Comscore Tracker

7 Film Mengenai Hidup di Alam Liar yang Jauh dari Modern

Banyak yang berasal dari kisah nyata

Hidup di alam liar memang tidak mudah apalagi dengan berbagai kemodernan yang memudahkan segalanya. Mengulik mengenai kehidupan di alam liar terdapat beberapa film yang bertema kehidupan alam liar yang memberikan cerita drama dan petualangan yang seru banget. 

Buat kalian yang penasaran dengan ceritanya. Maka kalian harus menyimak beberapa film-film bertema alam liar berikut ini. 

1. Into the Wild (2007)

https://www.youtube.com/embed/g7ArZ7VD-QQ

Into the Wild merupakan film yang sudah dirilis 21 September 2007 yang mengisahkan biografi dari Christopher McCandless. Selain itu kisahnya sebelumnya diangkat dalam buku nonfiksi karya Jon Krakauer yang sudah rilis tahun 1996.

Film ini juga memenangkan nominasi Best Original Song dalam Academy Awards ke 65, serta masuk dalam memenangkan penghargaan bergengsi lainnya. 

Kisah dalam film ini tentang seorang lulusan terbaik sekaligus atlet di Emory University, bernama Christopher McCandless. Namun ia justru memilih untuk pergi ke alam liar di Alaska dan menyumbangkan seluruh tabungannya sebesar 24.000 dollar AS untuk amal. 

2. The Way (2010)

https://www.youtube.com/embed/3qngwikD43o

The Way adalah film drama yang berkisah tentang seorang dokter asal AS yang pergi ke  St. Jean Pied de Port, Perancis untuk mengenang anaknya yang tewas saat mengikuti perjalanan Camino de Santiago.

Ketika berada dalam perjalanan ia bertemu dengan berbagai orang lainnya yang juga mengenang anggota keluarganya dan menilik arti hidup yang sebenarnya. 

Film drama ini sudah dirilis pada 19 November 2010 yang dibintangi oleh aktor terkenal asal AS, Martin Sheen dan Emilio Estevez. 

3. Tracks (2013)

https://www.youtube.com/embed/6-DiOyxCQQI

Selanjutnya terdapat film Tracks yang sudah ditayangkan sejak 6 Maret 2014, namun sempat masuk dalam berbagai ajang festival film di tahun 2013. Film ini diadaptasi dari memoir perjalanan dari Robyn Davidson yang berjudul sama. 

Kisah dari film ini tentang Robyn Davidson muda yang melakukan perjalanan dari Alice Spring hingga ke pantai Samudera Hindia di sebelah barat Australia, dengan menyusuri area gurun. Selain itu ia hanya ditemani oleh empat ekor unta dan seekor anjing dalam perjalanannya lebih dari 1700 mil. 

Baca Juga: Haru Banget, 6 Film Survival tentang Perjuangan Hidup Anak Kecil

4. Wild (2014)

https://www.youtube.com/embed/tn2-GSqPyl0

Masih mengenai film biografi, berikut ada film berjudul Wild yang mengisahkan biografi dari penulis asal AS, Cheryl Strayed. Perjalanannya ini juga sudah ditulis dalam memoirnya yang berjudul Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail, yang diterbitkan tahun 2012 dan menjadi peringkat pertama buku terlaris dalam The New York Times Best Seller.

Film yang sudah dirilis 3 Desember 2014 ini memberikan kisah perjalanan Cheryl Strayed untuk menyusuri Pacific Crest Trail. Mulai dari Gurun Mojave di perbatasan AS-Meksiko hingga ke Bridge of Gods di Negara Bagian Washington, AS. Film ini juga mampu masuk dalam nominasi Academy Awards, meskipun tidak berhasil meraih penghargaan.

5. A Walk in the Woods (2015)

https://www.youtube.com/embed/1NjYUr1k8rA

Kemudian terdapat film A Walk in the Woods yang mengisahkan biografi Bill Bryson, sesuai dengan memoirnya yang berjudul sama rilisan tahun 1998. Film ini berkisah mengenai Bill Bryson yang telah tinggal lama di Inggris dan memutuskan untuk kembali ke AS dan melakukan perjalanan mendaki Appalachian Trail bersama dengan temannya. 

Film ini sudah resmi dirilis pada 2 September 2015 dan sempat masuk dalam Sundance Film Festival pada 23 Januari 2015. Selain itu film petualangan komedi ini mendapatkan review positif maupun negatif. 

6. Captain Fantastic (2016)

https://www.youtube.com/embed/DHJuC8U8CHU

Film yang juga tak kalah menarik adalah Captain Fantastic yang sudah ditayangkan sejak 29 Juli 2016. Film ini mampu meraih beberapa penghargaan bergengsi dan masuk dalam nominasi pada berbagai ajang penghargaan tersebut, seperti Best Actor dalam Academy Awards yang ditujukan pada Viggo Mortensen. 

Sedangkan kisah yang diangkat tentang sebuah keluarga dengan enam orang anak, yang mana ayahnya yang sebelumnya merupakan politikus sayap kiri, memutuskan untuk hidup di alam liar dan mendidik anak-anaknya jauh dari teknologi dan kemodernan. 

7. Hunt for the Wilderpeople (2016)

https://www.youtube.com/embed/dPaU4Gymt3E

Film Hunt for the Wilderpeople yang bercerita mengenai seorang anak nakal bernama Ricky yang diasuh oleh Bella and Hector, pasangan yang tinggal di pedesaan Selandia Baru. Kemudian usai meninggalnya Bella, berarti Hector harus mengasuh Ricky sendirian, serta di sisi lain Ricky juga menolak untuk kembali ke panti asuhan.

Sehingga keduanya memutuskan untuk lari ke hutan dan tinggal di sana dari kejaran para aparat. Film bergenre komedi petualangan ini sudah diluncurkan sejak 31 Maret 2016 dan sempat premier dalam acara Sundance Film Festival tahun 2016.

Film ini dibintangi oleh aktor Sam Neill dan Julian Dennison serta berhasil mendapatkan review positif di IMDb maupun Rotten Tomattoes. 

Nah itu dia beberapa film yang mengisahkan kehidupan di alam liar dengan petualangan seru pastinya. Kira-kira mana nih yang mau kalian tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: 5 Film Sci-Fi yang Bisa Bikin Belajar tentang Skill Survival

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya