Comscore Tracker

Kuasai Kegelapan, Ben Barnes Ungkap 5 Fakta Seru di Shadow and Bone

[EKSLUSIF] Ben Barnes jadi The Darkling di Shadow and Bone

Shadow and Bone akan jadi serial terbaru Netflix yang diangkat dari novel laris. Serial fantasi ini diperankan oleh aktor kawakan Ben Barnes, dan sederet aktor muda berbakat lain seperti Jessie Mei Li, Freddy Carter, Amita Suman, Kit Young, dan Archie Renaux.

IDN Times mendapat kesempatan wawancara dengan Ben Barnes pemeran Jendral Kirigan alias The Darkling, salah satu tokoh utama di serial fantasi Shadow and Bone. Yuk tengok 5 fakta seru yang di-spill aktor gagah ini.

1. Penasaran dengan sosok The Darkling yang misterius, Ben Barnes setuju bermain di Shadow and Bone

Kuasai Kegelapan, Ben Barnes Ungkap 5 Fakta Seru di Shadow and BoneCourtesy of Netflix

Shadow and Bone bersetting di sebuah dunia ajaib yang terkoyak oleh perang. The Fold, fenomena mengerikan yang penuh kegelapan juga telah bertahun-tahun mengancam para umat manusia. 

Dalam serial Netflix Shadow and Bone, aktor kelahiran 1981 ini didapuk memerankan tokoh Jenderal Kirigan alias The Darkling. Ia merupakan salah satu tokoh utama, seorang Grisha yang punya kekuatan sangat besar dan misterius dalam mengontrol kegelapan.

Kepada IDN Times, Ben Barnes mengungkap bahwa dirinya begitu penasaran dengan karakter yang tampak unik dan misterius dari luar ini. Ia ingin mengulik apa saja yang mendorong dan menyebabkan The Darkling menjadi sosok yang begitu gelap seperti di dalam cerita. 

Ben juga berniat menggali apakah tindakan-tindakan yang diambil tokoh tersebut bisa diampuni. "Aku tertarik untuk mencari tahu apakah ada sisi kemanusiaan dari sebuah karakter yang begitu gelap," ungkapnya. 

2. Aktor asal Inggris ini juga punya persiapan matang untuk perankan sosok Jenderal Kirigan

Kuasai Kegelapan, Ben Barnes Ungkap 5 Fakta Seru di Shadow and BoneCourtesy of Netflix

Sebagai aktor kawakan, Ben Barnes tentu telah melakukan banyak persiapan sebelum memerankan tokoh penting dalam Shadow and Bone ini. Ia membaca novel sumber adaptasi serial tersebut.

Tak berhenti sampai di situ, ia juga membuat daftar kutipan perkataan The Darkling. Terkadang saat syuting, jika momennya memungkinkan, ia berimprovisasi dengan memasukan kutipan dari daftar yang telah dikumpulkannya agar lebih menghidupkan suatu adegan.

Yang unik, aktor asal London ini juga mencari referensi dengan menonton film para tokoh antagonis ikonik yang terkenal dengan penampilan sangat tenang. "Aku menonton ulang The Silence of the Lambs yang diperankan Anthony Hopkins. Di sana beliau tampil sangat tenang dan kuat tanpa harus terlalu mengekspresikannya," beber Ben. 

Baca Juga: Song Joong Ki dan Cast Space Sweepers Ungkap 10 Fakta Seru Ini

3. Ben Barnes ekspresikan sisi rapuhnya untuk persamaan dirinya dan the Darkling

Kuasai Kegelapan, Ben Barnes Ungkap 5 Fakta Seru di Shadow and BoneCourtesy of Netflix

Memerankan karakter gelap yang sangat kuat, Ben Barnes berusaha mencari sisi  intrinsik dalam dirinya yang bisa diekspresikan dalam sosok The Darkling untuk semakin menghidupkannya.

"Jika dia seorang karakter yang sangat kuat, aku ingin menunjukkan sisi rapuhnya dan itu berasal dari diriku," tutur Ben kepada IDN Times. Emosi-emosi manusiawi seperti kebingungan, atau ketertarikan terhadap Alina Starkov, The Sun-summoner, dirasa Ben sangat relatable dengan dirinya. "Aku tau rasanya tertarik sebegitunya kepada seseorang."

Ben berharap momen-momen kecil dan caranya mengekspresikan karakter The Darkling dengan ciri khas dirinya bisa semakin menghidupkan tokoh tersebut. "Semoga itu bisa membawa aura kemanusiaan pada karakter yang kuperankan."

4. Walau atmosfer serialnya gelap dan mistis, namun ada banyak keceriaan di lokasi syuting

Kuasai Kegelapan, Ben Barnes Ungkap 5 Fakta Seru di Shadow and BoneCourtesy of Netflix

Proses syuting yang dilakukan di Budapest, Hungaria meninggalkan sejumlah memori berkesan bagi Ben Barnes. Ia menyebut ada banyak kesenangan yang dilalui bersama para cast Shadow and Bone.  

"Biasanya di kastil-kastil tempat kami syuting sering ada piano di sudut ruangan. Jadi aku atau Kit (Young) sering memainkannya dan kita bernyanyi bersama di sela-sela syuting," Kenang pemeran Pangeran Caspian di film seriThe Chronicles of Narnia tersebut.

Selain itu, Ben dan para rekan aktornya juga menghabiskan waktu luang mengeksplorasi keindahan Budapest. Namun, ketika mulai syuting ia menyebut bahwa semuanya begitu profesional dan serius dalam peran masing-masing.

5. Ini perbedaan peran Ben Barnes di Shadow and Bones dengan karya-karya sebelumnya

https://www.youtube.com/embed/DDH5j3R7MF4

Selama ini Ben Barnes dikenal lewat peran-perannya yang bak pangeran berkuda putih. Sebut saja aksinya di The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008). Tentu saja ini membuat lakonnya sebagai The Darkling tampak kontras berbeda. 

Sebelumnya ia sering memerankan tokoh-tokoh beranjak dewasa yang masih naif, berusaha memahami tujuan hidup, menemukan apa yang mereka cintai, dan mereka benci. Sementara karakter The Darkling telah melalui itu semua dan berada di muara pencarian jati diri.

Selain itu dunia yang digambarkan dalam serial fantasi terbaru Netflix ini juga terasa begitu fresh bagi Ben Barnes. "Rasanya seperti dunia yang belum pernah kulihat di layar manapun sebelumnya. Sedikit mengingatkan pada Harry Potter, sedikit Star Wars, sedikit Anna Karenina, sedikit Peaky Blinder atau Ocean Eleven dan macam-macam, tapi bukan salah satu dari mereka," ungkap aktor 39 tahun ini penuh semangat.

Itu dia 5 fakta seru dari serial Netflix Shadow and Bone, serial bertema fantasi yang diangkat dari Grishaverse karya Leigh Bardugo. Buat yang penasaran, nantikan penayangan Shadow and Bone pada 23 April 2021 di Netflix ya!

Baca Juga: Main The Kissing Booth 2, Taylor Zakhar dan Maisie Jadi Orang Ketiga?

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya