Comscore Tracker

15 Film Sci-Fi Paling Seru, Ada yang Diadaptasi dari Novel

Gak nyangka beberapa film ternyata adaptasi dari novel

Jika kamu sedang mencari tontonan untuk mengisi waktu luang, maka film sci-fi bisa jadi salah satu genre pilihan yang tepat. Tak hanya menyuguhkan beragam alur dan plot cerita menarik, genre sci-fi juga sering kali menampilkan berbagai visualisasi mengagumkan yang siap memenuhi imajinasi para penontonnya.

Di balik keseruan kisahnya, ternyata ada banyak deretan film bergenre sci-fi yang terinspirasi dari karya-karya novel terbaik. Penasaran? Berikut adalah sederet rekomendasi film sci-fi yang sukses diadaptasi dari karya novel. Simak sampai akhir, ya!

1. Minority Report (2002)

https://www.youtube.com/embed/lG7DGMgfOb8

Dibintangi aktor ternama Tom Cruise, "Minority Report" diangkat dari novel "The Minority Report" karya Philip K. Dick. Film sci-fi ini penuh dengan aksi menegangkan yang buat kamu deg-degan!

2. Jurassic Park (1993)

Siapa sih yang gak tahu film legendaris satu ini? Ya, film "Jurassic Park"  yang mengisahkan taman yang penuh hewan purba dinosaurus ini ternyata juga diadaptasi dari novel berjudul sama karya Michael Crichton. Gak nyangka, ya?

3. The Hitchhiker's Guide To The Galaxy (2005)

Sukses suguhkan unsur komedi, "The Hitchhiker's Guide To The Galaxy" merupakan adaptasi novel karangan Douglas Adams. Wajib banget ditonton buat para penggemar genre sci-fi dan komedi.

4. Divergent (2014)

Siapa sih yang gak tahu Four dan Tris? Yap, kedua tokoh tersebut merupakan pasangan ikonik dalam film "Divergent". Film sci-fi ini menceritakan sebuah negara yang dibagi dalam lima faksi untuk menjaga perdamaian. Namun, apa jadinya jika lima faksi tersebut justru menjadi pemicu kehancuran mereka?

5. The 5th Wave (2021)

Rugi banget deh kalau kamu sampai melewatkan film "The 5th Wave". Film adaptasi novel dengan judul yang sama ini menceritakan tentang invasi alien yang dibagi dalam lima gelombang. Apa saja? Llangsung aja nonton di layanan streaming kesayanganmu, ya!

Baca Juga: 6 Film Sekte Indonesia, Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup!

6. The Hunger Games (2012)

https://www.youtube.com/embed/PbA63a7H0bo

Tahu yang satu ini, kan? Yap, film ikonik berjudul "The Hunger Games" merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Suzanne Collins. Buat kamu yang ingin mendalami petualangan Katniss Everdeen, bisa banget langsung koleksi kelima novelnya.

7. The Martian (2015)

Film sci-fi dengan genre luar angkasa? "The Martian" jawabannya. Menceritakan seorang astronaut yang terjebak di planet Mars, The Martian (2015) diangkat dari debut novel penulis Andy Weir. Wajib nonton!

8. Dune (2021) 

Sempat menjadi film terpopuler di tahunnya, "Dune" merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Frank Hertbert. Rugi banget deh kalau kamu gak nonton film yang borong Piala Oscar ini.

9. The Maze Runner (2014)

Belum bisa move on dari film "The Hunger Games"? Coba tonton film "The Maze Runner" yang suguhkan vibes gladiator seperti "The Hunger Games". Selain itu, kamu juga akan dikejutkan dengan alurnya yang plot twist banget!

10. Al Love You (2022)

Kali ini Thailand juga gak mau kalah untuk menyumbang deretan film sci-fi yang paling seru. Film "Al Love You" ini menceritakan tentang kecerdasan buatan (AI) yang ingin belajar menjadi manusia untuk mendapatkan hati dari penciptanya. Duh, romantis banget!

11. Ready Player One (2018)

https://www.youtube.com/embed/cSp1dM2Vj48

Diadaptasi novel berjudul sama karya Ernest Cline, Ready Player One (2018) berhasil menampilkan petualangan seru di dunia metaverse. Buat kamu pencinta teknologi VR, wajib banget buat nonton film satu ini!

12. Arrival (2016)

Kamu penggemar film sci-fi terutama yang mengangkat tema alien? "Arrival" jawabannya. Mengisahkan seorang ahli linguistik yang ingin berkomunikasi dengan alien demi kedamaian umat manusia, film layar lebar "Arrival" diadaptasi dari novel "Story of Your Life" karangan Ted Chiang.

13. Annihilation (2018)

Mengangkat kisah antropolog yang melakukan ekspedisi alam, "Annihilation" diadaptasi dari novel milik Jeff VanderMeer. Sepanjang film ini kamu bakal dibuat tegang dengan adegan-adegannya yang penuh misteri.

14. After Earth (2013)

Film yang dibintangi oleh Will Smith dan Jaden Smith ini menceritakan tentang manusia yang harus mencari planet lain karena kondisi bumi sudah tidak memungkinkan untuk ditinggali. Berhasilkah usaha pencarian mereka? 

15. Passengers (2016)

Film dengan tema luar angkasa memang tidak pernah membosankan untuk ditonton. Film "Passengers" ini menceritakan pesawat luar angkasa yang sudah mengarungi antariksa selama 120 tahun. Anehnya, selama perjalanan tersebut, para kru dan penumpang dalam keadaan hibernasi. Bagaimana kisah selanjutnya? Wajib nonton, deh!

Nah, itu dia sederet film sci-fi yang berhasil diangkat dari beragam karya novel terbaik. Dengan menyuguhkan berbagai alur, jalan cerita, dan visualisasi yang menarik, semua film tersebut layak untuk dijadikan tontonan pengisi waktu luangmu. Di antara deretan film tersebut, adakah yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 10 Fakta Film Crimes of the Future, Sci-Fi Terbaru David Cronenberg

Raymond Clement Photo Verified Writer Raymond Clement

Undergraduate Public Relations Student at Padjadjaran University

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya