Comscore Tracker

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Ini

Saat ini baru tersedia vaksin hepatitis A dan B

Penyakit hepatitis membuat hati mengalami peradangan. Salah satu penyebabnya yaitu infeksi virus hepatitis A, B, C, D, dan E. 

Beberapa penyakit saat ini bisa dicegah dengan vaksinasi, termasuk hepatitis. Vaksin hepatitis juga sudah tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan. Ada apa saja vaksin hepatitis yang tersedia saat ini? Agar lebih paham, berikut ini informasinya.

1. Apa itu hepatitis?

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Iniilustrasi hati (vecteezy.com/wangsinawang)

Hepatitis adalah penyakit ketika organ hati mengalami peradangan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan bahwa hati termasuk organ yang penting karena berfungsi untuk menyaring darah, memproses nutrisi, dan melawan infeksi. Jika hati mengalami inflamasi, maka berbagai fungsi hati dapat menurun.

Dilansir Badan Kesehatan Dunia (WHO), kondisi hepatitis bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi juga bisa berkembang membentuk jaringan parut, sirosis, hingga kanker hati.

Penyebab hepatitis paling sering adalah karena virus. Selain virus, hepatitis juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, minuman beralkohol, atau kondisi autoimun.

Terdapat lima virus penyebab hepatitis yang biasa menginfeksi hati, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Di antara kelima virus hepatitis tersebut, virus hepatitis A, B, dan C adalah yang paling sering menyebabkan hepatitis.

2. Apa yang membedakan virus hepatitis?

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Iniilustrasi hepatitis (maxpixel.net)

Peneliti menemukan lima penyebab paling sering infeksi hepatitis, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Masih mengutip sumber yang sama, infeksi hepatitis A dan E disebabkan mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi virus hepatitis A atau E. 

Virus hepatitis B, C, dan D biasanya menular melalui kontak dengan cairan tubuh pasien yang terinfeksi, misal menerima produk darah yang terkontaminasi, melakukan kontak seksual, atau penularan hepatitis B dari ibu ke bayi.

Virus hepatitis B dan C dapat menyebabkan penyakit kronis pada ratusan orang dan menjadi penyebab paling sering kasus sirosis dan kanker hati.

3. Apa saja vaksin hepatitis?

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Iniilustrasi vaksin (pexels.com/Thirdman)

Pemberian vaksin membuat sistem imun mengenali terhadap patogen penyebab penyakit. Apabila suatu hari tertular, maka sistem imun sudah terlatih sehingga dapat membunuh patogen dengan lebih baik daripada orang-orang yang tidak divaksinasi.

Melakukan vaksinasi memberikan perlindungan terhadap penyakit tertentu, salah satunya penyakit hepatitis. Untuk saat ini, vaksin yang dapat mencegah penyakit hepatitis adalah vaksin hepatitis A dan vaksin hepatitis B, seperti mengutip WebMD.

Baca Juga: Hepatitis Autoimun: Penyebab, Gejala, Jenis, Pengobatan

4. Mengenal vaksin hepatitis A

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Iniilustrasi vaksin (pexels.com/SHVETS production)

Infeksi virus hepatitis A pada hati menyebabkan penyakit hepatitis A. Langkah terbaik untuk mencegah hepatitis A yaitu dengan mendapatkan vaksinasi hepatitis A.

Di Indonesia, vaksin hepatitis A termasuk vaksin tambahan. Meskipun begitu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tetap menyarankan pemberian vaksin hepatitis A kepada anak-anak mulai usia 1 tahun. Selain anak-anak, vaksin hepatitis A juga bisa digunakan pada semua usia, termasuk orang dewasa.

5. Mengenal vaksin hepatitis B

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Iniilustrasi vaksin (pexels.com/cottonbro)

Infeksi virus hepatitis B dapat menyebabkan infeksi akut maupun kronis. Virus hepatitis B ini dapat menyebabkan infeksi jangka panjang, terbentuknya jaringan parut, kanker hati, gagal hati, hingga mortalitas. Saat ini, penyakit hepatitis B dapat dicegah dengan vaksin hepatitis B.

Menambahkan dari Medical News Today, vaksin hepatitis B juga dapat mencegah hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis D. Biasanya, virus hepatitis D menginfeksi bersama dengan virus hepatitis B. Namun, vaksin ini tidak dapat melindungi dari hepatitis D jika orang tersebut sudah mengalami penyakit hepatitis B kronis.  

Vaksin hepatitis B ini bisa digunakan semua kelompok usia. Di Indonesia, vaksin hepatitis B termasuk program pemerintah imunisasi wajib pada bayi. Vaksin ini diberikan segera pada bayi yang baru lahir.

6. Vaksin hepatitis lainnya masih terus dikembangkan

Mengenal Vaksin Hepatitis yang Tersedia Saat Iniilustrasi penelitian (pixabay.com/Elf-Moondance)

Infeksi virus hepatitis dapat menyebabkan hati menjadi radang. Beberapa virus hepatitis dapat menyebabkan penyakit kronis hingga sirosis hati.

Vaksin hepatitis yang sudah tersedia saat ini di Indonesia yaitu vaksin hepatitis A dan vaksin hepatitis B. Vaksin hepatitis C saat ini masih dalam tahap pengembangan oleh peneliti, sedangkan vaksin hepatitis E saat ini baru tersedia di China.

Beberapa virus yang menyebabkan hepatitis antara lain virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Saat ini, vaksin hepatitis yang tersedia yaitu vaksin hepatitis A dan vaksin hepatitis B. Keduanya bisa digunakan semua kelompok usia, termasuk orang dewasa. Untuk mengetahui vaksin hepatitis A dan B lebih detail, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. 

Baca Juga: Apakah Vaksin Hepatitis Dapat Mencegah Hepatitis Akut Misterius?

Dewi Purwati Photo Verified Writer Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya