Comscore Tracker

Jenjang Karier Semakin Melejit Kalau Kamu Perhatikan 5 Hal Ini 

Satu, dua, tiga langkah kejar mimpi jadi kenyataan

Meniti karier pada dasarnya berawal dari level bawah terlebih dahulu. Semua orang bermimpi ingin punya rekam jejak karier yang bagus dan melejit. Berada di posisi karier yang menjanjikan tentu peluang emas untuk jenjang karier ke depannya. Nah, bagi kamu para hard worker, jangan gegabah dahulu saat berjuang menggapai dream job. Perjalanan kariermu akan meroket bila memperhatikan lima hal ini.

1. Menerapkan prinsip focus and speed

Jenjang Karier Semakin Melejit Kalau Kamu Perhatikan 5 Hal Ini shutterstock.com/fizkes

Konsentrasi penuh dibutuhkan tidak hanya ketika sedang mengerjakan ujian saja, tetapi juga selama bekerja di kantor. Artinya, jangan sampai hal-hal di luar pekerjaan mengusik pikiranmu yang menyebabkan hasil kerja kurang memuaskan. Coba deh, mulai fokus dengan melakukan hal kecil seperti, tidak terlalu sering mengecek notifikasi media sosial. Konsentrasi dapat berjalan asalkan tidak sekadar niat saja, melainkan kamu melaksanakannya dengan penuh komitmen. Siapa yang nggak bahagia jika semuanya selesai sesuai timeline dan tidak memakan waktu banyak merevisi?

Begitu pun ‘speed’, fokus saja belum cukup agar kinerjamu dinilai plus oleh bos. Cepat juga bukan berarti pekerjaan ‘asal’ selesai. Selagi fokus berjalan, alangkah baiknya kamu gesit melakukan suatu pekerjaan. Ingatkan, time is money? Mulailah belajar dari sekarang memanajemen waktu untuk mendukung produktivitasmu.

2. Memiliki kemampuan good public speaking

Jenjang Karier Semakin Melejit Kalau Kamu Perhatikan 5 Hal Ini IDN Times/Bank BRI

Pastinya kamu yang menyandang title lulusan Ilmu Komunikasi sudah paham betul manfaatnya public speaking di lingkungan kerja. Keahlian ini dapat membantu kamu menjadi sosok pemimpin di perusahaan. Kok bisa? Why not, kalau memang kamu pandai berbicara di hadapan banyak orang, perhatian mereka dengan mudah tertuju kepadamu. Nantinya sosok pemimpin pun akan memberikan instruksi maupun arahan melalui kemampuan public speaking-nya.

3. Pandai berbahasa asing

Jenjang Karier Semakin Melejit Kalau Kamu Perhatikan 5 Hal Ini shutterstock.com/fizkes

Di zaman modern saat ini, kemampuan public speaking juga perlu ditunjang dengan kemampuan berbahasa asing agar mampu berkomunikasi dengan siapa pun dari berbagai belahan dunia. Semakin banyak kamu menguasai berbagai keterampilan berbahasa asing, selain meningkatkan kepercayaan diri, kamu juga akan dipercaya oleh pimpinan perusahaan untuk memegang jabatan strategis yang membuat karier kamu tentunya semakin meningkat lagi.

4. Bangun relasi dan koneksi seluas-luasnya

Jenjang Karier Semakin Melejit Kalau Kamu Perhatikan 5 Hal Ini shutterstock.com/fizkes

Jaringan pertemanan yang terus bertambah bisa membawa dampak positif bagi diri kamu jika memiliki banyak relasi dan koneksi. Keuntungan dan kebermanfaatan akan senantiasa menghampiri, baik itu untuk diri sendiri maupun karier yang kamu miliki bila menanamkan prinsip “1 musuh terlalu banyak, 1.000 teman terlalu sedikit”

Dengan memiliki relasi dan koneksi, kamu akan lebih dipercaya, didengar berbagai pendapatmu, dan dianggap memiliki kapabilitas yang mumpuni sehingga kariermu secara otomatis akan terus terasah ke arah yang lebih positif.

5. Upgrade skill dan haus ilmu

Jenjang Karier Semakin Melejit Kalau Kamu Perhatikan 5 Hal Ini IDN Times/Bank BRI

Tak bisa dimungkiri, kunci sukses seseorang dalam kariernya tentu ditopang dengan skill, pengetahuan, dan memiliki sifat trengginas yang terus diasah. Sebagaimana pepatah yang mengatakan “hidup adalah proses, hidup adalah pembelajaran”, di dalam kariermu juga mesti berproses dan terus belajar. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mendukung karyawannya untuk terus mengasah ilmu dengan memberikan beasiswa kepada karyawannya. Salah satu contoh adalah BRI yang sangat peduli dengan personal development secara rutin memberikan beasiswa kepada karyawan terpilihnya  untuk melanjutkan studi S-2 di universitas-universitas terbaik di luar negeri, termasuk universitas terbaik di Amerika dan Eropa.

Nah, bagi kamu yang ingin terus mengembangkan karier, skill, dan mendapat kesempatan untuk terus didukung oleh perusahaan untuk mencari ilmu, BriLiaN Future Leader Program (BFLP) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sangat cocok buat kamu yang ingin terus mengasah diri agar menjadi pemimpin perusahaan di masa depan. Tidak hanya itu, BFLP juga ditujukan bagi fresh graduate yang membawa semangat muda, yakni kreatif dan inovatif, serta mengembangkan potensi kamu menjadi the next future leader

Periode pendaftaran untuk mengikuti BFLP BRI sudah dibuka hingga 16 Februari 2020. Ayo, tunggu apa lagi, bagi kamu yang masih fresh graduate ataupun kamu yang berjiwa muda dengan semangat yang menggelora, sudah saatnya #startyourpotential dengan mulai dari sini untuk bergabung di BFLP BRI. Selain info lebih detail-nya, intip juga keseruan Generasi BRILiaN di akun Instagram-nya @DuniaBRILiaN.

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya