Comscore Tracker

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perut

Boleh dicoba asal paham risikonya

Seks dan menstruasi merupakan dua hal yang berpantangan. Beberapa meyakini bahwa seks saat haid harus dihindari. Meski begitu, sebenarnya, kadar estrogen dan testosteron saat masuk periode datang bulan justru lebih banyak. Hasilnya, perempuan bisa merasa jauh lebih terangsang.

Kalau kamu dan pasangan ingin mencoba bercinta saat haid, posisi seks saat menstruasi ini bisa jadi pilihan. Yuk, simak uraiannya!

Posisi seks saat menstruasi

Kram dan kembung adalah dua hal yang acap datang bersamaan dengan haid. Nah, rasa sakit yang mengganggu di area perut ini ternyata punya penawar alami, lho! Apalagi kalau bukan seks. 

Meski terdengar tabu, bercinta saat menstruasi memiliki beberapa manfaat. Termasuk meredakan nyeri, membantu menurunkan intensitas dan stres, hingga mempersingkat masa haid. Adanya pelumas tambahan juga meningkatkan kepuasan.

Jika mengkhawatirkan darah, menentukan gaya bercinta yang tepat jelas bisa jadi opsi. Pilihan posisi seks saat menstruasi ini contohnya, bisa membantumu dan pasangan terus menikmati momen intim meski sedang datang bulan.

1. Standing in bathroom

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi shower sex (pexels.com/cottonbro)

Bahkan walau gak di kamar mandi pun kamu tetap bisa melakukannya. Caranya, berdiri berhadapan dengan pasangan, lalu gunakan tembok atau apapun yang kokoh sebagai pegangan. Angkat salah satu kaki dan tumpukan di pinggul pasangan, kemudian minta pasangan penetrasi dari depan.

Untuk mempermudah penetrasi, condongkan sedikit pinggul perempuan menghadap laki-laki. Dengan posisi seks saat menstruasi ini, pasangan bisa menambahkan rangsangan pada klitoris, jika memang mau.

2. Kupu-kupu betty boop

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi posisi seks (pexels.com/mikhail nilov)

Rasa kram mengganggu? Coba posisi seks saat menstruasi model kupu-kupu. Tinggal berbaring terlentang di tepi kasur atau meja, angkat kedua kaki dan tumpukan di pundak pasangan. Lalu, penetrasi dilakukan dari depan dengan laki-laki berdiri.

Posisi yang punggung mendatar memungkinkan kamu merasa lebih nyaman dan mengurangi kram. Selain itu, posisi mendatar membuat sirkulasi udara semakin lancar ke area genital.

3. Misionaris yoga

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi posisi seks misionaris (pexels.com/yan krukov)

Terinspirasi dari gerakan yoga reclined bound angle, posisi seks saat menstruasi ini cocok dicoba kala mager. Yup, perempuan tetap bisa terlentang dan menumpukan punggung di kasur dengan nyaman. Lalu, laki-laki penetrasi dari depan dengan kedua kaki terlipat. Angkat sedikit pinggul dan lingkarkan kaki ke pinggul pasangan untuk mempermudah penetrasi.

Mirip dengan pose yoga, posisi ini memungkinkan area perut lebih rileks. Variasi seks posisi misionaris ini bantu membuat kram perut mereda dan tubuh menjadi lebih nyaman. 

Baca Juga: 5 Posisi Seks agar Bayi Cepat Lahir, Bisa Picu Kontraksi?

4. Berbaring miring

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Saat perut terasa nyeri, sering kali meresponnya dengan berbaring menyamping dan menekuk kedua kaki. Well, ini juga bisa dijadikan pilihan posisi seks saat menstruasi.

Minta pasangan berlutut mendekati area pinggul dan lakukan penetrasi dari belakang.Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan bantal untuk menyamakan ketinggian. Gaya bercinta ini mudah dilakukan dan gak membutuhkan banyak atraksi gerakan. Jangan lupa bungkus bantal agak gak kotor, ya!

5. Riding at the crimson tide

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi mencium (pexels.com/wr)

Posisi seks saat menstruasi riding at the crimson tide cocok bagi kamu yang ingin meminimalisir tumpahan darah. Dengan kedua kaki merapat, gak akan terjadi guyuran darah, mungkin keluar beberapa tetes.  

Caranya, perempuan berbaring terlentang dengan kedua kaki menutup, tapi gak terlalu rapat, ya. Angkat pinggul sedikit, lalu, laki-laki berlutut dan melakukan penetrasi dari depan. Mirip dengan posisi cowgirl, tetapi laki-laki yang berada di atas. 

6. Lotus

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi posisi seks (pexels.com/Cottonbro)

Menstruasi kerap membuat gairah meningkat. Gak heran jika kamu ingin terus menempel dengan pasangan. Jika begitu, manfaatkan dengan memilih posisi seks saat menstruasi yang melibatkan skin to skin, seperti posisi lotus.

Minta pasangan duduk dengan berlutut atau selonjor membentuk 90 derajat, lalu perempuan naik di atasnya dan duduk untuk penetrasi dari atas. Karena saling berhadapan, kontak mata pun bisa terjadi sangat erat dan membuat sesi bercinta makin panas. Posisi ini memberikan kesempatan bagi kamu dan pasangan untuk bonding secara fisik selama momen intim berdua. 

7. Standing doggy

7 Posisi Seks saat Menstruasi, Bisa Meredakan Kram Perutilustrasi posisi seks berdiri (Unsplash.com/blueswallow)

Bosan dengan posisi tidur di kasur? Maka lakukan dengan berdiri. Kamu bisa melakukannya untuk seks di mana pun, bahkan di lorong sempit yang hanya menyisakan ruang untuk berdua. Cukup berdiri dengan membelakangi pasangan, tekuk tubuh sedikit menjorok ke depan dan pasangan melakukan penetrasi dari belakang.

Pilihan posisi seks saat menstruasi ini cocok dipilih ketika membutuhkan seks kilat. Bahkan, kamu gak perlu melepas baju untuk melakukan penetrasi. Menarik, kan?

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika seks saat menstruasi

Di samping manfaat dan kenikmatannya, seks saat menstruasi juga memiliki risiko efek samping. Termasuk risiko kehamilan, infeksi penyakit menular seksual, dan infeksi bakteri pada vagina.

Jika kamu dan pasangan tertarik melakukannya, pertimbangkan untuk mengutamakan keamanan. Tetap gunakan kondom sebagai pelindung fisik dan lengkapi  bantal dan sprei dengan alas. Di samping itu, pilih posisi seks saat menstruasi yang gak membutuhkan banyak gerakan atau berbaring di satu sisi saja.

Selama menerapkan posisi seks saat menstruasi, kamu juga bisa menghadirkan variasi seperti rainbow kiss. Namun, tetap perhatikan faktor kesehatan dan risiko efek sampingnya, ya.

Baca Juga: 8 Posisi Seks yang Nyaman Menggunakan Bantal, Bikin Makin Intim

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya