Comscore Tracker

7 Anime Horor Terbaik di Era 2010-an, Ada Anime Favoritmu?

Seru dan menegangkan! #IDNTimesHype

Horor adalah salah satu genre anime yang cukup diminati. Meskipun tidak selalu mengandalkan hantu sebagai objek untuk menakut-nakuti, anime selalu memiliki cara untuk membuat penontonnya untuk merasakan sensasi ketakutan dan ketegangan melalui adegan-adegan di dalamnya.

Selama era 2010-an berlangsung, ada banyak anime horor populer yang menghiasi industri animasi Jepang ini. Dimulai dari The Promised Neverland hingga Danganronpa, berikut ini adalah lima anime horor terbaik di era 2010-an. Simak ulasan berikut.

1. The Promised Neverland (2019)

https://www.youtube.com/embed/ApLudqucq-s

Meskipun sudah 2 tahun berlalu sejak seri ini dirilis, The Promised Neverland masih menjadi anime horor yang sangat digandrungi hingga saat ini. Anime ini menceritakan tentang anak-anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan Grace Field House.

Meskipun harus hidup tanpa kasih sayang kedua orangtua, anak-anak di panti asuhan ini hidup bahagia dengan pengasuh mereka yang dikenal dengan Mama. Hanya saja, panti asuhan ini menyimpan misteri karena setiap anak yang diadopsi selalu menghilang begitu saja dan tidak pernah terdengar lagi kabarnya.

Hingga suatu hari, Ray, Norman, dan Emma menemukan fakta yang mengejutkan bahwa anak yang pergi tidak pernah diadopsi, melainkan dijadikan persembahan kepada iblis.

2. Parasyte -the maxim- (2014)

https://www.youtube.com/embed/dT1TA-KANac

Jika kamu adalah penggemar film atau seri horor yang mengangkat tema tentang alien, Parasyte -the maxim- adalah anime yang wajib kamu tonton. Anime ini menceritakan tentang dunia yang diserang oleh alien parasit. Alien parasit ini sering mengambil alih tubuh manusia untuk bertahan hidup.

Anime ini berfokus pada seorang pelajar bernama Shinichi Izumi yang menjadi salah satu korban dari alien parasit tersebut. Namun, beruntungnya, alien yang menyerang Shinichi gagal mengambil alih tubuh Shinichi dan hanya berhasil menguasai salah satu tangan Shinichi saja.

Tak memiliki pilihan lain, Shinichi dan alien yang ia beri nama Migi tersebut pun harus berdamai dan bekerja sama untuk mengalahkan alien parasit jahat.

3. DEVILMAN Crybaby (2018)

https://www.youtube.com/embed/ww06yGPM7Kc

DEVILMAN Crybaby adalah remake dari anime klasik berjudul Devilman yang dirilis pada 1972. Diproduseri oleh Netflix, DEVILMAN Crybaby sempat menjadi anime horor terpopuler di 2018 lalu. Anime ini berfokus pada Akira Fudou yang secara tidak sengaja menjadi wadah dari iblis Amon.

Dengan kekuatan iblis di tangannya, Akira dan teman masa kecilnya, Ryou Asuka, harus menghancurkan siapa saja yang dapat mengancam keselamatan umat manusia, terutama orang-orang yang mereka sayangi.

Baca Juga: 5 Karakter Penjahat Terkuat yang Pernah Ada dalam Anime Shojo

4. Tokyo Ghoul (2014)

https://www.youtube.com/embed/ETHpMMV8rJU

Seri anime Tokyo Ghoul sering kali mendapatkan kritikan dari penggemar karena cerita seri yang terlalu menyimpang dari manga. Seri anime ini pun terasa seperti seri baru yang berbeda dengan sumber aslinya. Meskipun begitu, anime Tokyo Ghoul tetap diakui sebagai salah satu anime horor terbaik di era 2010-an.

Anime ini mengikuti seorang kutu buku bernama Ken Kaneki, yang diubah menjadi manusia setengah Ghoul setelah mengalami kecelakaan. Ghoul sendiri adalah makhluk kanibal yang hanya memakan daging manusia. Untuk bertahan hidup, mau tak mau, Kaneki harus beradaptasi di dunia baru yang mengerikan.

5. Shiki (2010)

https://www.youtube.com/embed/xL-xBUx6Qzs

Diadaptasi dari novel horor karya Fuyumi Ono, Shiki adalah salah satu anime horor yang cukup populer di tahun 2010. Mengangkat tema tentang vampir, anime ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan hal-hal yang berbau dengan vampir.

Anime ini menceritakan tentang manusia yang harus bertahan hidup di dunia yang sudah dipenuhi oleh vampir jahat yang dikenal dengan Shiki. Mengerikannya lagi, tidak ada cara untuk membedakan antara vampir dan manusia. Seorang dokter, Toshio Ozaki, dan seorang pemuda, Natsuno Yuuki, harus bekerja sama untuk memecahkan misteri di balik kekacauan tersebut.

6. Another (2012)

https://www.youtube.com/embed/_U_57mzfjB4

Dengan penutup mata yang khas, salah satu karakter utama dalam seri ini, Mei Misaki, pernah menjadi karakter anime horor yang ikonik pada era 2010-an. Anime yang dirilis pada 2012 ini menceritakan tentang Kouchi Sakakibara yang baru saja pindah ke SMP Yomiyama Utara.

Di sana, Kouchi menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan sekolah tersebut, terutama pada kelas 3-3. Bersama Mei Misaki, Kouchi pun berusaha untuk memecahkan misteri tentang kematian seorang murid di sekolah tersebut yang terjadi pada 1972.

7. Danganronpa (2013)

https://www.youtube.com/embed/Q01jVOI0d4w

Danganronpa adalah salah satu dari sedikit anime yang diadaptasi dari video game. Anime ini mengangkat tema tentang permainan survival. Adapun, setiap pesertanya diharuskan untuk membunuh satu sama lain.

Dirilis pada 2013, anime ini menceritakan tentang sekumpulan murid Hope's Peak Academy yang tiba-tiba terjebak dalam gedung sekolah. Secara misterius, sebuah boneka beruang yang mengaku sebagai Monokuma muncul dan memaksa murid-murid tersebut untuk memainkan sebuah permainan kematian.

Itulah tujuh anime horor terbaik di era 2010-an. Selain ketujuh anime di atas, anime horor keren apa lagi yang dirilis pada era 2010-an?

Baca Juga: 5 Karakter Anime Paling Populer di Tahun 2020, Ada Jagoanmu?

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

死ぬ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya