Comscore Tracker

Meski Lezat, 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Jahat Lho

Kolesterol jahat ngapain ya?

Kolesterol jahat adalah sebutan untuk low density lipoprotein atau LDL. LDL mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan jika jumlahnya melebihi normal. Fungsi LDL adalah untuk mengangkut kolesterol dari peredaran darah menuju sel-sel tubuh. Namun jika jumlahnya berlebihan maka bisa membentuk plak di pembuluh darah yang disebut aterosklerosis.

Aterosklerosis akan menyebabkan pembuluh darah tersumbat sehingga mengganggu aliran darah. Hal itu menyebabkan suplai darah ke organ tubuh terganggu dan bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, kadar kolesterol dalam darah haris dijaga agar tidak di atas normal. Salah satunya adalah dengan membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol. Berikut beberapa makanan berkolesterol tinggi yang harus dibatasi jumlah konsumsinya.

1. Daging

Meski Lezat, 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Jahat Lhounsplash.com/José Ignacio Pompé

Lemak dalam daging merupakan salah satu kolesterol jahat. Misalnya pada iga, walaupun lemaknya sudah dibuang namun kadar kolesterol dalam iga tetap tinggi. Termasuk daging olahan seperti sosis, juga mengandung kolesterol. Wah, padahal lezat sekali ya makan iga bakar madu, steak iga atau sosis bakar. Walaupun enak, kamu jangan kalap ya makannya.

Selain daging sapi jenis daging lain seperti daging kambing, daging ayam terutama bagian kulitnya juga mengandung tinggi kolesterol. Apalagi jika masaknya digoreng, minyak goreng juga mengandung kolesterol sehingga akan makin tinggi kadar kolesterolnya. Batasi jumlah konsumsinya ya.

2. Jeroan

Meski Lezat, 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Jahat Lhomedicalnewstoday.com

Jeroan seperti hati ayam atau hati sapi memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Namun jeroan juga mengandung tinggi kolesterol. Oleh karena itu sebaiknya kamu jangan terlalu banyak makan jeroan agar kolesterol darahmu tetap terjaga.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Ini

3. Makanan cepat saji

Meski Lezat, 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Jahat Lhounsplash.com/Robin Stickel

Seiring dengan kesibukan mungkin makanan cepat saji atau fast food adalah pilihan yang praktis. Burger, ayam goreng, kentang goreng akan cepat tersaji, enak, dan mengenyangkan. Namun, dibalik kenikmatan itu terdapat kolesterol yang siap menghantui. Apalagi jika ditambah dessert es krim dan minumnya milkshake, duh semakin menumpuk deh kolesterol jahat.

4. Makanan ringan

Meski Lezat, 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Jahat Lhoexamine.com

Makanan ringan adalah teman beraktivitas yang enak. Nonton, belajar, baca buku sambil ngemil pasti lebih enak. Camilan seperti keripik kentang, kerupuk, dan makanan kemasan mengandung kolesterol karena umumnya diproses menggunakan minyak yang mengandung lemak trans. Lebih baik ganti camilan dengan buah-buahan yang lebih sehat.

5. Kue

Meski Lezat, 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Jahat Lhounsplash.com/Greta Punch

Semua jenis kue, baik cake, pastry, donat umumnya dibuat menggunakan telur, mentega, coklat, gula, dan susu yang mengandung lemak trans. Jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, karena selain lemak juga mengandung gula yang tinggi. Lebih baik ganti dengan makanan yang mengandung kolesterol baik misalnya oat atau sereal gandum.

Itulah 5 makanan yang mengandung lemak jahat. Batasi konsumsinya agar kadar kolesterolmu tetap dalam batas aman. Kamu juga bisa makanan yang mengandung kolesterol baik sebagai penggantinya, misalnya salmon, tuna, oatmeal, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You