuk kegiatan yang baru di rumah, hal tersebut tidak masalah.

Cobalah untuk mempertahankan pola makan normal berdasarkan kebutuhan pribadi dan waktu makan pilihan. Jika kamu benar-benar tidak dapat menahan untuk mengemil, kamu dapat membuat jadwal makan baru yang mencakup setidaknya dua makanan padat per hari hingga kamu merasa telah konsisten dengan jadwal makan yang baru.

4. Jangan membatasi makanan

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@inayali

Salah satu aturan nutrisi terpenting yang harus diikuti untuk mencegah makan berlebih adalah tidak melakukan diet ketat. Seringkali, menjadi terlalu ketat dengan asupan makanan atau mengonsumsi terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan makan makanan berkalori tinggi dan makan berlebih.

Diet ketat atau membatasi makanan bukan ide yang bagus saat masa-masa penuh tekanan. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ketat tidak hanya tidak efektif untuk penurunan berat badan jangka panjang, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan stres.

5. Tetap terhidrasi

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@portraitofsan

Terjebak di rumah memberi lebih banyak waktu untuk fokus pada kebiasaan sehat, termasuk minum cukup cairan. Mempertahankan hidrasi penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu mencegah makan berlebihan karena stres. Dehidrasi dapat menyebabkan perubahan suasana hati, perhatian, dan tingkat energi, yang juga dapat memengaruhi kebiasaan makan.

Untuk mengatasi dehidrasi, tambahkan beberapa irisan buah segar ke air untuk meningkatkan rasanya yang dapat membantu kamu minum lebih banyak air sepanjang hari tanpa menambahkan sejumlah besar gula atau sejumlah kalori ke dalam makanan.

6. Lakukan aktivitas fisik

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@theformfitness

Terjebak di rumah dapat berakibat serius pada tingkat aktivitas, menyebabkan kebosanan, stres, dan meningkatnya frekuensi mengemil. Untuk mengatasi ini, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik harian.

Kamu dapat melakukan sesuatu yang baru seperti olahraga rumahan di YouTube atau hanya berjalan atau jogging di sekitar rumah. Aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres yang dapat menyebabkan makan secara berlebihan.

7. Lakukan kontrol porsi

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@rikasayshi

Orang-orang terbiasa memakan camilan secara langsung dari wadah atau kemasan yang dapat menyebabkan makan berlebihan. Misalnya, mengambil es krim dari freezer dan makan langsung dari wadah daripada menaruh satu porsi dalam piring dapat menyebabkan kamu makan lebih banyak dari yang diinginkan.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan kontrol porsi dengan menyajikan satu porsi makanan sendiri daripada makan secara langsung dari wadah yang cukup besar.

8. Sediakan stok makanan bergizi

8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAjaunsplash.com/@nicotitto

Mengisi persediaan dapur dengan makanan padat gizi tidak hanya dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga memerangi kecenderungan stres makan. Dengan mengisi lemari es dan dapur dengan makanan yang bergizi, kamu dapat melakukan kegiatan di rumah dengan hanya mengonsumsi makanan yang sehat.

Kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan telur hanyalah beberapa contoh pilihan yang bergizi yang dapat membantu kamu merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Oleh karena itu, jangan lupa mengisi lemari es dan dapur dengan makanan yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat.

Sebisa mungkin juga kamu membiasakan diri untuk rajin memasak. Uang yang biasanya dipakai untuk jajan makan bisa kamu sumbangkan untuk membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Itulah beberapa tips untuk mencegah makan berlebihan saat #DiRumahAja. Semoga bermanfaat ya, guys!

Baca Juga: 5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya