Comscore Tracker

5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahui

Penyakit ini umumnya menyerang bayi yang baru lahir

Penyakit lumpuh otak adalah penyakit yang terjadi akibat adanya masalah pada bagian otak besar. Fungsi otak besar adalah untuk mengatur gerak sadar pada manusia seperti bergerak, mendengar, dan berbicara. Jika fungsi otak besar sudah terganggu, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya lumpuh otak.

Penyakit lumpuh otak umumnya menyerang bayi yang baru lahir. Ada beberapa penyebab seperti terganggu suplai darah pada ibu hamil yang dibutuhkan oleh janin, cedera di kepala, perubahan gen pada bayi, dan lain-lain.

Selain penyebab yang telah disebutkan, terdapat gejala-gejala yang bisa dikenali untuk mengindikasikan terjadinya penyakit lumpuh otak. Gejala yang muncul antara lain sebagai berikut.

1. Gemetar secara tiba-tiba

5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahuidailyfamily.ng

Gemetar secara tiba-tiba atau biasa disebut tremor merupakan salah satu gejala dari penyakit lumpuh otak. Penderita penyakit lumpuh otak biasanya tidak dapat mengontrol gerakannya sendiri. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti menulis, mengambil benda, dan lain-lain

2. Permasalahan pada koordinasi dan gerak tubuh

5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahuiwww.rd.com

Salah satu gejala lain penyakit lumpuh otak adalah terjadinya permasalahan pada koordinasi dan gerak tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penderita mengalami gangguan pada sistem koordinasi tubuh seperti otot menjadi kaku dan refleks yang sangat berlebihan pada tubuh.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!

3. Masalah buang air kecil

5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahuiwww.lifealth.com

Masalah buang air kecil juga merupakan gejala penyakit lumpuh otak. Penderita penyakit ini tidak dapat menahan buang air kecil. Penderita juga mengalami frekuensi buang air kecil yang tinggi atau sering buang air kecil.

4. Kelainan bentuk tulang

5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahuithebodymechanic.com

Gejala penyakit lumpuh otak lainnya adalah adanya kelainan bentuk pada tulang. Penderita penyakit ini memiliki permasalahan pada tulang. Permasalahan yang biasa terjadi pada penderita penyakit lumpuh otak adalah permasalahan pada tulang pinggul dan permasalahan pada tulang belakang seperti skoliosis.

5. Gangguan kecerdasan dan gangguan mental

5 Gejala Penyakit Lumpuh Otak yang Harus Kamu Ketahuimedicalxpress.com

Orang yang mengidap penyakit lumpuh otak biasanya akan mengalami gangguan kecerdasan dan gangguan mental. Hal ini diakibatkan karena terganggu fungsi otak. Selain itu gangguan kecerdasan dan gangguan mental dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Dari gejala yang telah disebutkan, penderita penyakit lumpuh otak dapat ditangani oleh ahli medis dengan berbagai macam cara. Mulai dari pemberian obat, terapi, hingga operasi.

Baca Juga: 6 Fakta Otak Manusia yang Mungkin Tak Pernah Terpikirkan

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You