Comscore Tracker

5 Cara Atasi Monday Blues, Hari Senin Jadi Semangat lagi!

#IDNTimesLife Hari Senin sama saja seperti yang lainnya, kok

Monday blues, begitulah nama keren dari sebuah ketakutan pada hari Senin. Sebetulnya, ketakutan yang satu ini bisa dibilang ada dan gak ada. Pasalnya, ketakutan tersebut hanya berasal dari asumsi kita saja. 

Hari Senin sebenarnya sama saja seperti hari lainnya, kok. Bahkan, bukan gak mungkin juga, di hari tersebut banyak peluang baru atau rezeki tak terduga menghampiri kita. Oleh sebabnya, kamu perlu banget, nih, untuk mengatasi monday blues melalui sederet cara sederhana di bawah ini. 

1. Coba untuk mengubah persepsi tentang hari Senin

5 Cara Atasi Monday Blues, Hari Senin Jadi Semangat lagi!ilustrasi layar smart tablet yang menunjukkan hari senin (Freepik.com/rawpixel.com)

Kamu tentu sering berkata, bahwa hari Senin merupakan hari yang menyebalkan. Hal ini terjadi karena selama Senin hingga Jumat atau bahkan Sabtu, kamu telah bekerja keras. Sehingga hari libur seperti hari Minggu jadi momen yang paling dinanti dan gak ingin lewat begitu saja.

Namun, meski begitu, gak lantas bisa bikin kamu serta merta membenci hari Senin, dong? Hari Senin gak seburuk itu, kok. Justru di hari itulah, kesempatan baru, semangat baru, hal-hal besar dan menyenangkan mungkin saja terjadi dan berpengaruh pada suasana hati kamu di hari-hari selanjutnya.

2. Buatlah rencana yang menyenangkan 

5 Cara Atasi Monday Blues, Hari Senin Jadi Semangat lagi!ilustrasi perempuan menulis jadwal di dalam sebuah jurnal (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Kalau kamu masih juga teguh dengan asumsimu, bahwa hari Senin itu menyebalkan. Coba, deh, kamu bikin rencana yang menyenangkan. Buat journal atau agenda hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan di penghujung hari, atau kegiatan yang ingin kamu lakukan beberapa hari ke depan.

Dengan begitu, pikiranmu akan teralihkan dan gak menganggap Senin jadi hari yang membosankan. Sebab kamu sudah punya sederet acara yang menyenangkan. Misalnya saja, di hari Senin siang kamu ingin mencoba menikmati menu terbaru dari tempat makan favoritmu. Bisa juga, di hari Senin akan ada pertandingan klub kesayanganmu, bahkan mungkin ada episode baru dari KDrama yang sudah kamu tunggu.

3. Kenakan pakaian terbaikmu 

5 Cara Atasi Monday Blues, Hari Senin Jadi Semangat lagi!ilustrasi perempuan kebingungan memilih baju (Pexels.com/Liza Summer)

Di manapun kamu beraktivitas, entah di sekolah, kampus, kantor, atau bahkan bekerja dari rumah, coba untuk mengenakan pakaian terbaikmu. Pakaian terbaik akan bantu kamu meningkatkan percaya diri. Selain itu, mengenakan pakaian terbaik juga bisa membantu memperbaiki suasana hati.  

Oleh sebabnya, jadikan hari Senin layaknya hari-hari lainnya yakni dengan cara mencoba mengenakan pakaian terbaik yang kamu miliki. Tunggu apalagi, get up and dress up, Guys!

Baca Juga: 7 Cara Bangkit Kembali dari Kegagalan di Tempat Kerja, Yuk Semangat!

4. Awali hari dengan berdoa 

5 Cara Atasi Monday Blues, Hari Senin Jadi Semangat lagi!ilustrasi sedang berdoa (Pexels.com/Monstera)

Kamu percaya kekuatan sebuah doa? Kalau iya, jangan lupa awali hari dengan berdoa. Doa yang baik pasti akan berujung baik. Kalau kamu ingin hari Seninmu berjalan dengan lancar, jangan pernah skip kegiatan yang satu ini.

Memang, sih, berdoa bisa kapan saja dan di mana saja, namun dalam hal ini karena kamu sering benci hari Senin, jangan pernah melewatkan berdoa sebelum mengawali aktivitas, ya.

Sisipi juga dengan kalimat positif atau pengharapanmu di sela-selanya, dengan begitu monday blues yang kamu alami gak bakal datang lagi, deh! Karena kamu percaya betul, bahwa Tuhan akan memberimu kejutan menyenangkan di Senin ini.

5. Optimis akan ada kabar baik selanjutnya 

5 Cara Atasi Monday Blues, Hari Senin Jadi Semangat lagi!ilustrasi seorang pria yang bahagia karena menerima kabar baik (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanamkan pemikiran bahwa akan ada kabar baik yang akan kamu dapatkan di hari Senin atau hari-hari selanjutnya. Entah kabar baik yang berkaitan dengan dirimu, atau tempat kamu bekerja atau apa aja, deh.

Pokoknya kamu harus optimis dulu, bahwa akan ada kabar baik mulai Senin ini hingga akhir pekan nanti. Barangkali ada rejeki tak terduga menghampiri kamu di Senin, ini? Kamu gak pernah tahu juga, kan? Makanya, yuk, optimis mengawali minggu ini di Senin pagi. Say no more to ‘I hate Monday’, Guys!

Gampang banget, kan, caranya untuk mengatasi monday blues yang sering kamu alami jelang hari Senin. Selain itu, usahakan supaya gak terlalu banyak melakukan aktivitas yang berlebihan di akhir pekan, sehingga mood dan energimu tetap terjaga hingga Senin datang. Semangat!

Baca Juga: Ide Tanaman Hias di Ruang Kerja, Tambah Semangat Kerja   

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya