Comscore Tracker

5 Fakta Teori Kepribadian MBTI dari Drama Korea I Can See Your MBTI

MBTI itu kredibel gak ya? #IDNTimesLife #WaktunyaKorea

I Can See Your MBTI adalah web drama yang dirilis pada tanggal 13 Februari 2021. Menjadi drama debut dari Hyunjae THE BOYZ, I Can See Your MBTI pun menuai reaksi yang cukup memuaskan.

Namun, sayangnya drama ini hanya berjumlah 2 episode dengan durasi sekitar 10 menit/episode. Hal ini disebabkan karena drama tersebut baru merilis episode pilot atau "tes pasar" untuk melihat respon penonton terhadap dramanya. Jika respon positif dan banyak penonton antusias, drama ini pun digadang-gadang akan dibuat series lanjutannya dengan durasi yang lebih panjang.

Seperti yang tertera di judul, drama ini mengusung topik MBTI. MBTI merupakan tes kepribadian yang cukup terkenal. Nah, apa aja sih fakta-fakta tes MBTI yang menjadi topik dari drama Korea I Can See Your MBTI ini? Simak ulasannya berikut, ya!

1. MBTI dibuat oleh pasangan Ibu dan anak, yaitu Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers

https://www.youtube.com/embed/4mrM9RRBZ7g

Selama Perang Dunia II, seorang Ibu dan anak perempuannya, Katherine dan Isabel, mengembangkan tes kepribadian bernama MBTI. MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Tes ini dapat membantu manusia untuk menganalisis kelemahan, kekuatan, sifat dominan, bahkan profesi yang sesuai.

2. Tes MBTI diadaptasi dari teori kepribadian Carl Jung

5 Fakta Teori Kepribadian MBTI dari Drama Korea I Can See Your MBTIsalah satu adegan di I Can See Your MBTI (twitter.com/moonbijnari)

Katherine dan Isabel menciptakan tes MBTI dengan mengadaptasi informasi fundamental berdasarkan teori kepribadian Carl Jung. Teori Carl Jung terkait dimensi kepribadian manusia, yaitu introverdan ekstrover, dikembangkan lagi oleh Katherine dan Isabel hingga berhasil diciptakan MBTI sampai sekarang.

Baca Juga: 8 Bahasa Cinta Cowok Ekstrover Sesuai Kepribadian

3. MBTI umum digunakan pada organisasi dan perusahaan

https://www.youtube.com/embed/8PqTYlnfxHs

Tes ini awalnya didesain untuk para wanita agar mereka dapat menentukan posisi yang tepat ketika bekerja. Meskipun demikian, kini MBTI dipakai pada banyak perusahaan dengan fungsi yang sama layaknya fungsi awal MBTI.

Tak hanya itu, manajer perusahaan dapat menentukan cara berkomunikasi dan memotivasi karyawannya sesuai tipe MBTI mereka. Penjelasan ini secara tak langsung membuktikan apabila tes MBTI berperan penting dalam berjalannya sebuah perusahaan atau organisasi.

4. MBTI membagi tipe kepribadian berdasarkan empat dimensi

5 Fakta Teori Kepribadian MBTI dari Drama Korea I Can See Your MBTIsalah satu cuplikan adegan di I Can See Your MBTI (twitter.com/S4NGSHINE)

Karena diadaptasi dari teori Carl Jung, maka ada penambahan dimensi pada MBTI. Dimensi pada hasil rancangan MBTI pun menjadi empat dimensi. Dimensi-dimensi tersebut membagi masing-masing dua kepribadian. Dimensi yang dimaksud antara lain:

  1. Introvert (I) vs. Extrovert (E), dimensi yang mengklasifikasikan kepribadian manusia sesuai cara manusia mengisi energi mereka atau menghasilkan waktu yang berkualitas untuk dirinya.
  2. Intuitive (N) vs. Sensing (S), dimensi ini menggolongkan kepribadian manusia berdasarkan cara mereka mengumpulkan informasi.
  3. Feeling (F) vs. Thinking (T), dimensi yang membagi kepribadian manusia dari bagaimana cara mereka mengambil keputusan.
  4. Perceiving (P) vs. Judging (J), dimensi ini mengklasifikasi kepribadian manusia dari cara manusia berorientasi dengan dunia luar.

Setelahnya, MBTI akan menyeleksi kepribadian manusia dari masing-masing dimensi dan merangkainya dalam empat huruf. Contohnya adalah tipe INFP yang terdiri dari Introvert (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Contoh lain adalah tipe ESTJ yang terdiri dari Extrovert (E), Sensing (S), Thinking (T), dan Judging (J).

5. Hasil tes MBTI tidak konsisten

https://www.youtube.com/embed/XqNkOsanjf4

Jika tes MBTI dilakukan beberapa kali, maka kemungkinan besar hasilnya akan berbeda. Orang dengan MBTI tipe ENFJ bisa berubah menjadi tipe INFP ketika melakukan tes untuk kedua kali. Inilah salah satu kelemahan MBTI.

Hasil tes MBTI tidak konsisten. Kepribadian manusia dianggap terlalu kompleks dan menjadi terlalu sederhana apabila hanya dijelaskan melalui empat huruf saja. Para ahli beranggapan bahwa pada dasarnya manusia memiliki satu kepribadian yang dominan, tetapi tetap memiliki kepribadian yang lain.

Contohnya, tidak ada seseorang yang murni introver atau ekstrover saja. Semua manusia berkepribadian ambiver, tergantung kepribadian mana yang lebih mendominasi di situasi tertentu.

Itulah tadi 5 fakta mengenai tes kepribadian MBTI yang menjadi inspirasi dari web drama Korea I Can See Your MBTI. Sudah pernah coba tesnya? 

Baca Juga: 8 Bahasa Cinta Cowok Introver Sesuai Kepribadian  

Zaira Diva Adissa Photo Verified Writer Zaira Diva Adissa

Being beautiful is about how much we love ourselves

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya