Comscore Tracker

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!

Pemanasan kembali dapat mengubah struktur kimia sayuran

Nah, siapa nih yang sering memanaskan ulang sayuran biar lebih cepat? Atau biar gak buang-buang makanan? Hati-hati ya. Ternyata tidak semua sayuran bisa dipanaskan. Alih-alih ingin menjadi sehat, kamu bisa keracunan hingga terserang kanker. Nah, di bawah ini adalah enam sayuran yang tidak boleh dipanaskan lagi. Simak ya!

1. Seledri

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!unsplash.com/lindsaymoe

Yang satu ini memang enak banget aromanya. Belum lagi kandungan asam folat dan kalium di dalamnya juga tinggi lho! Tapi, seledri adalah salah satu sayuran yang tidak boleh dipanaskan kembali. Hal ini disebabkan oleh kandungan nitrat pada seledri. Pada saat dipanaskan, nitrat dapat berubah menjadi nitrit yaitu suatu senyawa yang dapat berikatan dengan hemoglobin sehingga menyebabkan hemoglobin tidak dapat mengikat oksigen.

2. Bayam

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!unsplash.com/chiapppa

Kalau sayur yang satu ini memang sangat sensitif terhadap udara apalagi pemanasan. Pasalnya, bayam mengandung banyak zat besi. Zat besi ini mudah bereaksi dengan oksigen membentuk senyawa lain yang bersifat racun. Proses perubahan ini berlangsung sangat cepat. Pernahkah kamu melihat bayam yang menghitam? Itu artinya bayam sudah tidak layak dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk segera menghabiskan bayam yang disajikan, jangan biarkan sayuran ini lebih dari lima jam. Selain itu, bayam juga mengandung nitrat lho!

3. Brokoli

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!unsplash.com/sarabakhshi

Sama seperti seledri dan bayam, brokoli juga mengandung nitrat. Pemanasan kembali akan mengubah struktur kimia nitrat ini menjadi nitrit yang sifatnya racun bagi tubuh. Segera habiskan brokoli dalam sekali makan ya, atau memasaknya sedikit saja sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Rempah yang Ampuh Cegah Kanker, Gak Cuma Sebagai Penyedap Rasa

4. Jamur

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!unsplash.com/foodwithaview

Jamur kaya akan protein yang mudah rusak dalam suhu tinggi sehingga memanaskannya kembali dapat merusak struktur protein. Selain itu, jamur sangat mudah terserang mikroorganisme yang bisa membuat sakit perut hingga diare. Hati-hati ya mengolah jamur.

5. Lobak

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!unsplash.com/carolineattwood

Bahan yang satu itu memang nikmat sebagai pelengkap sup. Tapi ternyata, lobak kaya akan nitrat lho! Jadi jangan dipanaskan lagi ya. Jangan sampai memanaskannya sehingga mengubah nitrat menjadi zat berbahaya.

6. Bit

6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!unsplash.com/webdesignnewcastle

Bit masih satu rumpun dengan lobak. Bit mengandung banyak nitrat sehingga tidak disarankan untuk memanaskan olahannya kembali. Masaklah bit sesuai dengan porsi makan kamu biar gak terbuang sia-sia.

Nah, itulah sayuran yang berbahaya bila dipanaskan kembali, hampir semuanya memiliki kandungan sehat yang justru akan berubah setelah dipanaskan. Bila gak mau memanaskan kembali makanan, tipsnya masak secukupnya agar habis sekali makan.

Baca Juga: 5 Nutrisi Penting Acai Beri bagi Kesehatan, Bisa Lawan Sel Kanker

Vina Anggerina Photo Community Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You