Comscore Tracker

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileks

Bisa sama pasangan atau sendirian juga oke~

Ada banyak pilihan penghilang stres yang bisa kamu coba. Mulai dari yoga, jalan-jalan, meditasi, hingga seks. Yap, bercinta mampu membuat rileks tubuh, lho. Produksi hormon oksitosin sebagai hormon cinta, pelepasan endorfin, hingga penurunan jumlah kortisol, menjadikan seks  sebagai salah satu cara melepaskan tekanan.

Meski berkaitan dengan selera, beberapa posisi seks pun dianggap lebih pas untuk menghilangkan stres. Posisi seks pelepas stres berikut jelas perlu dicoba saat kamu dan pasangan merasa lelah dan butuh menikmati momen bersama.

Posisi seks pelepas stres

Selain, memenuhi tubuh dengan hormon yang dapat mengurangi stres, seks juga memiliki manfaat lain. Dilansir Very Well Mind, seks mampu menjadi pengalih perhatian yang dapat mengembalikan mood negatif menjadi lebih baik.

Publikasi penelitian pada Journal of Sexual Medicine 2021 bahkan menyebutkan, seseorang yang memiliki kehidupan seks aktif selama pandemi Covid-19 memiliki skor stres lebih rendah dibanding yang gak. Menurunnya hormon kortisol dan stres, lantas berdampak pada kemampuan tidur seseorang.

Seks membuat seseorang lebih mudah tidur, bahkan memiliki kualitas istirahat yang baik. Nah, spesialnya lagi, seks mampu meredakan stres dan membuat hubungan lebih dekat. Bahkan, menerapkan beberapa posisi seks pelepas stres ini juga dapat meningkatkan keintiman secara maksimal.

1. Lotus

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi berhubungan seks (pexels.com/ana maria moroz)

Saat tubuh berpelukan, produksi hormon oksitosin akan meningkat pesat. Oksitosin sendiri merupakan hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan stres. Untuk itu, berpelukan saat seks tampaknya menjadi 'double kill' yang membuatmu dan pasangan nyaman satu sama lain.

Lotus jadi posisi seks pereda stres yang cocok untuk dicoba. Dengan laki-laki bersila dan perempuan duduk di pangkuan secara berhadapan, membuat kamu dan pasangan dapat saling memeluk erat selama momen bercinta. Posisi lotus juga merupakan pose meditatif yang membuat tubuh lebih rileks dan menikmati sensasi seksual.

2. Standing

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi posisi seks (pexels.com/Анна Хазова)

Kamu hanya perlu berdiri dengan penerima alias perempuan membelakangi pemberi. Angkat salah satu kaki sedikit untuk memberi akses penetrasi dari arah belakang. Jika belum terbiasa, lakukan di dekat dinding atau tumpuan yang lebih kuat lainnya. Dapatkan sensasi bercinta saling bersentuhan, plus kesempatan rangsangan g-spot dan klitoris secara bersamaan.

Posisi ini bisa jadi pelepas stres, karena kamu dan pasangan bisa melakukannya di mana pun. Bahkan ketika sedang buru-buru atau tertekan, seperti mau berangkat kerja. Cukup menyelinap ke kamar mandi dan lakukan quickie, ya.

3. Reverse Cowgirl

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi posisi seks (pexels.com/ketut subiyanto)

Cobalah ambil peran memonopoli tubuh pasangan atau percayakan pasangan mengambil alih permainan di atas ranjang. Jika ingin melakukannya, maka posisi reverse cowgirl bisa jadi pelepas stres yang cocok. Walau gak saling berhadapan, tapi tetap mampu memberikan rangsangan maksimal. Saat melakukannya, cukup nikmati sesi bercinta layaknya bintang porno yang seksi tanpa harus memikirkan respons wajah pasangan.

Caranya, pemberi tidur terlentang. Lalu, perempuan memosisikan diri di atas tubuh pasangan dengan pose nyaris tengkurap. Berikan tumpuan pada kedua tangan dan gerakkan pinggul sesuai irama yang menggairahkan.

4. The Plow

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi posisi seks misionaris (pexels.com/yan krukov)

Misionaris memang intim, tapi sudahkah kamu mencoba variasi seks posisi misionaris, the plow? Untuk melakukannya, posisikan tubuh saling berhadapan layaknya gerakan klasik. Bedanya, angkat kedua kaki perempuan dan tumpukan di pundak laki-laki. Jika memungkinkan, lingkarkan kedua kaki di leher pasangan untuk sensasi yang lebih intim.

Posisi ini memberikan kesempatan pemberi untuk melakukan penetrasi dengan dalam. Potensi sentuhan a-spot berpeluang besar menghadirkan orgasme. Di sisi lain, kamu bisa menambahkan rangsangan tambahan, seperti vibrator peluru untuk segera sampai ke puncak kepuasan (kalau mau!).

Baca Juga: 8 Posisi seks yang Cocok Dicoba di Setiap Ruangan Rumah

5. Seated Oral

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi pasangan (unsplash.com/We-Vibe Toys)

Seks bukan hanya tentang penetrasi. Bahkan tanpa melibatkan intercourse sekalipun, kamu dan pasangan tetap bisa meredakan tekanan pikiran. Posisi seks pelepas stres seated oral akan membantu momen intim tetap panas dan menyenangkan. 

Kamu hanya perlu duduk menikmati di kursi, lalu pasangan berlutut menghadap ke arahmu dan memberikan rangsangan mulut. Minta bantuan pasangan menghilangkan stres atau kamu bisa melakukannya untuk pasangan ketika doi sedang bad mood.

6. Yab Yum

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi posisi seks (unsplash.com/Sinitta Leunen)

Yab yum tentu harus masuk deretan posis seks pelepas stres. Sebab, posisi ini sejatinya merupakan posisi lotus versi tantra alias slow sex yang penuh penjiwaan, melibatkan latihan pernapasan, dan kontak mata yang intens. Dilansir Healthline, posisi ini mampu menembus ‘cakra genital’ bagi kedua mereka yang menerapkannya. Olah tubuh yang baik selama hubungan intim ini tentu membantu mereduksi stres.

Untuk menerapkannya, pemberi atau laki-laki duduk bersila di bawah. Lalu, penerima atau perempuan duduk di atas dan melingkarkan kaki di pinggul pasangan secara berhadapan. Mulai gerakan sembari mengatur napas. Jika nyaman, libatkan saling pandang sebagai bentuk komunikasi menenangkan dengan pasangan.

7. Sacred Solo

7 Posisi Seks Pelepas Stres yang Wajib Dicoba, Bikin Rileksilustrasi cowok sedang masturbasi (thehealthy.com)

Posisi seks pelepas stres gak cuma buat hubungan intim dengan pasangan. Kamu tetap bisa menikmati momen sendiri untuk melepas stres. Sacred solo merupakan posisi seks tantra yang bisa kamu terapkan sebagai stress reliever.

Untuk melakukannya, kamu bebas memosisikan diri senyamanmu. Terpenting, atur napas perut untuk mulai merilekskan tubuh. Selanjutnya, pusatkan pernapasan ke area genital untuk mengalirkan energi.

Dilansir Best Health Magazine, masturbasi  membuatmu fokus terhadap satu hal dan membantu tubuh lebih rileks. Megan Fleming, Ph.D., seorang psikolog klinis dan instruktur psikologi di Weill Cornell Medical College of Cornell University menjelaskan pada Instyle bahwa masturbasi dapat memberitahu otak jika semua baik-baik saja.

Nah, baik dengan pasangan maupun sendirian, posisi seks pelepas stres bisa jadi doping ketika kamu membutuhkannya. Alihkan pikiran dengan fokus pada momen intim dan kembalikan mood menjadi lebih baik. 

Baca Juga: 7 Posisi Seks yang Bikin Bergairah Saat Berciuman Lidah

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya