Comscore Tracker

5 Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Ejakulasi Dini, Coba Yuk!

Perempuan bahkan bisa terangsang lihat pasangannya olahraga

Ejakulasi dini adalah kondisi saat seorang laki-laki tak mampu mengontrol keluarnya air mani saat melakukan aktivitas seksual dengan stimulasi minimum. Kondisi ini bisa terjadi sejak memulai hubungan seksual atau setelah melakukannya selama beberapa kali.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada 31.000 partisipan laki-laki, mereka yang aktif berolahraga memiliki risiko disfungsi ereksi 30 persen lebih rendah ketimbang laki-laki yang tidak pernah berolahraga.

Selain itu, sebuah studi dari IU School of Medicine and Center for Sexual Health Promotion juga menemukan bahwa perempuan senang melihat pasangannya merawat tubuhnya dengan cara olahraga. Bahkan, hanya dengan melihat pasangannya itu berolahraga, perempuan bisa terangsang, lho!

Berikut ini adalah olahraga yang dapat mencegah dan mengatasi ejakulasi dini, sekaligus meningkatkan performa seks.

1. Kegel

5 Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Ejakulasi Dini, Coba Yuk!pixabay

Latihan atau senam Kegel adalah aktivitas olahraga terbaik untuk meningkatkan performa seksual. Beberapa studi ilmiah telah membuktikan bahwa Kegel dapat menjadi solusi terbaik bagi banyak pria yang ingin lebih tahan lama di ranjang.

Salah satunya adalah sebuah penelitian yang menguji efektivitas latihan tersebut pada ejakulasi dini, yang diterbitkan dalam jurnal Therapeutic Advances in Urology tahun 2014. Lewat studi tersebut, ditemukan bahwa sebanyak 82,5 persen lelaki yang berpartisipasi melaporkan peningkatan stamina seksual.

Gampang banget, kok, untuk melakukan Kegel. Bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kamu disarankan untuk mempraktikkannya sebanyak 3 set, 30 kali repetisi, selama 3-4 kali seminggu. Yang perlu dilakukan adalah menekan otot yang digunakan untuk menghentikan aliran urine dan tahan kontraksi selama 1-2 detik. 

Dalam posisi tersebut, usahakan untuk menahan otot panggul, bukan otot paha atau pinggul.

Baca Juga: Senam Kegel untuk Seks yang Luar Biasa, Jarang Diketahui Orang Awam

2. Barbell hip thrusts

5 Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Ejakulasi Dini, Coba Yuk!stack.com

Melansir Men's Health, dorongan pinggul bisa meningkatkan fleksibilitas panggul. Hal ini akan memberikan gairah seksual serta kekuatan otot ketika melakukan hubungan intim bersama pasangan.

Melakukan posisi barbell hip thrusts dapat membantu mengatasi ejakulasi dini dengan 3 set dan 10 kali repetisi, masing-masing selama 13 detik untuk hasil yang maksimal.

Olahraga ini sangat mudah. Coba berbaring dengan punggung bagian atas diletakkan di atas bangku dan kaki di depan menapak di lantai. Letakkan barbel di lipatan pinggul dan angkat pinggul hingga tubuh membentuk garis lurus dari bahu hingga lutut. Tahan beberapa hitungan lalu kembali perlahan ke posisi awal.

3. Plank

5 Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Ejakulasi Dini, Coba Yuk!pexels.com/Andrea Piacquadio

Gerakan ini mirip dengan push-up, hanya saja pada plank, siku ditekuk hingga tangan dan lengan membentuk huruf "L". Adapun posisi kaki tetap sama seperti push-up, tetapi tanpa gerakan naik dan turun.

Melakukan plank secara rutin dapat menguatkan otot lengan atas, otot perut bagian atas, perut bagian samping, paha, dan pinggul. Otot-otot itulah yang memiliki peran untuk menjaga posisi tubuh saat berhubungan seks tetap stabil.

Yuk, sering-sering melakukan latihan ini!

4. Kettlebell swing

5 Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Ejakulasi Dini, Coba Yuk!unsplash.com/Taco Fleur

Bedasarkan penelitian dari Harvard Medical School, panggul yang kuat bisa meningkatkan kekuatan saat ereksi dan dapat membantu melancarkan aliran darah ke penis.

Gerakan kettlebell swing bisa membantu memperkuat rantai posterior dan daerah panggul, sehingga efeknya adalah ereksi bisa bertahan lebih dan menjadikanmu lebih aktif dalam berhubungan seks.

Dengan melakukan kettlebell swing sebanyak 3 set selama 10-15 kali repetisi, posisi ini juga dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu berdiri dengan kaki direntangkan lebih lebar dari bahu, lalu tekuk lutut untuk mengayunkan kettlebell dengan kedua tangan.

Kendalikan pinggul dan jaga agar punggung tetap tegap sembari mengayunkan beban hingga setinggi bahu.

5. Squat

5 Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Ejakulasi Dini, Coba Yuk!pixabay.com/alexceban

Squat juga merupakan latihan populer untuk meningkatkan kadar hormon testosteron pada laki-laki. Olahraga ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, sehingga akan membuat orgasme makin kuat.

Untuk melakukan latihan ini, mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar bahu. Mulai gerakan dengan menekuk lutut dan duduk dengan pinggul. Turunkan badan serendah mungkin dan dengan cepat lakukan gerakan kembali ke posisi awal.

Jaga posisi dengan kepala dan punggung tetap lurus saat bergerak. Lakukan sebanyak 3 set dan 10 kali repetisi untuk meningkatkan performa seksual.

Itulah berbagai olahraga yang bisa mencegah dan mengatasi ejakulasi dini. Lakukan secara rutin dan kombinasikan dengan gaya hidup sehat. Dijamin, performa seks akan makin memuaskan!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Performa Seks Pria Lemah, Kamu Harus Tahu!

Rizky Kusumo Photo Verified Writer Rizky Kusumo

Sedang menjajaki karir sebagai penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya