Comscore Tracker

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembung

Ampuh usir rasa tidak nyaman di perutmu

Perut kembung jelas menjadi salah satu masalah yang paling sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Rasa tak nyaman di perut usai perjalanan jauh atau memakan sesuatu jelas membuat kita tidak nyaman. Kadang, kita bahkan harus melonggarkan celana kita agar perut terasa lebih nyaman.

Masalah perut kembung bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu kembung karena air atau angin. Penyebab masalah kembung ini pun berbeda. Kembung karena air biasa disebabkan oleh makanan-makanan yang kita konsumsi. Sementara kembung karena gas biasa disebabkan oleh faktor hormon seperti masa menjelang menstruasi bagi perempuan.

Beruntungnya, masalah perut kembung ini juga bisa diatasi secara cepat. Bahan-bahan makanan yang bisa mengatasi perut kembung pun mudah ditemukan di sekitar kita.

Berikut 7 bahan makanan yang ampuh untuk atasi perut kembung.

1. Pepaya

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungwell-beingsecrets.com

Dalam pepaya, ada kandungan enzim bernama papain yang berfungsi untuk menghancurkan makanan yang kita konsumsi. Hal tersebut membantu kita mengatasi masalah perut kembung.

Untuk merasakan manfaat ini, tambahkan buah pepaya setelah kita selesai menyantap makan malam. Cara ini akan dengan cepat mengatasi perut kembung dan mencegah masalah ini terulang kembali.

2. Jahe

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungorganicauthority.com

Jahe memang memiliki segudang manfaat jika kita rutin mengonsumsinya. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga menjadi salah satu bahan makanan yang ampuh mengatasi perut kembung, baik kembung air maupun angin.

Jahe memiliki kandungan enzim zingibain yang berguna untuk mencerna protein dalam tubuh kita. Efek menenangkan kala mengonsumsi jahe juga membuat pengobatan perut kembung menjadi lebih mudah dengan bahan makanan ini.

3. Seledri

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungwholefoodsmagazine.com

Seledri seringkali hanya menjadi sayuran yang dikesampingkan oleh sebagian besar orang. Padahal, seledri memiliki sejuta manfaat jika mau mengonsumsinya secara rutin.

Seledri aslinya merupakan bahan alami yang mampu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Sayuran ini mampu mencerna air jika dirasa berlebihan di dalam tubuh sehingga menghindarkan kita dari masalah perut kembung.

Baca Juga: 10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadari

4. Pisang

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungplentifulproduce.net

Pisang bisa dibilang sebagai buah yang merakyat karena bisa dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai lapisan kelas. Pisang juga terkenal ampuh mengatasi perut kembung yang sering kita alami.

Perut kembung biasa disebabkan oleh banyaknya kandungan sodium dari makanan yang kita konsumsi. Masalah ini bisa diatasi oleh zat potasium yang terdapat di dalam pisang. Potasium terkenal dengan fungsinya untuk mencerna sodium dan air di dalam tubuh.

5. Mentimun

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungndtvimg.com

Kandungan air yang banyak dalam mentimun efektif untuk mengatasi perut kembung. Mentimun membantu tubuh mengeluarkan gas dan air yang berlebihan.

Selain itu, mentimun juga mengandung zat sulfur dan silikon di dalamnya. Zat-zat ini membantu melancarkan pencernaan untuk membuat kita lebih sering kencing. Dengan begitu, kotoran di dalam tubuh tidak akan tertahan dan menyebabkan kembung.

6. Nanas

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungakamaized.net

Sama seperti mentimun, nanas juga memiliki kandungan air yang banyak di dalamnya. Buah yang biasa ditemukan di daerah tropis ini sangat baik untuk mengatasi rasa tidak enak akibat perut kembung.

Nanas mengandung enzim bernama bromelain yang sangat bagus untuk pencernaan. Mengonsumsi nanas akan membuat kita terhindar dari risiko perut kembung.

7. Asparagus

7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembungamazonaws.com

Asparagus memang masih terhitung jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita. Padahal, sayuran satu ini sangatlah efektif untuk mengurangi risiko perut kembung.

Kandungan asam amino di dalam asparagus membuatnya mampu mencegah penumpukan air di tubuh kita. Selain itu, asparagus juga terkenal kaya serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

Perut kembung jelas bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Yuk, mulai konsumsi makanan ini biar tidak kembung lagi!

Baca Juga: Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat Ini

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya