Comscore Tracker

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama Ini Tawarkan Cerita yang Unik

Dari kisah perjalanan waktu hingga putri yang dikutuk 

Saeguk dan fantasi merupakan genre drama yang memiliki keunikan tersendiri. Jika drama sageuk identik dengan sejarah dan hal-hal yang membuat kamu kembali ke masa lalu maka fantasi akan membawa kamu ke dunia khayalan yang lebih luas seperti perjalanan waktu, kekuatan super atau hal-hal mistis lainnya.

Bagaimana jika kedua genre drama ini digabung menjadi satu? Tentu kamu akan melihat sesuatu yang unik dan menarik di sini. Seperti apa yang ada di drama-drama saeguk dan fantasi di daftar ini.

 1. Faith (2012)

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikacykwacy.blogspot.com

Drama ini bercerita tentang perjalanan waktu yang dialami oleh Yoo Eun Soo, seorang dokter yang hidup di masa sekarang. Cerita di mulai ketika Choi Young, pengawal kerajaan dari era Goryeo datang ke masa depan. Dia meminta Eun Soo untuk ikut bersamanya demi mengobati ratu yang terluka dengan melewati portal mistik.

Setelah tugasnya selesai, penasehat raja yang licik justru menghasut Raja Gongmin untuk mempertahankan Eun Soo. Dia terpaksa bertahan dan menyesuaikan diri dengan Era Goryeo sambil mencari cara untuk kembali ke masanya.

2. Arang and the Magistrate (2012) 

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Uniktamahiro.blogspot.com

Drama ini bercerita tentang Lee Eun Oh, seorang Hakim yang sengaja datang ke kota Miryang untuk bekerja sekaligus mencari tahu tentang keberadaan ibunya. Di sana dia tinggal di sebuah rumah yang konon katanya berhantu. Tiap ada Hakim baru yang datang pasti akan lari ketakutan ketika harus menginap di sana.

Ini ternyata ulah Arang, hantu cantik yang berusaha mengungkapkan misteri dibalik kematiannya. Meski awalnya kaget, ternyata Eun Oh sama sekali tidak takut dengan keberadaan hantu itu. Eun Oh yang memiliki indra keenam malah membantu Arang mengungkap misteri dibalik kematiannya.

3. Dr. Jin (2012) 

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikamazon.com

Drama yang diangkat dari serial manga Jepang ini bercerita tentang Jin Hyuk, seorang ahli bedah jenius. Dia memiliki seorang kekasih yang bernama Yoo Mi Na dan berencana untuk melamarnya. Namun ketika melakukan operasi pada seorang pasien. Jin Hyuk tiba-tiba terseret ke masa 150 tahun yang lalu.

Di sana dia bertemu dengan Hong Young Rae, gadis yang sangat mirip dengan Mi Na. Jin Hyuk juga berhadapan dengan beberapa kasus yang membuatnya harus mengeluarkan kemampuannya sebagai seorang dokter.

Baca Juga: 5 KDrama Saeguk yang Mengusung Tema Cinta Segitiga, Bikin Baper! 

4. Jeon Woo Chi (2012)   

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikdvdza.com

Drama ini bercerita tentang Jeon Woo Chi, pria yang memiliki ilmu sihir Tao. Kekuatannya ini dia dapatkan setelah menelan manik dari  siluman rubah ekor sembilan. Sihir ini dia gunakan untuk membantu orang-orang.

Woo Chi menyukai Putri Hong Moo Yeon. Karena itu dia berusaha menyelamatkan Gadis itu dari cengkraman Kang Rim dan Ma Sook. Woo Chi pun menyamar menjadi pegawai negeri berpangkat rendah bernama Lee Chi.

5. Queen In Hyun’s Man (2012)

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikamazon.com

Drama ini bercerita tentang Choi Hee Jin yang mengadakan konferensi pers untuk  peran barunya sebagai Ratu In Hyeon. Di saat yang sama Kim Bung Do yang hidup di era Joseon berusaha melindungi Ratu In Hyeon dari konspirasi jahat setelah penggulingannya.

Bung Do tak sengaja melakukan perjalanan waktu ke ke masa depan karena sebuah jimat misterius. Di sini dia justru bertemu dengan Hee Jin yang mengaku sebagai In Hyeon. Meski diawali dengan pertengkaran, Hee Jin dan Bung Do akhirnya menjadi dekat.

6. Gu Family Book (2013) 

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikhipwallpaper.com

Drama ini bercerita tentang Choi Kang Chi, keturunan gumiho yang hidup di tengah-tengah manusia. Dia adalah anak Gu Wol Ryung, gumiho yang selama ini menjaga hutan keramat. Dulu Wol Ryung yang jatuh cinta dengan Yoon Seo Hwa berusaha untuk berubah menjadi manusia seutuhnya.

Namun, Seo Hwa yang tahu bahwa Wol Ryung adalah Gumiho malah meninggalkannya. Dia juga tega meninggalkan bayinya. Bayi inilah yang kelak dinamai dengan Choi Kang Chi. Kang Chi ternyata memiliki keinginan yang sama dengan ayahnya. Dia berusaha untuk mencari buku dari keluarga Gu.

7. The Night Watchman’s Journal (2014) 

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikoishiithoughts.blogspot.com

Drama ini bercerita tentang Lee Rin yang memiliki kemampuan untuk melihat hantu. Ayah dan ibunya adalah raja dan ratu Joseon. Namun karena diguna-guna, raja membunuh ratu dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Rin bahkan diserang oleh roh jahat tapi berhasil menyelamatkan diri.

Sejak itulah Rin memiliki kemampuan untuk melihat hantu. Namun Lee Rin terpaksa merelakan tahta yang seharusnya dia miliki. Setelah dewasa Rin yang mengetahui rencana buruk Sadam memutuskan untuk menghidupkan kembali  pasukan Penjaga Malam.

8. The Scholar Who Walks the Night (2015) 

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikasianwiki.com

Drama ini mengangkat kisah tentang vampir di era Joseon. Kisah diawali dengan Jo Yang Sun, seorang gadis yang harus menyamar sebagai pria untuk memenuhi kebutuhannya. Dia sebenarnya adalah putri seorang bangsawan, namun ayahnya dituduh berkhianat dan dibunuh.

Yang Sun bertemu dengan cendekiawan misterius bernama Kim Sung Yeol. Tak banyak yang tahu kalau Sung Yeol sebenarnya adalah vampir pelindung yang bertugas untuk membasmi vampir-vampir jahat. Misinya utamanya adalah membunuh Gwi, sekaligus membalas kematian kekasih dan sahabatnya.

9. Splash Splash Love (2015) 

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Uniktheqoo.net

Drama ini berkisar tentang kehidupan Danbi, siswa SMA yang akan mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Sayangnya Danbi khawatir dengan tes itu karena nilai matematikanya yang buruk. Tak disangka, sebelum tes dimulai Dandi justru terseret ke era Joseon. Di sana dia bertemu dengan raja Lee Do.

Raja sendiri sedang dihadapi dengan masalah kemarau panjang. Namun dengan kemampuan matematikannya ternyata Danbi dapat memecahkan masalah yang dihadapi sang raja. Danbi bahkan membuat sang raja jatuh hati. Di saat bersamaan Danbi ingin kembali masa depan.

10. Mirror of the Witch (2016)  

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikmydramalist.com

Drama ini bercerita tentang seorang putri yang dikutuk. Karena ambisinya untuk melahirkan seorang pewaris raja, ratu Shim dengan tega melakukan hal licik kepada Hae Ran, saman muda yang hamil anak raja.

Dengan arahan dukun bernama Hong Joo, janin di perut Hae Ran dipindahkan ke perut sang ratu. Malangnya Hae Ran juga dibunuh. Namun dia sempat memberikan kutukan dengan mengatakan kalau salah satu janin itu akan membawa mala petaka. 

Ratu takut kutukan ini jadi nyata ketika melahirkan bayi kembar pengantin. Demi mencegah kutukan itu, dia mengasingkan putrinya yang bernama Yeon Hee. Yeon Hee tinggal di hutan yang dikelilingi oleh jimat. Tak disangka putri itu memiliki kemampuan yang membuat banyak orang takut kepadanya.

11. My Only Love Song (2017)

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikthemoviedb.org

Drama ini bercerita tentang Song Soo Jung yang harus kehilangan peran dan kekasihnya karena artis pendatang baru. Hal ini membuat Soo Jung mengamuk di lokasi syuting dan jadi incaran wartawan gosip. Untuk menghindari mereka, Soo Jung kabur dengan menggunakan mobil VW Combi. Tak disangka mobil itu ternyata membawanya ke masa dinasti Goryeo.

Soo Jung pun bertemu dengan On Dal, seorang pria yang rela melakukan apa saja demi uang. Meskipun awalnya kesal, Soo Jung akhirnya jatuh cinta dengan On Dal.  Ini karena On Dal menyimpan jiwa ksatria di dalam dirinya, dia bahkan rela membantu rakyat miskin dan lemah.

12. Kingmaker: The Change of Destiny (2020)

Padukan Sageuk dan Fantasi, 12 KDrama  Ini Tawarkan Cerita yang Unikzero-lite.com

Drama ini bercerita tentang Choi Chun Joong dan Lee Bong Ryeon yang memiliki kemampuan unik. Chun Joong adalah pembaca wajah terbaik, dia mampu melihat karakter dan memprediksi nasib seseorang dengan melihat wajah serta tanggal lahir mereka. Sementara Bong Ryeon  memiliki kemampuan untuk meramal masa depan. 

Chun Joong dan Bong Ryeon  menjadi teman sejak remaja bahkan mereka hampir saja menikah. Sayangnya kehidupan keduanya jadi hancur karena Ayah Chun Joong dituduh menghianati raja. Chun Joong terpaksa menghilang dan mempersiapkan diri untuk membalas orang-orang yang sudah menghancurkan kehidupannya.

Itu dia 12 KDrama yang memadukan genre saeguk dan fantasi. Selain menampilkan suasana khas kerajaan Korea pada masa dahulunya, cerita yang ditawarkan pun unik dan menarik. Bagi kamu yang sudah menonton drama di atas, KDrama mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: 10 Drama Saeguk dengan Rating Tertinggi, Populer Banget!

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya