Comscore Tracker

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!

Lemak itu penting bagi tubuhmu lho...

Mungkin kamu berpikir bahwa punya lemak itu buruk, terutama karena membuat badan terlihat gemuk. Meski begitu, kamu perlu tahu bahwa lemak itu punya banyak manfaatnya buat manusia lho.

Terus gimana cara memanfaatkannya? Lalu, bagaimana cara membakar kelebihannya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya menurut para ahli!

1. Lemak tubuh banyak ditemukan di bawah kulit, ginjal, hati dan otot manusia

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!Vixen Daily

Dilansir dari quickanddirtytips.com, lemak tubuh atau dikenal sebagai adipocytes (adipo berarti ‘lemak’ dan cyte berarti ‘sel’) banyak ditemukan di tubuh manusia, terutama di bawah kulit (lemak subcutaneous). Sementara itu beberapa lemak berada di atas ginjal, dalam hati dan sebagian kecil di jaringan ototmu (lemak visceral).

2. Meski begitu, lemak di tubuh pria dan wanita dewasa letaknya berbeda loh

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!imdb.com/Richard Cartwright

Pria dewasa cenderung membawa lemak di bagian dada, perut dan pantat. Sementara, wanita dewasa cenderung membawa lemak di payudara, pinggul, pinggang dan pantat.

3. Lemak memiliki peran penting sebagai energi cadangan

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!pixabay.com/JESHOOTScom

Peran lemak dalam tubuh manusia sebagai cadangan energi. Di masa lampau, lemak sangat berguna untuk nenek moyang kita karena mereka mengalami masa-masa sulit, terutama saat cuaca buruk dan gak ada cukup makanan. Satu kilogram lemak mengandung sekitar 7.700 kalori tersimpan. Rata-rata manusia punya 10 persen lemak dari total berat badan.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Membentuk Otot Tubuh yang Sering Terlewatkan Menurut Ahli

4. Ternyata otak menggunakan 20 persen dari kalori yang kamu bakar dalam sehari

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!unsplash.com/Daniel Hjalmarsson

Ternyata, otakmu menggunakan 20 persen kalori yang kamu bakar dalam sehari atau sekitar dua persen dari total berat tubuh. Jadi wajar saja jika kamu belajar giat, seperti belajar matematika yang rumit akan meningkatkan penyerapan glukosa otak. Meski begitu, berpikir keras bukan solusi tepat untuk menurunkan berat badan.

Kamu perlu lebih dari sekadar belajar matematika untuk menurunkan berat badan. Jika dikonversikan, otak manusia rata-rata menghabiskan 12 watt energi dalam satu hari. Energi tersebut sama dengan seperlima energi untuk bola lampu bisa menyala.

5. Sementara itu, organ jantung, paru-paru dan hati mengonsumsi sekitar 50 persen kalori harianmu

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!i.pinimg.com

Meski hanya memiliki berat lima persen dari total berat badanmu, jantung, paru-paru dan hatimu ternyata mengonsumsi sekitar 50 persen kalori harianmu. Mungkin kamu pernah dengar otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Meski begitu, jaringan lemak hanya membakar satu kalori untuk setiap kilogram berat tubuhmu, sementara otot rangka membakar tiga kalori per kilogram. Karena itu mengandalkan otot biseps untuk mengurangi berat badan lebih baik daripada memecahkan teka-teki Sudoku.

6. Buat kamu yang ingin mengurangi berat badan, ternyata latihan kardio tidak lebih baik daripada angkat beban

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!floelite.com

Latihan kardio, seperti: berjalan, bersepeda, berlari dan berenang memang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, tapi gak terlalu efektif untuk membakar lemakmu. Ternyata, latihan beban yang dianggap membentuk massa otot juga ampuh untuk membakar lemak.

Untuk itu, kamu bisa melakukan dua kali 15-20 menit sesi angkat beban per minggu untuk meningkatkan metabolisme, tekanan darah dan sensitivitas insulin. Semuanya baik untuk membuat berat badanmu turun.

7. Ternyata lemak banyak dilepaskan dalam bentuk karbon dioksida, urine, keringat dan air mata

7 Manfaat Lemak Tubuh yang Perlu Kamu Tahu, Keberadaannya Dibutuhkan!ngwear.in

Jika kamu kehilangan 10 kilogram lemak tubuh, sebanyak 9,4 kilogram akan dilepaskan sebagai karbon dioksida ketika kamu bernapas. Sisanya akan menjadi air yang dibuang dalam bentuk urine, keringat, dan air mata.

Itu tadi manfaat lemak sebagai cadangan energi. Jika berlebihan, kamu bisa kok membuangnya dengan melakukan olahraga angkat berat, yang jauh lebih efektif daripada kardio. Nantinya, lemak tersebut akan dibuang dalam bentuk gas dan cair. Jangan menyerah untuk terus hidup sehat ya!

Baca Juga: Waspadai 5 Penyebab Badan Kurus yang Kurang Sehat Ini karena Berbahaya

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You