Comscore Tracker

Ini 5 Film Hollywood tentang Politik yang Wajib Ditonton, Biar Paham!

Sarat akan berbagai nilai politik lho!

Berbicara tentang film Hollywood pastinya tidak asing lagi bagi para pecinta film. Ada beragam genre yang ditawarkan oleh film Hollywood mulai dari genre romance, comedy, action, thriller, dan masih banyak lagi genre lainnya.

Ternyata ada diantara film-film Hollywood tersebut yang membahas tentang politik lho. Dalam film tersebut tentu saja mengandung beberapa nilai politik yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi para generasi millenial sekarang harus 'sadar' politik untuk menghadapi masa depan. Terutama yang paling dekat adalah pemilihan calon presiden dan calon legislatif.

Nah berikut ini ada beberapa film Hollywood yang membahas tentang politik yang harus banget ditonton. Apa saja kah filmnya? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Closed Circuit

https://www.youtube.com/embed/ktiMVKeA9QM

Film Hollywood tentang politik ini tayang pada tahun 2013. Film "Closed Circuit" ini berkisah mengenai pasar Borough di London yang dibom oleh teroris dan Farroukh Erdogan dijadikan tersangka utama dalam serangan tersebut.

Ternyata, dulunya Farroukh merupakan agen rahasia M15 yang ditugaskan menjadi agen teroris di London. Ia kemudian dibela oleh dua pengacara yaitu Martin Rose dan Claudia Simmons-Howe. Buruan tonton guys!

2. The Manchurian Candidates

https://www.youtube.com/embed/pFtiaquxmdA

Film berjudul "The Manchurian Candidates" ini tayang pada tahun 2004. Film ini merupakan film fiksi ilmiah politik Amerika yang diadaptasi dari novel karya Richard Condon. Film ini bercerita mengenai para tentara yang dicuci otaknya ketika Perang Teluk.

Aktor Liev Schreiber berperan sebagai Raymond Shaw, seorang wakil AS dari New York, ia dimanipulasi menjadi kandidat wakil presiden. Ingin menontonnya?

Baca Juga: Seru Abis, 8 Film Action Ini Hadirkan Adegan Parkour yang Atraktif!

3. JFK

https://www.youtube.com/embed/w16bYZ-4nmE

Film yang berjudul "JFK" ini tayang pada tahun 1991 lalu. Film tentang politik serta bergenre thriller ini menceritakan kasus pembunuhan John F. Kennedy yang digambarkan terdapat konspirasi dalam pembunuhan tersebut.

Film ini ternyata juga diadaptasi dari dua buku sekaligus yaitu buku berjudul "On the Trail of the Assassins" karya Jim Garrison serta buku yang berjudul "Crossfire: The Plot That Killed Kennedy" karya Jim Marrs. Sudah nonton?

4. The Ides of March

https://www.youtube.com/embed/y494hUO-aw8

Film yang tayang pada tahun 2011 ini mengisahkan Stephen Meyers yang diperankan Ryan Gosling, seorang anggota tim sukses dari Mike Morris yang diperankan George Clooney yang mencalonkan diri menjadi seorang presiden.

Tentu saja Stephen senang karena mempunyai pekerjaan sebagai tim sukses yang menjanjikan, namun ia akhirnya sadar ada yang tidak beres dalam suatu tim sukses. Harus nonton lho!

5. Downfall

https://www.youtube.com/embed/Bp1RXmM1-60

Film Hollywood tentang politik yang satu ini juga tak boleh dilewatkan. Pasalnya film yang tayang pada tahun 2004 ini merupakan film sejarah Jerman yang memiliki latar peristiwa Battle of Berlin dalam Perang Dunia II dan juga menggambarkan hari-hari terakhir Adolf Hitler (Bruno Ganz).

Film "Downfall" sempat menimbulkan kontoversi karena memunculkan sisi kemanusiaan Adolf Hitler. Tetapi film ini mampu memperoleh nominasi untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di 77th Academy Awards. Mantap nih!

Itulah beberapa penjelasan mengenai film Hollywood apa saja kah yang harus kalian tonton. Selain mengisi waktu luang, film-film di atas juga berisi nilai politik yang dapat kalian ambil. Wah, buruan nonton!

Baca Juga: 9 Film Drama Terbaik Emma Roberts yang Harus Kamu Tonton

Rista Novia Photo Verified Writer Rista Novia

@.@

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya