Comscore Tracker

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baik

Perhatikan perubahan yang terjadi pada tubuhmu

AIDS disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). HIV yang masuk ke dalam tubuh akan menghancurkan sel CD4. Sel CD4 adalah bagian dari sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Jika jumlah CD4 sedikit maka akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Penularan HIV bisa melalui cairan darah, sperma, hubungan seks, berbagi jarum suntik dan transfusi darah.

Selain itu, HIV juga bisa menular dari ibu hamil ke janin yang sedang di kandungnya, proses melahirkan atau melalui air susu ibu saat proses menyusui. Tetapi apakah kalian sudah mengetahui dengan baik dan benar apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan apabila seseorang terjangkit virus HIV? Yuk, simak ulasan gejala penyakit HIV berikut!

1. Berat badan turun drastis dan tubuh semakin lemah

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikpopsugar.com

Ciri seseorang terkena virus HIV/AIDS yang paling mencolok adalah mengalami penurunan berat badan yang drastis, tanpa diketahui penyebabnya. Tubuh penderita HIV/AIDS akan hilang sekitar 10 persen dari bobot awal tubuhnya.

Penurunan berat badan ini diiringi dengan penurunan sistem imun tubuh, yang semakin lama semakin lemah. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, akan semakin memperburuk kondisi tubuh si penderita.

2. Berkeringat di malam hari

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikzliving.com

Sebuah penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode survei menunjukkan bahwa 50 persen dari penderita HIV selalu berkeringat pada malam hari. Para penderita akan mengeluarkan keringat, meski tidak melakukan aktivitas apapun. Saat berada di ruangan yang ber-AC sekalipun, mereka akan tetap berkeringat.

3. Bentuk dan warna kuku berubah

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikadc.bmj..com

Ini merupakan ciri yang banyak tidak disadari oleh penderita HIV. Ketika virus HIV menyerang, kuku akan mengalami perubahan warna dan bentuk.

Kuku para penderita HIV akan berubah teksturnya menjadi lebih tebal dan melengkung bila dibandingkan dengan kuku orang yang bebas dari virus HIV. Tidak hanya itu, kuku para penderita HV berubah warna menjadi biru keunguan atau hitam.

Baca Juga: Tenang, Ibu dengan HIV Positif Bisa Lahirkan Anak yang "Bebas" Virus

4. Demam dan flu yang berlangsung lama

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikromania-insider.com

Gejala awal yang ditunjukkan penderita ketika seseorang terserang virus HIV adalah akan mengalami flu dan demam. Flu dan demam ini akan berlangsung cukup lama hingga berhari-hari, meski sudah dilakukan pengobatan. Flu dan demam yang diakibatkan oleh virus HIV akan berlangsung selama sepekan hingga sebulan.

5. Mengalami nyeri otot, persendian dan kelenjar getah bening

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikeverydayhealth.com

Nyeri yang dirasakan pada otot, persendian dan kelenjar getah bening bisa dijadikan penanda awal seseorang menderita HIV/AIDS. Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang berfungsi untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan besar kemungkinan akan mengalami peradangan saat terjadi infeksi. Jika terjadi infeksi maka pada bagian ketiak, pangkal paha dan leher pasti akan terasa sangat nyeri.

6. Tubuh selalu merasa lelah

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikbusinessingmag.com

Selain akan mengalami flu dan demam, penderita HIV/AIDS akan merasakan kelelahan yang berlebih, mirip dengan rasa tidak enak badan yang dirasakan saat flu dan demam. Rasa lelah yang timbul akan membuat penderita selalu ingin berbaring di tempat tidur dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun. Keinginan selalu beristirahat adalah respons tubuh yang sedang melawan virus yang masuk. 

7. Infeksi jamur di mulut atau tenggorokan

7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS, Semakin Awal Disadari Makin Baikwikihomenutrition.com

Oral thrush adalah suatu kondisi di mana jamur Candida albicans terakumulasi pada lapisan mulut. Oral thrush menyebabkan lesi berwarna putih atau krem, biasanya terlihat di lidah atau di pipi bagian dalam. Kondisi ini bisa terjadi ketika kondisi tubuh sedang lemah seperti sedang terserang virus HIV.

Jika ini terjadi, tak jarang penderita akan lebih rentan terhadap infeksi oportunistik di mana tubuh menjadi tidak mampu untuk melakukan penolakan. Serangan berulang dari oral thrush menjadi salah satu pertanda seseorang terjangkit virus HIV.

IDN Times sempat menghubungi Acep Gates, sebagai salah satu dari survivor HIV yang memotivasi generasi muda untuk lebih awas terhadap virus dan penyakit ini. Acep Gates berbagi tentang gejala yang sempat dirinya alami, yang kemudian diketahui sebagai gejala HIV. Ia membagikannya melalui video berikut:

https://www.youtube.com/embed/zrjdppiwycc

Jika tanda-tanda gejala penyakit HIV di atas muncul dan dirasakan oleh tubuhmu maka pergilah ke dokter untuk segera mendapatkan pengobatan. Jangan dibiarkan begitu saja, ya!

Baca Juga: Ini 7 Penyebab HIV/AIDS yang Perlu Kamu Waspadai, Jangan Anggap Remeh!

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto
  • Septi Riyani

Just For You