Comscore Tracker

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnya

Laki-laki juga harus waspadai dan mengetahui tanda-tandanya

Mendengar nama kanker payudara, yang terlintas di pikiran kita pastilah perempuan. Namun, jangan salah karena penyakit keganasan ini juga bisa dialami oleh laki-laki, lo!

Banyak yang tidak sadar bahwa kaum adam juga memiliki jaringan payudara yang bisa terserang sel kanker. Sebenarnya bagaimana bisa laki-laki terkena kanker payudara? Apakah ini umum terjadi? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Faktanya, laki-laki juga punya jaringan payudara

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi kanker payudara (cancer.org)

Dilansir WebMD, “payudara” laki-laki sama seperti perempuan yang belum pubertas. Namun, ada sedikit perbedaan antara keduanya dalam hal jaringan dan pertumbuhan.

Anak perempuan memiliki jaringan payudara dalam jumlah yang sangat kecil. Saat pubertas, hormon akan diproduksi sehingga jaringan tersebut tumbuh. 

Namun, pada laki-laki jaringan payudara memang tersedia, tetapi tidak tumbuh terlalu besar karena hormon estrogennya rendah. Walaupun begitu, mereka tetap memilikinya.

2. Apa penyebab kanker payudara pada laki-laki?

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi gejala kanker payudara pada laki-laki (sciencenews.org)

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana bisa laki-laki terjangkit kanker payudara. Dilansir Mayo Clinic, sebenarnya masih belum jelas apa faktor utama yang menyebabkan kondisi tersebut. 

Sejauh ini, para dokter memperkirakan bahwa kanker payudara pada kaum adam terjadi ketika sel payudara membelah diri dengan cepat dan menjadi tidak normal. Pertumbuhan yang tak wajar itu akhirnya menimbulkan benjolan

Baca Juga: 8 Gejala Tak Biasa Kanker Payudara yang Wajib Diketahui, Jangan Lengah

3. Laki-laki seperti apa yang rentan terserang kanker payudara?

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi kanker payudara pada pria (fda.gov)

Jika mau dikatakan secara gamblang, siapa saja bisa terkena kanker payudara. Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan seseorang lebih rentan daripada yang lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Laki-laki berusia lebih dari 35 tahun
  • Riwayat kanker payudara di keluarga
  • Terekspos estrogen, bisa dalam bentuk obat atau terapi yang menggunakan hormon tersebut
  • Obesitas, kondisi yang menyebabkan estrogen meningkat
  • Memiliki penyakit hati seperti kanker dan sirosis
  • Memiliki penyakit testis atau pernah melakukan operasi di area tersebut
  • Kelainan kromosom

4. Gejala kanker payudara pada laki-laki

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi kanker payudara pada laki-laki (funender.com)

Pada umumnya, gejala kanker payudara pada laki-laki dan perempuan tidak jauh berbeda. Pertama, akan timbul benjolan yang keras dan tidak bergerak ketika ditekan. Ia bisa muncul di area dada mana saja, termasuk di sekitar puting. Walaupun begitu, biasanya benjolan tidak terasa sakit. 

Selain munculnya benjolan, ada beberapa tanda lain yang sering diabaikan oleh para laki-laki, di antaranya:

  • Puting terasa gatal dan bersisik
  • Perubahan warna pada puting atau area di sekitarnya
  • Keluarnya cairan dari puting, bisa berupa cairan bening ataupun darah
  • Puting masuk ke dalam atau retraksi

5. Gejala kanker payudara yang telah menyebar

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi kanker payudara pada laki-laki (webmd.com)

Jika sel kanker telah menyebar ke area lain, maka gejala yang dirasakan pun bertambah. Pada umumnya, kondisi ini disebut sebagai kanker payudara metastasis atau stadium empat.

Berikut ini beberapa di antaranya menurut National Breast Cancer Foundation:

  • Kelenjar getah bening membengkak, terutama sekitar ketiak
  • Tubuh terus merasa lelah
  • Tulang terasa sakit
  • Kejang, mual, dan muntah ketika sel kanker masuk ke otak

6. Pencegahan kanker payudara pada laki-laki

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi pola makan sehat bergizi seimbang (pexels.com/Ba Tik)

Karena penyebab kanker payudara belum diketahui, hanya ada beberapa cara untuk mencegahnya. Berdasarkan keterangan dari American Cancer Society, para lelaki setidaknya harus menghindari faktor risiko sebisa mungkin. 

Misalnya dengan menjaga berat badan, menghindari obat yang mengandung estrogen, serta mengurangi konsumsi alkohol dan rokok. Selain itu, pola makan juga harus diatur. Laman His Breast Cancer menyarankan untuk perbanyak konsumsi tomat, kale, bluberi, ubi, walnut, buah delima, serta makanan segar, sehat, dan utuh lainnya.

7. Seberapa umumkah kondisi ini pada laki-laki?

Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnyailustrasi dada laki-laki (mynet.com)

Kanker payudara pada laki-laki adalah penyakit langka. Data dari BreastCancer.org menunjukkan bahwa tingkat kejadian berada di bawah angka satu persen dari semua kasus di dunia.

Bahkan, hanya 1 dari 833 laki-laki yang berhadapan dengan risiko tersebut. Berbeda dengan perempuan yang tingkat prevalensinya mencapai 1 dari 8 orang.

Menurut laporan dalam The Journal of Breast Health tahun 2016, angka kejadian kanker payudara pada laki-laki terhitung kurang dari 1 persen dari semua diagnosis kanker payudara di seluruh dunia.

Namun, tingkat kematian laki-laki yang mengalami penyakit ini cenderung lebih tinggi. American Cancer Society memperkirakan bahwa di tahun 2019 ini ada 2.670 laki-laki yang mengalaminya, dan 500 orang di antaranya meninggal dunia. 

Pada umumnya, mereka masih belum sadar bahwa penyakit ini bisa terjadi pada dirinya. Gejala-gejala pun diabaikan karena dianggap biasa saja. Akhirnya, diagnosis dokter baru dilakukan saat kanker sudah semakin parah sehingga tingkat kesembuhannya kecil.

Maka dari itu, penting bagi kaum adam untuk meningkatkan kesadaran akan risiko kanker payudara. Sekali lagi, bukan hanya perempuan yang memiliki risiko terhadapnya.

Jadi ketika kamu merasakan satu atau beberapa gejala yang disebutkan di atas, jangan ragu untuk periksa ke dokter. Semoga kamu dan orang di sekitarmu tidak mengalaminya, ya!

Baca Juga: Pekerja Shift Malam Lebih Rentan Kena Kanker Payudara, Ini Risetnya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya