Comscore Tracker

5 Sinetron Lawas yang Dibintangi Boyband dan Girlband Indonesia

Pasti kamu pernah nungguin banget kelanjutan episodenya, kan?

Tak bisa dimungkiri jika masyarakat Indonesia terutama para muda mudi sudah terpengaruh oleh Korean Wave sejak belasan tahun silam. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai boyband dan girlband di Indonesia.

Menariknya, tak sedikit boyband dan girlband Indonesia yang semakin melebarkan sayap mereka dengan merambah ke dunia akting, mulai dari film, FTV, maupun sinetron. Bahkan berbagai karya seni peran tersebut bisa dikatakan mendulang kesuksesan dan digandrungi oleh banyak kalangan.

Mulai SM*SH hingga Coboy Junior, mereka menjadi salah satu ikon boyband Indonesia yang berhasil memiliki sinetron sendiri. Selain keduanya, ada sinetron apa sajakah yang pernah dibintangi oleh boyband dan girlband Indonesia? Yuk, nostalgia!

1. Cinta Cenat Cenut (SM*SH) 

https://www.youtube.com/embed/4HdbWV9fCzw

Cinta Cenat Cenut atau kerap disingkat sebagai CCC merupakan sinetron yang tayang perdana pada 18 Februari 2011 setiap hari Jumat di Trans TV. Sinetron populer ini dibintangi oleh seluruh member boyband SM*SH, yaitu Rafael, Morgan, Bisma, Rangga, Ilham, Reza, dan Dicky. Ketujuh member SM*SH memerankan karakter sesuai dengan nama asli mereka di CCC.

SM*SH berkesempatan untuk beradu akting dengan Natasha Rizki (Putri), Eriska Reinisa (Gladis), Zaneta Georgina (Zee), dan Ricky Komo (Guntur) di season pertamanya. CCC berhasil membuktikan ketenarannya dengan memiliki tiga season yang masing-masing berjumlah 13 episode.

CCC season pertama menceritakan kehidupan boyband SM*SH yang sedang naik daun dan bertemu dengan Putri, seorang gadis sederhana dan pintar di SMA. Sinetron bergenre drama, romantis, remaja, dan persahabatan ini mengusung berbagai kisah yang terjadi di kehidupan remaja. Season kedua dan ketiga CCC masih berfokus pada kehidupan dan kisah asmara member SM*SH yang semakin berkembang.

2. Putih Abu-Abu (Blink) 

https://www.youtube.com/embed/yJik0zgaYZ8

Putih Abu-Abu pernah menjadi sinetron yang sangat dinantikan oleh penggemar setianya. Sinetron ini pertama kali tayang di SCTV pada 12 Februari 2012 dan diperankan oleh girlband Blink yang beranggotakan Ashilla, Pricilla, Sivia, Febby, serta Ify. Kelima member Blink pun memerankan karakter dengan nama asli masing-masing kecuali Febby yang berperan sebagai Nina.

Blink beradu akting dengan Eza Gionino, Adzana Bing Slamet, Derby Romero, dan Ochi Rosdiana di sinetron ini. Putih Abu-Abu memiliki dua season dan menambah karakter baru yang diperankan oleh boyband LEVEL. Di musim keduanya pun sinetron ini kehadiran beberapa boyband dan girlband Korea, lho.

Sinetron bergenre drama, remaja, romantis, dan persahabatan ini menceritakan kisah Nina yang berjuang sebatang kara untuk pergi ke Jakarta menemui Taufik. Di Jakarta, hidupnya kian menderita karena tak diterima oleh istri Taufik dan kerap dimusuhi di sekolah. Season pertama Blink berhasil tayang dengan total 269 episode. Sedangkan musim keduanya berjumlah 38 episode.

Baca Juga: Ibu dan Anak di Sinetron, 10 Potret Kedekatan Natalie Zenn dan Azalea

3. Hanya Kamu (Coboy Junior & BeSSaRa/Winxs) 

https://www.youtube.com/embed/HqbgM1lyv0o

Hanya Kamu juga menjadi sinetron yang tak kalah populer pada masanya. Sinetron ini tayang perdana pada 11 Juni 2012 di RCTI dan mendapuk boyband remaja Coboy Junior yang beranggotakan Iqbaal, Aldy, Kiki, serta Bastian sebagai pemeran utamanya. Mereka memerankan karakter di Hanya Kamu sesuai dengan nama asli di dunia nyata.

Selain Coboy Junior, Hanya Kamu juga menjadikan girlband BeSSaRa (yang kemudian berganti nama menjadi Winxs) sebagai pemerannya. Coboy Junior beradu akting dengan Bella Graceva (Rayya), Salshabilla Adriani (Chika), Sharon Sahertian (Tiara), Cassandra Lee (Olin), dan Prilly Latuconsina (Yumi).

Sinetron bergenre drama, romantis, remaja, dan persahabatan ini menceritakan empat murid baru di kelas 7, yaitu Iqbaal, Rizky, Bastian, dan Aldi yang harus menghadapi pengalaman baru di SMP. Tanpa sadar, mereka menjalin persahabatan karena berbagai hal yang sering menimpa semasa MOS (Masa Orientasi Sekolah).

Hanya Kamu berhasil memiliki dua season selama penayangannya. Namun di season kedua, Iqbaal tak ikut bermain karena alasan pribadi.

4. Go Go Girls (7 Icons) 

https://www.youtube.com/embed/jqwwhzyOBhc

Go Go Girls adalah sinetron yang tayang perdana pada 11 April 2011 setiap hari Senin di Trans TV. Go Go Girls diperankan oleh seluruh member girlband 7 Icons, yaitu Angel, Vanila, PJ, Natty, Linzy, GC, dan Mezty yang menggunakan nama asli mereka sebagai karakter dalam sinetron.

Sinetron bergenre drama musikal ini juga diperankan oleh Ferly Putra, Hardi Fadhillah, Fajar Gomez Atienza, Dion Wiyoko, dan Wafda Saifan. Go Go Girls mengisahkan tujuh orang gadis yang berkuliah di Grande Art Academy jurusan musik.

Sinetron ini berpusat pada kehidupan Linzy selama menjadi mahasiswa baru dan bertemu berbagai orang yang membuat hidupnya susah sekaligus berwarna. Kisah asmara di antara para mahasiswa pun juga tak bisa terelakkan.

Go Go Girls terdiri dari dua season selama masa penayangannya. Season pertama memiliki 13 chapters, sedangkan yang kedua terdiri dari 9 chapters.

5. Bersama Meraih Mimpi (Super7) 

https://www.youtube.com/embed/s60RxTTxnQQ

Bersama Meraih Mimpi adalah sinetron pertama yang dibintangi oleh boyband remaja Super7 dengan formasi lengkap. Sinetron ini tayang pada 18 Novemeber 2013 di MNCTV dan diperankan oleh member Super7, yaitu Bryan Domani, Ajil, Jose, Bagas, Karel, Bryant, dan Raza. Seperti boyband dan girlband lain, ketujuh member ini juga memerankan karakter sesuai dengan nama asli mereka.

Bersama Meraih Mimpi juga diperankan oleh Rebecca Klopper (Melia), Bella Annastasya (Sonya), Shania Syifa Bella (Kiki), Khansa Athaya Edwina Kinasih (Adisty), dan Amanda Rawles (Kartika). Sinetron bergenre drama persahabatan ini hanya memiliki satu season dengan jumlah 15 episode.

Sinetron populer ini menceritakan persaingat sengit di sekolah antara boyband populer Super7 dan girlband yang dibentuk karena terinspirasi dari Super7 bernama D'PINKS. Kedua grup ini pun bersaing di sekolah maupun industri musik agar bisa mewujudkan cita-cita menjadi musisi.

Kelima sinetron di atas membuktikan kalau Indonesia pernah memiliki masa jaya bagi keberlangsungan boyband dan girlband. Meski kini sudah meredup, tapi dunia hiburan Indonesia pernah dihiasi oleh kerja keras mereka. Ayo ngaku, kamu dulu penggemar berat sinetron yang mana, nih?

Baca Juga: Kenangan 10 Tahun Karier Coboy Junior, Bikin Fans Nostalgia

Athaya Salsabila H Photo Verified Writer Athaya Salsabila H

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya