Comscore Tracker

Punya Suara Jernih, 5 Idol KPop Ini Buktikan dengan Nyanyi Opera

Latihan adalah prosesnya #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Kemampuan menyanyi dan menari adalah sebuah kewajiban bagi para idol. Namun, beberapa dari mereka memiliki kemampuan khusus atau suara yang jernih membuat suara yang dihasilkan juga memang enak didengar. 

Menyanyikan lagu-lagu opera memiliki kesusahannya sendiri. Selain harus memiliki suara yang kuat, kesehatan tenggorokan juga penting. Cara dan kapasitas setiap orang memang berbeda tapi cara mereka mengembangkannya ini bisa jadi inspirasi bagi kamu. Berikut lima idol KPop yang bisa bernyanyi opera, diikuti usaha dan perjuangannya.

1. V BTS

https://www.youtube.com/embed/yEUCrxmibdI

Vokalis BTS yang mempunyai suara merdu ini sering berhasil mendapat pujian bahwa suaranya sangat cocok didengar sebelum tidur. Tidak langsung memiliki kemampuan ini, V beberapa kali menceritakan proses ia berlatih dengan guru yang mengajarinya nyanyi seperti yang terlihat dalam wawancara E! Now. Kena marah dan terus berlatih memberikan sebuah keuntungan untuk dirinya yang sekarang. Suaranya semakin matang, dan kini sudah membentuk ciri khas sendiri.

2. Onew SHINee

https://www.youtube.com/embed/8u57_cn4EtM

Tidak lagi iseng, Onew tampil memukau menyanyikan lagu opera di panggung dengan adanya penonton. Dengan penjiwaan yang dalam, pendengar dapat merasakan kekuatan dari lagu dan suaranya.

Di acara tvN Kim Mi Kyung Show, sutradara menceritakan berbagai kisah debut musikalnya Onew. Jadi hal yang unik dalam hidupnya, Onew berlatih dengan memakai sepatu high heels. Cara ini awalnya untuk menunjukkan bahwa langkah yang diambil harus jelas saat mempunyai tujuan. Gimana menurut kalian?

3. Haseul LOONA

https://www.youtube.com/embed/Nlah8hFdXMI

Girl group LOONA memiliki sub-unit masing-masing dengan leader yang berbeda, salah satu dari mereka adalah Haseul. Ia sendiri pernah mengikuti survival show MIXNINE pada 2017, tapi sayangnya Haseul tidak lolos.

Meski begitu, Haseul tetap memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap kemampuan vokalnya yang kuat dan unik. Dari menyanyikan opera, Haseul terlihat memang hebat dalam bernyanyi. Maka tak heran, posisinya di LOONA selain leader adalah sebagai main vocalist.

Baca Juga: Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200

4. Wendy Red Velvet

https://www.youtube.com/embed/uaMepwsdXx4

Lagu ceria dijadikan opera? "Dumb Dumb" ternyata cocok juga, lho. Wendy menyanyikannya di acara radio KBS Kong. Tidak ada kesalahan, Wendy dengan mulus menyelesaikannya. Namun, di balik suara indahnya yang sampai sekarang masih ia kuasai teknik vokalnya, Wendy selalu bekerja keras latihan bahkan saat ia di rehabilitasi.

Wendy sempat mengalami kecelakaan jatuh dari ketinggian 2,5 meter saat melakukan latihan penampilan. Dalam masa pemulihan, StarNews menerbitkan wawancaranya bersama member Red Velvet tentang Wendy yang tidak berhenti berlatih ke ruang latihan. 

5. GFRIEND

https://www.youtube.com/embed/-dDBlrxwu9A

Punya peran dan kelebihan masing-masing, member GFriend selalu saling melengkapi, dimana beberapa dari mereka akan bantu fokus latihan vokal dan menari. Seperti yang diketahui, GFriend berisi member-member yang kemampuan bernyanyinya gak diragukan lagi.

Latihan adalah kunci mereka sebagai julukan vocal queens. Mereka semua pernah menunjukannya dengan menyanyikan sebuah lagu dengan versi akapela yang bikin merinding. Walau mungkin kurang di rap, kemampuan nyanyi GFriend menjadi bukti kelayakan yang bisa mereka tunjukkan terutama pada haters.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Idol KPop ini tak hanya menghasilkan karya yang bisa didengarkan tapi juga sikap yang bisa netizen contoh. Opera siapa yang paling bikin kamu kagum, nih?

Baca Juga: 9 Idol KPop Pria Ini Berperan sebagai Leader dan Main Vocalist, Kagum!

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

if you fell down yesterday, stand up today

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya