Comscore Tracker

6 Film Animasi Jepang Ini Ternyata Pernah Jadi Nominee Piala Oscar

#MovieOn Pecinta anime merapat yuk~

Piala Oscar atau juga disebut dengan Academy Award merupakan acara tahunan dari Amerika untuk memberikan penghargaan terhadap industri perfilman. Salah satu nominasi yang ada dalam piala Oscar adalam penganugerahan film animasi terbaik.

Tidak hadirnya film animasi Jepang sebagai nominasi Oscar pada tahun 2018 sepertinya membuat beberapa pecinta anime kecewa. Tapi ada beberapa film animasi Jepang ini sebelumnya pernah menjadi nominasi di perhelatan yang bergengsi tersebut. Apa aja ya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Spirited Away (2001)

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Tidak hanya menjadi nominasi, ternyata film animasi karya Hayao Miyazaki ini menjadi animasi Jepang pertama yang mampu memenangkan piala animasi terbaik Oscar.

Cerita Spirited Away berkisah tentang Chihiro yang harus pindah dari kota mengikuti kedua orangtuanya. Di perjalanan, mereka masuk ke tempat tinggal yang sepi penghuni namun banyak makanan. Kedua orangtua Chihiro dirubah menjadi babi ketika makan makanan yang ternyata dihidangkan untuk Dewa tersebut. Untuk membebaskan orangtuanya Chihiro akhirnya bekerja untuk penyihir.

2. Howl’s Moving Castle (2004)

https://www.youtube.com/embed/iwROgK94zcM

Sama halnya dengan Spirited Away, Howl’s Moving Castle juga disutradarai oleh Hayao Mizaki. Film ini diangkat dari sebuah novel yang memiliki judul yang sama. Film tersebut mengisahkan Wynne Jones, seorang pemuda yang memiliki kekuatan sihir dan tinggal di rumah kastil yang dapat bergerak dan berpindah tempat.

3. The Wind Rises (2013)

https://www.youtube.com/embed/2QFBZgAZx7g

Studio Ghibli dikenal sebagai rumah produksi yang menghasilkan film animasi bermutu, salah satunya adalah The Wind Rises yang berhasil menjadi nominasi piala Oscar. Ceritanya diangkat dari sebuah cerita pendek karya Tatsuo Hori dan berfokus pada dua orang, yaitu Jiro yang pindah ke Kota Tokyo untuk menjadi insiyur dan seorang gadis bernama Naoko.

4. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

https://www.youtube.com/embed/9lDrkokymLQ

Film drama fantasi ini diangkat dari cerita rakyat yang ada. Kisahnya bermula ketika seorang penebang bambu, Sanuki No Miyatsuko sedang mencari rebung dan melihat sebuah sinar dari bawah pohon bambu tersebut. Kemudian keluarlah seorang puteri yang dapat ia angkat menjadi anak. Ketika dewasa, kecantikan sang puteri tersebar sehingga diperebutkan oleh lima orang bangsawan di kota.

5. When Marnie Was There (2014)

https://www.youtube.com/embed/1YJjYxF5DYM

Kisah persahabatan ini disutradari oleh Hiromasa Yonebayashi, seorang sutradara kelahiran Ishikawa, Jepang. Ceritanya berkisah tentang Anna seorang anak angkat yang susah bersosialisasi dan tidak memiliki teman. Yoriko, orangtua angkat Anna menyarankan dirinya untuk berlibur ke desa sementara. Di desa tersebutlah kemudian Anna bertemu dengan gadis kecil bernama Marnie yang akhirnya diketahui sebagai neneknya sendiri.

6. The Red Turtle (2016)

https://www.youtube.com/embed/Sw7BggqBpTk

Film yang tidak memiliki percakapan dalam ceritanya ini berkisah tentang seorang laki-laki yang terdampar di sebuah pulau. Karena merasa kesepian tidak bertemu dengan manusia lainya, pria tersebut kemudian berusaha untuk menyeberang laut dengan membuat rakit dari bambu. Namun, rakit tersebut dirusak oleh kura-kura merah yang membuatnya marah.

Jailani Photo Community Writer Jailani

Belajar untuk berbagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You