Comscore Tracker

5 Tips Merawat Softlens agar Aman Digunakan, Utamakan Kebersihan!

#IDNTimesHealth Jadi tak berisiko menimbulkan iritasi

Softlens atau lensa kontak merupakan alat bantu penglihatan yang banyak digunakan oleh orang-orang sebagai pengganti kacamata. Namun, kadang kala orang tanpa masalah penglihatan juga dapat menggunakan lensa kontak.

Kamu tak bisa sembarangan dalam menggunakan alat ini, sebab harus dapat dijamin higienis dan aman untuk mata agar tak menimbulkan iritasi. Berikut beberapa cara untuk membantu merawat softlens agar tetap aman bagi mata.

1. Tidak membeli softlens abal-abal

5 Tips Merawat Softlens agar Aman Digunakan, Utamakan Kebersihan!ilustrasi softlens (springwise.com)

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat softlens, tentunya kamu harus mampu dalam memahami bagaimana cara membeli softlens yang aman untuk digunakan. Jangan membeli softlens abal-abal yang dapat memberikan efek negatif pada mata. Dengan softlens berkualitas baik, maka kamu dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan tetap aman.

2. Cara membersihkan softlens

5 Tips Merawat Softlens agar Aman Digunakan, Utamakan Kebersihan!ilustrasi softlens (fiercebiotech.com)

Untuk teknik pembersihannya, kamu dapat memulainya dengan meletakkan softlens pada telapak tangan. Tuangkan air khusus di atasnya dan buatlah gerakan maju dan mundur, tidak memutar. Cara ini dapat membantu dalam proses pembilasan softlens.

3. Tangan harus bersih saat proses pembersihan

5 Tips Merawat Softlens agar Aman Digunakan, Utamakan Kebersihan!ilustrasi penggunaan air (Unsplash/CDC)

Pastikan tanganmu telah higienis sebelum memulai proses pembersihan seperti tips sebelumnya. Cuci tangan yang bersih agar tak ada kuman yang menempel dan menimbulkan dampak tak baik pada mata. Melalui tangan yang bersih, maka higienitas dari softlens tetap dapat terjaga secara penuh.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 6 Kesalahan saat Memakai Softlens

4. Tidak mencampurkan antara air baru dan air bekas

5 Tips Merawat Softlens agar Aman Digunakan, Utamakan Kebersihan!ilustrasi softlens (thehealthsite.com)

Pada penggunaan softlens memang terdapat air baru dan air bekas yang harus kamu bedakan antara keduanya. Jangan sampai kamu salah membedakan hingga nantinya menggunakan air bekas untuk membersihkan atau menyimpan softlens. Pisahkan keduanya agar tak tercampur yang justru akan menimbulkan dampak tak baik pada mata.

5. Menyimpan softlens dengan tepat

5 Tips Merawat Softlens agar Aman Digunakan, Utamakan Kebersihan!ilustrasi kotak softlens (self.com)

Softlens yang telah dibersihkan atau yang masih baru dapat kamu simpan pada wadah yang telah bersih. Wadah tersebut nantinya juga akan diisi dengan air khusus yang masih bersih. Pastikan air yang digunakan bersih agar nantinya tetap membuat softlens aman untuk digunakan sehingga tak menimbulkan iritasi.

Melalui cara perawatan, pembersihan, dan penyimpanan yang baik, tentu kamu dapat memastikan bila softlens aman untuk digunakan. Mata pun terasa nyaman dan membuat penglihatan jadi lebih mudah!

Baca Juga: Bolehkah Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Faktanya untuk Kesehatan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya