Comscore Tracker

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Dini

Karena tidak semuanya kamu pelajari di sekolah

Setiap wanita selalu punya pengalaman dengan keputihan. Namun, karena jarangnya pembahasan mengenai hal ini dilakukan, kebanyakan hanya tahu bahwa keputihan adalah hal yang normal.

Padahal, keputihan juga sangat penting sebagai informasi. Melalui cairan yang keluar dari organ kewanitaan ini, kamu jadi tahu sedang dalam periode siklus yang mana, risiko kesehatan yang mungkin sedang dialami, hingga jenis infeksi maupun penyakit menular seksual yang tengah diderita.

Oleh karena itu, penting untuk setiap wanita memahami lebih jauh terhadap kondisi yang pasti dialami ini. Tentunya, ada beberapa hal tentang keputihan berikut yang pasti belum pernah kamu tahu sebelumnya.

1. Alergi musiman dapat memengaruhi keputihan

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Dinibrunet.ca

Membran mukosa vagina merupakan tipe yang sama seperti yang ada di mata, tenggorokan, dan mulut. Oleh karena itu, saat kamu mengalami alergi musiman, bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan memengaruhi keputihanmu pula. Untuk mengatasinya, pertimbangkan mengonsumsi antihistamine atau konsultasikan dengan dokter.

2. Keputihan saat hamil adalah hal normal

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Dinimedicalnewstodaycom

Keputihan saat masa hamil merupakan hal yang normal karena banyaknya pengaruh hormon. Biasanya, keputihan yang keluar berwarna putih seperti susu, tidak kental, dan memiliki aroma yang samar. Jadi bila kamu mengalami situasi ini tanpa ada keluhan berarti lainnya, jangan terlalu risau bahwa kamu terkena infeksi atau sebagainya.

3. Estrogen ada di balik keputihan pada pertengahan awal siklusmu

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Diniexpectingscience.com

Pertengahan awal pada siklus menstruasi wanita didorong oleh hormon estrogen. Akibatnya, lendir serviks pun menjadi tidak kental, seperti putih telur, dan berserat. Adapun terjadinya kondisi ini disebabkan karena organ reproduksimu tengah mempersiapkan lingkungan untuk menerima sperma sehingga lebih mudah untuk mencapai telur nantinya.

Baca Juga: 9 Kesalahan Terbesar Wanita saat di Ranjang, Hubungan Seks Jadi Hambar

4. Progesteron ada di balik keputihan pada pertengahan kedua siklusmu

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Diniglamour.com

Setelah masa ovulasi hingga hari pertama menstruasi, progesteron adalah faktor yang menyebabkan keputihan menjadi lebih kental dan berwarna putih. Keputihan ini berfungsi untuk mencegah penetrasi lanjutan sehingga menekan risiko kehamilan.

5. Beberapa orang memang keputihan lebih banyak

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Diniubykotex.com

Kamu termasuk wanita yang selalu mengeluh dan membutuhkan pantyliners karena mengalami keputihan lebih banyak dan menganggap bahwa ada hal yang salah dengan ini? Kalau iya, kamu bisa berhenti terlalu khawatir mulai sekarang. Beberapa orang memang mengalami keputihan lebih banyak dan selama keputihan tidak menyebabkan rasa gatal atau mengeluarkan aroma tak sedap, kondisi ini hanyalah sekresi normal tubuh.

6. Pil KB dapat memengaruhi keputihan

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Diniavawomen.com

Kontrasepsi yang memengaruhi hormon seperti pil KB dapat menyebabkan keputihan menjadi lebih kental. Hal ini disebabkan karena pil tersebut membentuk lingkungan yang suit bagi sperma untuk menuju telur. Adapun penebalan konsistensi keputihan merupakan peniruan seperti progesteron yang dijelaskan sebelumnya.

7. Jangan mudah percaya kata pasangan

7 Hal tentang Keputihan yang Banyak Orang Belum Tahu, Kenali dari Dinibesthealthmag.ca

Banyak wanita yang mengeluhkan keputihan yang dialami sebagai infeksi karena pasangan mereka mengatakan demikian dan lendir yang dialami berlebihan dan berbau. Padahal, keluarnya lendir yang berfungsi sebagai lubrikasi dalam hubungan seks seorang wanita berbeda dengan wanita lainnya dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Adapun keputihan bukan tidak mungkin tidak mengeluarkan bau sama sekali, tetapi selama tidak berbau busuk atau menyengat, kamu tak perlu menganggapnya sebagai suatu masalah.

Menjaga kebersihan dan kesehatan vagina merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap wanita. Selain memperbanyak informasi dari ahli dan memiliki gaya hidup sehat, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan secara berkala terutama bagi kamu yang telah melakukan hubungan seksual. 

Baca Juga: 8 Latihan Terbaik bagi Wanita untuk Tingkatkan Kualitas Kehidupan Seks

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You