Comscore Tracker

5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskan

Aduh, jadi ikut berdebar #IDNTimesHype

Studio Ghibli dikenal kerap menghasilkan film yang ramah keluarga. Walaupun petualangan magis dan nilai-nilai persahabatan kerap menjadi fokus plot cerita, selalu ada pasangan-pasangan romantis yang menarik perhatian penonton. Pasangan-pasangan ini memiliki kisah cinta yang sederhana, namun justru keserhanaan itulah yang membuat penonton merasa baper bercampur gemas. 

Berikut ini adalah lima kisah cinta di film-film Ghibli yang bikin baper banget dan terasa menggemaskan.

1. Jiro dan Naoko (The Wind Rises)

5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskanghibli.jp

Seumur hidupnya, Jiro selalu bermimpi menjadi desainer pesawat tempur. Suatu hari dalam perjalanan kereta menuju Tokyo, Jiro menolong seorang gadis cantik bernama Naoko dan pembantunya. Jiro sukses mengantarkan keduanya dengan aman tiba di rumah terlepas dari adanya gempa besar Kanto.

Setelah kejadian itu, Jiro dan Naoko tidak pernah berjumpa lagi walaupun keduanya sama-sama sudah saling menyukai. Mereka akhirnya dipertemukan kembali ketika tidak sengaja menginap di hotel yang sama. Keduanya berkenalan kembali dan mulai menjalin hubungan dekat dengan cepat.

Sayangnya, terungkaplah bahwa Naoko sebenarnya mengidap tuberculosis dan penyakitnya sudah cukup parah. Namun, Jiro tak berhenti mencintai gadis tersebut. Merasa sudah tidak punya banyak waktu, keduanya pun memutuskan untuk menikah dan menikmati waktu yang tersisa sebaik mungkin. 

Judul film The Wind Rises sangat cocok menggambarkan cerita film karena kisah cinta Jiro dan Naoko dimulai ketika ada angin berhembus yang menerbangkan topi Naoko dan Jiro yang menemukannya. Ini juga berhubungan dengan impian Jiro menjadi desainer pesawat yang akan diterbangkan menembus angin. 

2. Seiji dan Shizuku (Whisper of the Heart)

5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskanghibli.jp

Jika membicarakan film romance Ghibli, Whisper of the Heart (1995) pastilah akan langsung terlintas dalam benak para penggemar. 

Cerita dalam film berfokus pada Shizuku, gadis remaja yang sangat suka menulis. Suatu hari, ia bertemu dengan anak laki-laki bernama Seiji yang entah mengapa sangat suka menjailinya. Beberapa pertemuan yang tak disengaja membuat Shizuku dan Seiji mulai menjadi dekat.

Shizuku menyadari bahwa Seiji adalah seorang pembuat biola yang bercita-cita untuk bersekolah ke Italia agar bisa menjadi pembuat biola terbaik. Semangat Seiji dalam meraih cita-citanya membuat Shizuku merasa kagum. Dirinya yang diam-diam sudah menyukai Seiji akhirnya mengambil langkah berani dengan akan mengejar mimpinya juga, yaitu menjadi penulis.

Whisper of the Heart tidak hanya membahas kisah cinta masa muda, namun juga ada kisah persahabatan dan perjuangan meraih mimpi yang tak kalah keren. Film ini adalah salah satu film Ghibli yang sangat recommended untuk kamu saksikan. 

Baca Juga: Berkelas! 5 Film Studio Ghibli Terbaik versi Rotten Tomatoes

3. Sophie dan Howl (Howl's Moving Castle)

5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskanghibli.jp

Sophie adalah gadis cantik yang sehari-harinya bekerja sebagai pembuat topi. Suatu hari, ia dikutuk oleh penyihir jahat hingga rupanya berubah menjadi seperti nenek-nenek. Ia kemudian kabur dari rumah dan pergi ke rumah penyihir tampan bernama Howl, dengan harapan Howl bisa menghilangkan sihir yang menjeratnya.

Sayangnya, walaupun Howl sudah menghilangkan sihir tersebut, wujud Sophie tidak kembali seperti semula. Sophie akhirnya memutuskan untuk menjadi pembantu rumah tangga Howl. Menghabiskan banyak waktu dan petualangan bersama membuat Sophie dan Howl pun mulai saling menyukai. 

Kisah cinta Howl dan Sophie adalah salah satu kisah yang paling digemari para fans Ghibli. Kisah cinta yang manis dan tak berlebihan berhasil membuat penonton baper dan mulai berandai-andai memiliki perjalanan cinta yang tak kalah romantis. Apa kamu salah satu sosok yang baper?

4. Shun dan Umi (From Up on Poppy Hill)

5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskanghibli.jp

Sebagai peringatan untuk ayahnya, setiap pagi Umi selalu mengibarkan tiga bendera di depan rumahnya. Ternyata aksinya ini menarik perhatian seorang anak lelaki populer di sekolahnya yang bernama Shun. Shun menuliskan puisi mengenai Umi yang akhirnya diterbitkan di koran sekolah. Puisi inilah yang kemudian mempertemukan mereka. 

Seiring waktu, keduanya jadi semakin sering menghabiskan waktu bersama dan mulai menyukai satu sama lain. Sayangnya, Shun yang selama ini dirawat oleh ayah angkatanya mendapatkan kabar bahwa dirinya dan Umi memiliki ayah kandung yang sama.

Berita mengerikan ini dengan cepat mengubah hubungan Shun dan Umi menjadi kaku dan canggung, walaupun jauh di lubuk hati mereka sebenarnya masih saling menyukai satu sama lain.

Umi tidak mau menyerah akan cintanya. Ia bertanya ke banyak pihak dan mencari informasi ke berbagai tempat hingga berhasil menemukan bukti bahwa ia dan Shun benar-benar bersaudara. Ia melakukan ini untuk membuktikan bahwa kabar yang didapatkan Shun tidak benar. Bagaimanakah akhir dari kisah cinta dua sejoli ini?

5. San dan Ashitaka (Princess Mononoke)

5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskanghibli.jp

Walaupun memiliki embel-embel "Princess" di judulnya, kisah Princess Mononoke (1997) sangatlah berbeda dengan kisah putri kebanyakan. 

Dikisahkan Ashitaka adalah seorang pangeran yang terkena kutukan yang sangat hebat. Ia melakukan perjalanan ke tempat-tempat jauh agar bisa menemukan cara untuk menyembuhkan dirinya dari kutukan ini. Perjalanan Ashitaka akhirnya membawanya tiba di sebuah desa yang dipimpin Lady Eboshi. Kondisi desa ini tidak terlalu baik karena sedang bersitegang dengan para penghuni hutan.

Ashitaka kemudian berjumpa dengan San, gadis yang selama ini diasuh oleh para serigala. San membenci penghuni desa karena dianggap mengancam keberadaan hutan dan seisinya. Di awal pertemuan mereka, San nyaris saja membunuh Ashitaka yang tak sadarkan diri, namun ia membatalkan niatnya dan berbalik menolongnya.

Ashitaka yang mulai menyadari kenyataan di balik konflik itu akhirnya memutuskan untuk menolong San dan penghuni hutan. Kebersamaan mereka dan sikap Ashitaka yang begitu baik dan berani membuat San akhirnya luluh. Bersama-sama mereka pun berjuang untuk menyelamatkan hutan.

Nah, itulah lima kisah cinta yang ada di dalam film-film Ghibli. Bagaimana menurutmu? Apa kamu merasa baper dan gemas dengan kisah-kisah ini? Jika iya, segera saksikan filmnya saja, ya. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli yang Wajib Kamu Tonton

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya