Comscore Tracker

5 Fakta Kroto, Telur Semut yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Bukan hanya untuk burung ternyata

Kita mungkin sering melihat atau mendengar, kroto atau telur semut rangrang ini biasnya digunakan sebagai pakan burung, supaya burung bisa menghasilkan suara yang indah dan sering berkicau. Namun ternyata selain untuk burung kroto juga bisa di konsumsi manusia dan tentunya memiliki segudang manfaat yang tak main-main. Sejak dulu, masyarakat memang kerap kalo mengolah kroto menjadi berbagai olahan makanan yang walaupun sederhana namun tetap kaya dengan citarasa. Dan berikut ini 5 fakta kroto atau telur semut rangrang yang perlu kamu ketahu. Simak ya!.

1. Nikmat diolah menjadi berbagai masakan

5 Fakta Kroto, Telur Semut yang Bermanfaat untuk Kesehatanfood.manoramaonline.com

Seperti telah disebutkan diatas, selain sering digunakan untuk pakan burung kicau, kroto juga bisa menjadi bahan makanan konsumsi manusia. Kroto umumnya diolah menjadi pepes tau campuran sayur ditamba dan dipadu padankan dengan rempah-rempah dan bumbu khas nusantara yang kaya rasa, membuat citarasa olahan kroto ini begitu nikmat dan menjadi salahsatu makana yang wajib kamu coba.

2. Bermanfaat untuk kesehatan

5 Fakta Kroto, Telur Semut yang Bermanfaat untuk Kesehatannc.cdc.gov

Sudah sejak dulu kroto dikenal dengan manfaatnya yang banyak karena kandungan gizinya yang tinggi, seperti halnya bermanfaat untuk burung kandungan protein yang tinggi serta lemak dan kalori yang rendah pada kroto juga sangat bermanfaat untuk manusia. Selain itu kandungan vitamin yang terdapat pada telur semut rangrang ini juga cukup lengkap dan tentunya bermanfaat.

3. Nilai komersial yang tinggi

5 Fakta Kroto, Telur Semut yang Bermanfaat untuk Kesehatanpestxpert.com.au

Jumlahnya yang sedikit dan sulitnya mendapatkan kroto ini menjadi salahsatu faktor selain karena manfaatnya yang memang luar biasa yang menjadikan kroto memiliki nilai komersial yang tinggi. Di alam, kroto biasanya ada di sarang-sarang semut rangrang di ketinggian pohon dan perlu semacam galah tinggi berjaring untuk mengambilnya, belum lagi resiko diserang semut-semut rangrang yang memang terkenal dengan gigitannya yang menyakitkan. Oleh karenanya kroto biasanya dijual dalam bungkusan-bungkusan kecil dengan harga yang cukup tinggi.

Baca Juga: 5 Fakta Semut Peluru, Serangga dengan Gigitan Tersakit di Dunia!

4. Terkenal juga di luar negeri

5 Fakta Kroto, Telur Semut yang Bermanfaat untuk Kesehatanricebowlasia.com

Ternyata bukan hanya di Indonesia, manfaat dan kegunaan kroto ini juga terkenal di luar negeri, seperti di Thailand dan Vietnam. Mereka juga memanfaatkan kandungan dan nutrisi yang ada dalam kroto untuk dimanfaatkan baik untuk konsumsi manusia ataupun hewan khususnya burung kicauan.

5. Masih memerlukan berbagai penelitian lebih lanjut

5 Fakta Kroto, Telur Semut yang Bermanfaat untuk Kesehatanfootage.framepool.com

Namun mengenai manfaat dan kandungan nutrisi pada kroto yang bemanfaat untuk kesehatan manusia ini memang belum banyak penelitan yang telah dilakukan untuk memastikannya, semua berdasar pada kebiasaan turun temurun yang memang telah dibuktikan oleh nenek moyang kita sejak dulu.

Padahal jika telah banyak sumber rujukan yang jelas dan pasti mengenai kandungan dan manfaat kroto untuk kesehatan manusia, bukan tidak mungkin kroto akan menjadi salah satu jalan keluar dan alternatif pengobatan baru.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Semut

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya