Comscore Tracker

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parker

Ada yang berbentuk robot bahkan babi lho!

"With great power comes great responsibility"

Kenal dengan quotes diatas? Ya, quotes legenda ini datang dari Paman Ben yaitu paman dari Peter Parker, si manusia laba-laba. Spider-Man yang kita kenal, baik dalam cerita komik maupun film, berasal dari Earth-616. Semesta ini memiliki setting cerita yang sering kita ketahui, Peter Parker yang tinggal bersama Paman Ben dan Bibi May, yang memiliki love interest dengan Mary Jane dan Gwen Stacy, terkena gigitan laba-laba radioaktif percobaan laboratorium, dan menjadi superhero yang kita cintai. Namun, apa kalian tahu bahwa selain Peter Parker ada sosok lain yang menjadi Spider-Man dan berasal dari alam semesta lain lho!

1. Pavitr Prabhakar (Spider-Man: India)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkercomixology.com

Dalam semesta Earth-50101, Pavitr Prabhakar menjadi sosok Spider-Man. Pavitr Prabhakar pada dasarnya memiliki kisah yang sama dengan Peter Parker. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kisah Pavitr terjadi di India. Pavitr tinggal bersama Bibi Maya dan Paman Bhim dan jatuh cinta dengan Meera Jain. Namun, bukannya digigit laba-laba radioaktif, Pavitr mendapatkan kemampuan laba-laba dari seorang yogi kuno yang memberinya kemampuan untuk melawan kejahatan di dunianya.

Petualangan Pavitr melawan penjahat yang sangat mirip dengan penjahat Spider-Man yang kita kenal, tetapi dengan masalah yang terkait dengan budaya India. Yang paling menonjol dari musuh-musuhnya adalah Nalin Oberoi, versi pengganti Norman Osborn yang menggunakan jimat untuk memanggil iblis, yang memiliki Nalin untuk menjadi penjahat yang mirip Goblin.

2. Peter Porker (Spider-Ham)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkercomicvine.gamespot.com

Peter Porker adalah versi Peter Parker di alam semesta alternatif yaitu Earth-8311, dimana secara harfiah setiap superhero dan orang dari alam semesta yang kita kenal sebenarnya adalah sejenis binatang, termasuk Croctor Strange, sosok alternatif dari Doctor Strange, Captain Americat, Iron Mouse, dan lain-lain.

Sama seperti banyak alternatif Spider-Man lainnya, Spider-Ham memiliki kemampuan yang relatif mirip dengan Spider-Man yang kita tahu, termasuk kekuatan super, web-slinging, dan kemampuan menempel di dinding. Satu-satunya kelemahannya adalah bahwa Spider-Ham ini adalah babi, yang terbukti bermasalah ketika dia harus melawan musuh berukuran normal dari alam semesta yang berbeda.

3. Peni Parker (SP//DR)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkeremertainmentmonthly.com

Peni Parker pada dasarnya adalah versi alam semesta alternatif Peter Parker dari Jepang, yaitu pada semesta TRN451, sering digambar dengan gaya manga. Latar belakangnya paling membedakan dari yang asli Spider-Man, saat ia bekerja sama dengan laba-laba radioaktif bernama SP//DR yang mengendalikan robot raksasa. Sementara Peni sendiri tidak memiliki kekuatan, SP//DR membuatnya menjadi salah satu anggota terkuat dari Spider-Verse.

Suit armor yang dimiliki SP//DR sangat kuat. Seperti banyak robot manga lainnya, setelan SP//DR pada dasarnya dilengkapi dengan semua jenis senjata yang dibutuhkan plot, dengan pertahanan yang tampaknya tidak terbatas. SP//DR ini mengingatkan kita pada film Pacific Rim, dimana karakter utama berada di dalam robot dan mengendalikan robot tersebut.

4. Billy Braddock (Spider-UK)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkercomicvine.gamespot.com

Billy Braddock adalah versi Spider-Man yang berlokasi di Inggris pada alam semesta alternatif yaitu pada Earth-833. Namun ini tidak berarti bahwa dia merupakan satu-satunya Spider-Man di alam semesta ini. Billy sebenarnya berlatih di bawah Captain Britain, superhero yang memiliki kekuatan mirip dengan Captain America di alam semesta ini sebelum dia menemukan bahwa dia memiliki kemampuan yang mirip dengan Spider-Man yang berlokasi di New York. Dia segera menciptakan kepribadian yang serupa, tetapi dengan sentuhan Inggris. 

Billy Braddock persis seperti Peter Parker, kecuali Braddock adalah orang Inggris, anggota Captain Britain Corps, berambut pirang, dan seorang punk rocker. Bisa digambarkan kekuatan Spider-UK ini gabungan antara Spider-Man dan Captain America, namun tidak seperti Spider-Man lainnya, ia tidak memiliki kekuatan spider-sense.

Baca Juga: 6 Aktor Ini Hampir Memerankan Superhero Spider-Man, Siapa Saja Ya?

5. Miguel O’Hara (Spider-Man 2099)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkercomicvine.gamespot.com

Di masa depan yang jauh dari 2099 di alam semesta alternatif lain yaitu Earth-928, Miguel O'Hara yang merupakan seorang bio-engineer, mengambil titel Spider-Man setelah DNA-nya secara biologis dicampur dengan laba-laba, tetapi tidak dengan cara radioaktif seperti yang telah dialami oleh kebanyakan Spider-Man sebelumnya. Kemampuannya tampaknya sebanding dengan kemampuan Peter Parker, tetapi ia juga memiliki sejumlah kekuatan yang bahkan tidak dimiliki Peter.

Satu kekuatan unik yang ia miliki adalah telepati, karena ia mampu mengirim pesan ke pikiran orang lain sesuka hati. Apa yang benar-benar membuat Spider-Man 2099 sangat menonjol, adalah teknologi yang dimilikinya, dari perangkat perjalanan waktu hingga pakaiannya yang dibangun menggunakan molekul tidak stabil agar lebih sesuai dengan kekuatannya.

6. Gwen Stacy (Spider-Gwen)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkeremertainmentmonthly.com

Spider-Gwen menjadi salah satu Spider-Man alternatif yang terkenal dalam beberapa tahun terakhir, datang dari alam semesta Earth-65, tempat Gwen Stacy digigit laba-laba dan Peter Parker malah malah kehilangan nyawanya. Pada alam semesta ini, Peter Parker terkena dampak percobaan lab dan menjadi sosok jahat yaitu The Lizard. Ironisnya, Peter Parker di semesta ini tewas setelah bertarung melawan wanita yang ia cintai yaitu Gwen Stacy yang menjadi sosok Spider-Gwen.

Yang membuat Gwen lebih ''jago'' daripada Peter Parker yang kita kenal adalah aksesnya ke peralatan polisi. Ayahnya, Kapten Polisi George Stacy, masih hidup di alam semesta ini, yang berarti bahwa ia memiliki akses langsung ke peralatan dan informasi kepolisian yang dapat ia manfaatkan dalam memerangi kejahatan sehari-hari.

7. Miles Morales (Ultimate Spider-Man)

7 Spider-Man dari Universe Lain, Gak Cuma Peter Parkerdenofgeek.com

Miles Morales telah menjadi sorotan baru-baru ini, menjadi karakter utama dalam film Spider-Man: Into the Spider-Verse. Meskipun ia merupakan Spider-Man di dunia alternatif, yaitu berasal dari Earth-1610, kemampuannya sebenarnya melebihi kemampuan Peter Parker yang kita kenal. 

Pertama, Miles bisa membuat dirinya praktis tidak terlihat menggunakan Spider-Kamuflase. Kedua, ia dapat mengirimkan muatan listrik ke orang-orang yang disentuhnya, dan bahkan dapat menjalankan muatan listrik melalui web-shooternya untuk menyetrum orang-orang pada jarak jauh melalui jaringnya. 

Selain itu, Miles Morales memiliki sidekicknya sendiri, serangkaian masalah, cerita dan motivasi tersendiri, dan yang paling penting, Peter Parker sendiri memainkan peran sebagai "Paman Ben" untuk Miles. Jadi, ia mengajarkan dan membimbing, serta memberi tanggung jawab dari ajaran Paman Ben kepada Miles melalui Peter, dan itu cukup keren. Dalam semesta ini, Miles Morales mengambil tanggung jawab sebagai Spider-Man setelah Peter Parker tewas dalam pertarungan. Seperti Peter, ia juga terkena gigitan laba-laba radioaktif.

Sudah tahu kan sosok Spider-Man selain Peter Parker? Yang mana Spider-Man favoritmu? Kalian bisa menonton film Spider-Man: Into the Spider-Verse jika ingin melihat Spider-Man dari alam semesta lainnya!

Baca Juga: 6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!

Albin Sayyid Agnar Caesar Purwanto Photo Community Writer Albin Sayyid Agnar Caesar Purwanto

rebahan enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You