Comscore Tracker

Kenali Lebih Dekat 7 Penyebab Sensasi Terbakar pada Penis

Segera obati supaya tidak tersiksa!

Pernah merasakan sensasi terbakar pada penis, terutama saat buang air kecil? Diikuti dengan gejala lain seperti pembengkakan atau gatal? Jangan keburu panik, sebab pada sebagian besar kasus bisa diobati.

Ingin tahu apa penyebab sensasi terbakar pada penis? Langsung scroll ke bawah untuk menemukan jawabannya!

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) memengaruhi saluran kemih, termasuk kandung kemih, uretra, dan ginjal. Salah satu gejalanya adalah disuria, yaitu rasa nyeri, tidak nyaman, atau sensasi terbakar saat buang air kecil.

Penyebab ISK adalah bakteri yang masuk ke uretra dan kandung kemih, yang memicu peradangan dan infeksi. Mengutip Cleveland Clinic, lebih dari 90 persen kasus ISK disebabkan oleh E. coli, bakteri yang biasanya ditemukan di usus.

2. Uretritis

Kenali Lebih Dekat 7 Penyebab Sensasi Terbakar pada Penisilustrasi bakteri E. coli (wikimedia.org/NIAID)

Selanjutnya adalah uretritis atau peradangan pada uretra (saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh). Dilansir Medical News Today, uretritis menyebabkan rasa terbakar saat buang air kecil.

Biasanya, uretritis disebabkan oleh bakteri (E. coli dan Neisseria gonorrhea) atau virus (Herpes simplex virus dan Cytomegalovirus). Yang paling berisiko terkena uretritis adalah orang yang memiliki banyak pasangan seksual dan melakukan anal seks tanpa kondom.

3. Prostatitis

Prostatitis adalah peradangan kelenjar prostat, yaitu kelenjar kecil seukuran kacang kenari yang berada di antara kandung kemih dan penis. Sensasi terbakar saat buang air kecil adalah salah satu gejalanya.

Segera periksakan diri jika mengalami kesulitan buang air kecil, terdapat darah dalam urine, dan merasakan nyeri di sekitar panggul atau alat kelamin. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik, obat penghilang rasa sakit, atau alpha-blocker.

4. Batu ginjal

Kenali Lebih Dekat 7 Penyebab Sensasi Terbakar pada Penisilustrasi batu ginjal (wikimedia.org/Михајло Анђелковић)

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Memiliki beberapa nama lain, yakni renal calculi, nefrolitiasis, dan urolitiasis.

Gejala yang paling banyak dikeluhkan adalah sensasi terbakar atau nyeri dengan intensitas ringan hingga sedang saat buang air kecil. Terkadang, kondisi ini membutuhkan pembedahan karena batunya terlalu besar dan tidak bisa keluar dengan sendirinya.

Baca Juga: Penile Dysmorphic Disorder: Minder dengan Ukuran dan Bentuk Penis

5. Gonore

Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gonore bisa ditularkan melalui seks tanpa kondom, baik secara oral, vaginal, maupun anal.

Sama seperti beberapa penyakit sebelumnya, gonore menyebabkan sensasi terbakar saat kencing. Selain itu, mungkin akan keluar cairan tidak biasa dari ujung penis, yang berwarna putih, kuning, atau hijau. Antibiotik yang biasanya diberikan adalah ceftriaxone (injeksi) dan azitromisin (oral).

6. Klamidia

Kenali Lebih Dekat 7 Penyebab Sensasi Terbakar pada Penisilustrasi hubungan seks (unsplash.com/Womanizer Toys)

Klamidia ialah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Sama seperti gonore, klamidia bisa menular lewat hubungan seks vaginal, anal, atau oral.

Laki-laki dan perempuan yang memiliki klamidia mungkin akan merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil. Dua antibiotik yang paling sering diresepkan untuk mengobati klamidia adalah doksisiklin dan azitromisin.

7. Kanker

Dalam kasus yang sangat langka, sensasi terbakar mungkin merupakan tanda kanker penis, yang diikuti dengan pembengkakan dan perubahan kulit di sekitar penis. Menurut American Cancer Society, kanker penis dialami oleh 1 dari 100.000 laki-laki.

Pada kebanyakan kasus, kanker penis diatasi dengan pembedahan. Namun, terkadang menggunakan terapi radiasi, baik sebagai pengganti maupun tambahan. Jika kankernya sudah menyebar, maka pasien akan diberi kemoterapi.

Nah, itulah beberapa penyebab sensasi terbakar pada penis. Jika mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter!

Baca Juga: 4 Kelainan Penis dan Saluran Kemih Pria, Lihat Lebih Dekat!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya