Comscore Tracker

5 Hal Menarik dari Film Jepang 'Survival Family' yang Sarat Makna

Mengajari kita untuk survive dalam kondisi apa pun

Melihat fenomena mati lampu yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, membuat teringat pada film Jepang yang berjudul Survival Family yang bercerita tentang sebuah keluarga sederhana yang harus bertahan hidup karena semua akses baik itu listrik, air, kendaraan seperti mobil, bus, pesawat, motor dan kereta serta peralatan elektronik lainnya tidak berfungsi sama sekali.

Semua orang yang berada di daerah perkotaan berlomba-lomba pergi mencari pasokan makanan di pedesaan, tak terkecuali dengan keluarga Yoshiyuki Suzuki yang terdiri dari istri dan kedua anaknya.

Mereka bersepeda menuju pedesaan dan mencoba bertahan hidup dengan memakan makanan kucing, karena pasokan makanan sudah habis. Nah, di bawah ini ada beberapa hal menarik yang bisa kita jadikan pelajaran, apa saja?

1. Kita jangan terlalu terpaku pada teknologi modern

5 Hal Menarik dari Film Jepang 'Survival Family' yang Sarat Maknajapantimes.com

Di film ini kita akan menyaksikan di mana barang-barang berharga dan peralatan elektronik yang super modern sekalipun tidak bisa digunakan bahkan tidak berarti. Dan hal itu tentunya membuat masyarakat Jepang kalang kabut karena tidak terbiasa dengan hal tersebut.

Namun, mereka tetap harus bertahan hidup tanpa peralatan modern dengan beralih memanfaatkan peralatan-peralatan tradisional yang ada di sekitar mereka.

Intinya, meskipun hidup di zaman modern, di mana semua akses apa pun bisa mempermudah urusan kita. Namun jangan sampai kita terlalu terpaku dan lupa mempelajari hal-hal tradisional lainnya yang akan sangat bermanfaat untuk kita nantinya.

2. Dalam keadaan apa pun, keluarga adalah segalanya

5 Hal Menarik dari Film Jepang 'Survival Family' yang Sarat Maknablogspot.com/Faredelyn hacky

Film ini juga mengajarkan kita bahwa keluarga adalah segalanya, peran keluarga sangat berarti dalam menghadapi berbagai masalah.

Ketika keluarga Yoshiyuki Suzuki kehabisan makanan, kedua anaknya yang pada awalnya tidak terlalu dekat dengan sang ayah, pada akhirnya mereka bahu membahu mencari pasokan makanan ke berbagai tempat agar tidak mati kelaparan.

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Film Jepang Himizu yang Bikin Nangis

3. Pentingnya mempelajari hal-hal yang berbau tradisional

5 Hal Menarik dari Film Jepang 'Survival Family' yang Sarat Maknabrilio.net

Ketika keluarga Yoshiyuki Suzuki kehabisan makanan, mereka melihat seekor hewan dan bermaksud untuk menyembelihnya. Namun yang jadi masalah adalah mereka sama sekali tidak tahu cara menyembelih hewan dan mengolahnya karena mereka terbiasa memakan makanan yang serba instan.

Namun ada seorang kakek tua yang pada akhirnya bersedia menampung mereka untuk tinggal di rumahnya. Keluarga tersebut pada akhirnya belajar cara memasak dan mengolah makanan secara tradisional dari si kakek tersebut.

4. Hubungan keluarga terjalin lebih harmonis

5 Hal Menarik dari Film Jepang 'Survival Family' yang Sarat Maknathr.com

Pada awalnya kedua anak Suzuki itu tidak dekat dan tidak terlalu harmonis dengan sang ayah, bahkan mereka juga terkesan merendahkan si ayah. Tapi, ketika ayahnya hilang terbawa arus ketika hendak menyeberangi sungai, barulah kedua anak tersebut menyadari bahwa mereka sangat menyayangi ayahnya.

Dalam keadaan terguncang, ibu dan kedua anak tersebut tetap melanjutkan perjalanan menuju Kagoshima meskipun sempat dihadang oleh beberapa anjing liar. Namun, pada akhirnya Suzuki selamat dan berhasil ditemukan oleh istrinya ketika sedang dalam perjalanan.

5. Harus bertahan hidup dalam kondisi apapun

5 Hal Menarik dari Film Jepang 'Survival Family' yang Sarat Maknaarchive.jiff.or.kr

Keluarga Yoshiyuki Suzuki akhirnya bisa sampai dengan selamat di Kagoshima, Kagoshima sendiri merupakan sebuah desa yang rata-rata mata pencahariannya merupakan nelayan dan bertani.

Mereka hidup dengan menggunakan cara-cara manual dan memanfaatkan peralatan seadanya secara tradisional. Meskipun hidup tanpa menggunakan peralatan modern, mereka bisa tetap bertahan.

Di samping itu banyak hal bermanfaat yang bisa mereka lakukan dan tentunya hubungan antar keluarga pun terjalin harmonis, serta mereka lebih mencintai alam.

Nah, itu dia kelima hal menarik dari film Jepang Survival Family yang bisa kita ambil pelajarannya, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Bikin Ngakak, 5 Film Jepang Genre Komedi ini Seru Ditonton Weekend

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya