Comscore Tracker

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!

Ada serial Bridgerton hingga You, udah nonton?

Netflix merupakan salah satu situs streaming film dengan jumlah pelanggan terbanyak di dunia. Selain membeli hak siar tontonan, Netflix juga memproduksi film dan serial orisinalnya sendiri. Totalitas yang disajikan dalam produksi membuat film dan serial Netflix digemari oleh banyak pemirsa.

Buat kamu yang lagi bingung cari tontonan, berikut merupakan rekomendasi serial original Netflix yang memiliki jumlah penonton terbanyak. Ada serial apa aja, sih?

1. Bridgerton

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!Bridgerton Family (instagram.com/bridgertonnetflix)

Menempati peringkat pertama sebagai serial orisinal Netflix terpopuler, Bridgerton berhasil meraih 82 juta penonton. Serial yang tayang perdana pada 25 Desember 2020 ini mengikuti kisah keluarga aristokrat Bridgerton yang terdiri dari sang ibu, yakni Dowager Viscountess Bridgerton (Ruth Gemmell), dan delapan anaknya.

Berlatar pada tahun 1813, musim pertama serial ini berfokus pada anak ketiga keluarga Bridgerton, yakni Daphne (Phoebe Dynevor), yang memasuki musim pertama dalam pencarian pasangan. Ia kemudian bertemu dengan sang Duke of Hastings, Simon Basset (Regé-Jean Page), dan jatuh cinta padanya.

Selain Phoebe Dynevor dan Regé-Jean Page, Bridegrton juga dibintangi oleh Adjoa Andoh, Jonathan Bailey, hingga Ruby Barker. Menyajikan kisah cinta yang romantis dibumbui dengan berbagai konflik dan skandal di dalamnya, serial ini berhasil medapat ulasan positif dari pemirsa.

Pada Januari 2021, Netflix mengonfirmasi akan memproduksi musim kedua serial ini. Menyusul pada bulan April, netflix kembali mengumumkan bahwa musim ketiga dan keempat serial Bridgerton juga segera diproduksi.

2. The Witcher

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial The Witcher season 2 (instagram.com/witchernetflix)

The Witcher adalah serial orisinal Netflix yang tayang perdana pada 20 Desember 2019. Serial yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini menceritakan tentang Geralt of Rivia (Henry Cavill), pemburu monster bermutasi yang berusaha menemukan tempatnya di dunia. Ia kemudian bertemu dengan Putri Mahkota Ciri (Freya Allan) dan penyihir Yennefer (Anya Chalotra) dari Vengerberg.

The Witcher berhasil menempati posisi kedua sebagai serial terpopuler Netflix dengan meraih 72 juta penonton. Netflix kemudian mengumumkan akan memproduksi musim kedua serial ini. Memulai syuting pada awal 2020 dan sempat tertunda karena pandemik COVID-19, The Witcher musim dua siap tayang pada 17 Desember 2021 mendatang.

3. Lupin

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial Lupin part 2 (instagram.com/lupin_netflix)

Lupin adalah serial orisinal Netflix asal Prancis yang mengikuti kisah Assane Diop (Omar Sy), seorang pencuri karismatik yang berusaha membalas dendam kepada keluarga kaya atas ketidakadilan yang didapat ayahnya. Serial ini terbagi menjadi dua bagian yang masing-masing bagian terdiri dari lima episode. Bagian pertama tayang pada 8 Januari 2021 sedangkan bagian dua pada 11 Juni di tahun yang sama.

Lupin berhasil menjadi serial non-English Netflix dengan jumlah penonton terbanyak serta menempati posisi ketiga di antara seluruh serial orisinal Netflix. Bagian pertama serial ini sukses memikat 70 juta penonton dan musim kedua dengan 54 juta.

Pada Mei 2021, Netflix mengonfirmasi bahwa mereka akan segera memproduksi Lupin bagian ketiga. Namun, hingga saat ini masih belum ada kepastian mengenai jadwal tayang musim terbaru serial ini.

4. Money Heist

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial Money Heist: Part 5 Volume 1 (instagram.com/lacasadepapel/)

Money Heist adalah serial asal Spanyol garapan Alex Pina yang tayang perdana di Netflix pada 20 Desember 2017. Musim keempat serial ini telah tayang pada 3 April 2020 dan menjadi season terpopuler dengan mengumpukan 65 juta penonton.

Pada 3 September 2021, Netflix telah menayangkan musim kelima Money Heist sekaligus menandai season terakhir serial ini. Musim kelima ini terbagi menjadi dua bagian, yang bagian duanya akan tayang pada 3 Desember 2021 mendatang.

Money Heist sendiri mengisahkan tentang Profesor (Álvaro Morte) yang merekrut sekelompok orang untuk melakukan perampokan terbesar dalam sejarah. Perampokan tersebut dilakukan di Bank of Spain, gedung percetakan uang di Spanyol. Selain mencetak uang, para perampok tersebut juga menyandera puluhan orang di dalamnya.

Menyajikan kisah perampokan dengan strategi cerdas dari sang Profesor yang melawan kepolisian Spanyol, tak heran jika serial ini menempati posisi keempat serial Netflix dengan jumlah penonton terbanyak.

Baca Juga: 7 Film dan Serial Dokumenter Netflix, Rilis September 2021

5. Stranger Things

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial Stranger Things season 3 (instagram.com/strangerthingstv)

Stranger Things adalah serial bergenre science-fiction horor produksi Netflix yang pertama kali tayang pada 15 Juli 2016. Pada 27 Oktober 2017, Netflix menayangkan musim kedua sedangkan musim ketiga tayang pada 4 Juli 2019. Saat ini, Netflix tengah memproduksi season keempat Stranger Things yang direncanakan mengudara pada 2022 mendatang.

Stranger Things sendiri mengisahkan tentang sekelompok orang yang berusaha mengungkap misteri di Kota Hawkins yang melibatkan sebuah eksperimen rahasia dan kekuatan supernatural. Eksperimen tersebut bahkan melakukan uji coba terhadap manusia dan menciptakan portal ke dimensi lain yang disebut Upside Down.

Dibintangi oleh Winona Ryder, David Harbour, Finn Wolfhard, hingga Millie Bobby Brown, musim ketiga serial ini berhasil mengumpulkan 64 juta penonton. 

6. The Queen’s Gambit

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial The Queen's Gambit (instagram.com/the.queensgambitnetflix)

The Queen's Gambit adalah serial limited orisinal Netflix yang tayang perdana pada 23 Oktober 2020. Serial ini mengisahkan tentang Beth Harmon (Anya Taylor-Joy), seorang genius catur yang memulai perjalanan tak terduga menuju ketenaran. Serial yang berlatar di tahun 1950 hingga 1960-an ini juga menampilkan perjuangan Beth dalam mengatasi masalah emosional dan kecanduannya terhadap alkohol serta obat-obatan.

Di sepanjang tujuh episodenya, The Queen's Gambit menampilkan permainan catur yang luar biasa dari karakter Anya Taylor-Joy dalam berbagai pertandingan yang ia ikuti. Kepiawaian dan geniusnya Beth Harmon dalam menggerakkan pion dan memamerkan strategi olahraga otak tersebut sukses memukau 62 juta penonton Netflix.

7. Sweet Tooth  

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster Sweeth Tooth (instagram.com/sweettoothnetflix)

Tayang perdana pada 4 Juni 2021, Sweet Tooth mengisahkan tentang virus yang menyebabkan populasi manusia di dunia runtuh. Saat virus tengah mengguncang dunia, fenomena misterius kembali muncul, yaitu lahirnya bayi hibrida dengan wujud setengah manusia dan setengah rusa.

Karena tidak yakin apakah bayi hibrida tersebut adalah penyebab atau akibat dari virus, maka orang-orang mulai memburu mereka. Serial yang diadaptasi dari komik berjudul sama karya Jeff Lemire ini akan berfokus pada karakter Gus (Christian Convery), manusia hibrida yang mencoba menemukan keberadaan ibunya.

Sweet Tooth berhasil menempati posisi ketujuh sebagai serial orisinal Netflix terpopuler dengan mengumpulkan 60 juta penonton. Karena kepopulerannya tersebut, pada Juli lalu Netflix telah mengumumkan akan memproduksi musim kedua dari serial ini.

8. Emily in Paris

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial Emily in Paris (instagram.com/emilyinparis)

Emily in Paris adalah serial orisinal Netflix bergenre romantis yang mengikuti kisah Emily Cooper (Lily Collins), seorang ahli pemasaran dari Chicago yang mendapat kesempatan tak terduga untuk bekerja di Paris. Di tempat kerja barunya tersebut, ia harus menghadapi tantangan dengan membawa sudut pandang Amerika ke dalam perusahaan pemasaran Prancis yang terhormat.

Serial yang tayang perdana pada 2 Oktober 2020 ini juga mengisahkan perjuangan Emily dalam beradaptasi dengan budaya Prancis serta menjalin persahabatan baru dan kehidupan percintaan. Menjadi tontonan ringan yang cocok ditonton saat akhir pekan, Emily in Paris berhasil memikat 58 juta pelanggan Netflix.

Pada November 2020, Netflix resmi mengumkan akan memproduksi musim kedua dari Emily in Paris. Dimulai pada 3 Mei 2021, syuting musim kedua serial yang dibintangi oleh Lily Collins, Ashley Park, dan Lucas Bravo ini telah selesai pada 19 Juli silam.

9. Fate: The Winx Saga 

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster Fate: The Winx Saga (instagram.com/fatenetflix)

Fate: The Winx Saga merupakan serial orisinal Netflix yang diadaptasi dari serial animasi Nickelodeon berjudul Winx Club. Serial berjumlah enam episode ini mengikuti petualangan Bloom Peters (Abigail Cowen), peri dengan kekuatan api yang mendaftar di sekolah asrama magis Alfea College.

Di sekolah tersebut, Bloom berbagi kamar dengan teman-teman baru yang memilliki kekuatan cahaya, air, bumi, hingga pikiran. Dengan bantuan empat temannya tersebut, ia mulai belajar banyak tentang masa lalunya.

Fate: The Winx Saga yang tayang perdana pada 22 Januari 2021 ini berhasil mengumpulkan 57 juta penonton. Sebulan setelahnya, tepatnya pada 18 Februari 2021, Netflix mengumumkan akan memproduksi musim kedua dari serial ini.

10. Shadow and Bone

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster Shadow and Bone (instagram.com/shadowandbone)

Shadow and Bone merupakan salah satu dari serial orisinal Netflix terpopuler dengan 55 juta penonton. Serial fantasi ini mengikuti kisah Alina Starkov (Jessie Mei Li), seorang pembuat peta ketika dia melepaskan kekuatan luar biasa yang bisa mengubah nasib dunianya yang dilanda perang.

Selain Jessie Mei Li, serial yang tayang perdana di Netflix pada 21 April 2021 ini dibintangi pula oleh Archie Renaux, Ben Barnes, dan Freddy Carter. Pada Juni 2021, Shadow and Bone resmi diumukan akan segera memproduksi musim kedua dengan jumlah delapan episode.

11. Who Killed Sara?

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial Who Killed Sara? (imdb.com)

Who Killed Sara? merupakan serial orisinal Netflix bergenre misteri asal Spanyol dan Meksiko. Musim pertama serial ini tayang perdana pada 24 Maret 2021, sedangkan musim keduanya tayang pada 19 Mei di tahun yang sama. Who Killed Sara? berhasil memikat pemirsa dengan mengumpulkan 55 dan 34 juta penonton di masing-masing musimnya.

Serial Who Killed Sara sendiri mengikuti kisah Álex Guzmán (Manolo Cardona) yang baru menghabisakan kurungan di penjara selama 18 tahun. Ia kemudian berusaha mencari tahu dalang di balik pembunuhan saudara perempuannya, Sara (Ximena Lamadrid), dan membalas dendam pada keluarga Lazcano yang menganiayanya.

12. You

12 Serial Orisinal Netflix dengan Penonton Terbanyak, Recommended!poster serial You season 3 (instagram.com/younetflix)

You merupakan serial yang pertama kali tayang di channel Lifetime pada 9 September 2018. Pada bulan Desember di tahun yang sama, Netflix membeli hak siar serial ini dan You langsung menuai sukses besar. Netflix kemudian mengambil alih produksi musim kedua You yang akhirnya tayang pada 26 Desember 2019.

Mengikuti kesuksesan musim pertamanya, musim kedua You berhasil menjadi serial Netflix terpopuler dengan raihan 54 juta penonton. Musim pertama serial psychological-thriller ini sendiri mengikuti kisah Joe Goldberg (Penn Badgley) yang bertemu dengan Guinevere Beck (Elizabeth Lail) dan terobsesi kepadanya. Ia kemudian memanfaatkan obsesi menyeramkannya tersebut dan menggunakan berbagai cara agar bisa menghilangkan hambatan romansanya dengan Beck.

Setelah resmi mengumumkan produksi musim ketiga pada Januari 2020 silam, musim terbaru serial ini siap tayang di Netfix pada 15 Oktober 2021 mendatang.

Itu dia rekomendasi dua belas serial orisinal Netflix dengan jumlah penonton terbanyak. Sudah menentukan serial mana yang bakal masuk list tontonan?

Baca Juga: 6 KDrama Garapan Netflix yang Wajib Masuk Watchlist saat PPKM

Nimas Bella Photo Verified Writer Nimas Bella

I think i'm starting to feel a bit~ more like myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya