Comscore Tracker

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahli

Jangan asal minum!

Memang ada sebagian makanan yang lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar dan mentah. Namun, apakah hal itu juga berlaku pada susu sapi mentah? Ternyata, keamanan minum susu sapi mentah masih jadi perdebatan hingga sekarang, lho. Berikut penjelasannya.

1. Sebenarnya, susu sapi mentah yang belum diperah bersifat steril, namun saat diperah bisa saja terkontaminasi oleh bakteri dan kotoran

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahlitheorganicfarmer.org

Proses pemerahan susu berpotensi terkontaminasi oleh bakteri, baik dari kulit maupun feses sapi. Selain itu, kontaminasi juga bisa berasal dari peralatan perah, tempat penyimpanan susu, dan tangan si pemerah.

2. Susu sapi mentah juga jadi tempat ideal untuk bakteri berkembang biak

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahlibiotechnologyfocus.ca

Itu karena susu sapi mentah tinggi kandungan nutrisi dan air. Selain itu, susu tersebut juga memiliki tingkat keasaman yang netral. Itu sebabnya, saat susu telah terkontaminasi dalam proses pemerahan, bakteri yang tertinggal berpotensi untuk berkembang biak.

3. Bakteri pada susu sapi mentah perlu dipanaskan dengan suhu tertentu, baik dengan cara pasteurisasi atau ultra-heat treatment (UHT)

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahliunsplash.com/Homeschool

Ada beragam bakteri berbahaya yang tertinggal saat susu sapi mentah diperah, antara lain: Salmonela, E.coli, S. aureus, Yersinia enterocolitica, Campylobacter, dan Listeria monocytogenes. Bakteri-bakteri tersebut baru bisa mati jika dipanaskan dengan cara pasteurisasi atau UHT.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Susu UHT untuk Kesehatan, Apakah Sesehat yang Murni?

4. Susu yang telah dipasteurisasi masih memiliki kandungan vitamin yang tinggi

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahlidownshiftology.com

Pemanasan susu pasti menghilangkan kandungan penting yang ada di dalamnya. Namun, menurut jurnal PubMed Central, susu pasteurisasi tidak menyebabkan hilangnya vitamin, karbohidrat, mineral atau lemak secara signifikan. Itu sebabnya, jangan ragu untuk lebih memilih susu pasteurisasi.

5. Susu sapi mentah yang diminum berpotensi menimbulkan berbagai gejala penyakit

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahlihealthytravelblog.com

Adapun, penyakit yang paling sering terjadi yaitu keracunan. Gejalanya, antara lain: diare, muntah, sakit perut, dehidrasi, dan demam.

6. Keracunan di tingkat yang lebih tinggi berisiko menyebabkan penyakit peradangan, gagal ginjal, bahkan kematian

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahligeorgeinstitute.org.au

Sebenarnya, keracunan susu sapi mentah bisa pulih seketika. Namun, ada kasus keracunan tertentu yang menyebabkan sindrom hemolitik uremik. Sindrom ini berpotensi menyebabkan penyakit peradangan, gagal ginjal, bahkan kematian.

7. Mengonsumsi susu sapi mentah bisa lebih berisiko untuk orang-orang tertentu

Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahlinordicnaturals.com

Susu sapi mentah memiliki risiko yang lebih besar pada anak-anak, lansia, perempuan hamil, dan orang dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah. Pada perempuan hamil, bakteri Listeria pada susu sapi mentah berisiko menyebabkan penyakit pada janin, keguguran, dan kematian bayi saat dilahirkan.

Susu sapi mentah mungkin memiliki manfaat lebih dibandingkan susu yang telah diolah. Hanya saja, pertimbangkan juga risiko kesehatannya yang lebih besar akibat kontaminasi bakterinya, ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You