Comscore Tracker

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!

Soal karier atau pasangan nih?

Jakarta, IDN Times - Millennial memang cenderung punya karakter yang gak pernah takut mencoba sesuatu yang baru. Namun, bukan berarti juga para millennial ini gak punya ketakutan lho ya. Jujur deh, saat ini kamu punya ketakutan apa sih kalau IDN Times boleh tahu?

Nah, efek dari ketakutan ini bisa bermacam-macam lho, bahkan ada sebagian dari kamu sampai insomnia alias punya gangguan sulit tidur. Wah, gak bisa dibiarkan ya guys! Tapi, kamu penasaran gak sih, ketakutan apa saja yang dihadapi millennial saat ini? Mungkin dengan kamu mengetahuinya, kamu bisa dapat solusinya juga nih.

1. Takut gak punya kesempatan untuk berkembang

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!Shutterstock/Pressmaster

Berada di zona nyaman memang terkadang bisa buat kamu terlena lho. Merasa puas dengan pencapaian yang standar-standar aja, buat kamu jadi hidup tanpa goals yang jelas. Jika kondisi ini terlalu lama dibiarkan, dampaknya kamu jadi stagnan dan merasa sulit untuk berkembang.

Nah, jika saat ini kamu sudah merasakan ketakutan gak punya kesempatan untuk berkembang, berarti kamu masih punya keinginan untuk maju lho. Jadikan ketakutanmu ini menjadi motivasi agar kamu bisa terus berkembang. Selagi ada kemauan pasti ada jalan kok!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Segala Perkembangan dalam Hidup Itu Sangat Penting

2. Selalu insecure dengan kesehatan fisik dan mental mereka

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!Shutterstock/tsyhun

Efek pandemik membuat banyak millennial merasakan pandemic fatigue, yaitu kondisi kelelahan fisik dan mental seseorang akan Covid-19. Hal ini, membuat millennial menjadi sulit tidur dan merasakan insecure. Jika kamu merasakan hal ini, termasuk normal aja kok guys.

Kamu hanya perlu mengatasinya dengan cara yang benar. Usahakan tetap terhubung dengan teman-teman agar emosi dan pikiran negatif bisa keluar dari dalam dirimu. Ceritakan kondisi dan perasaanmu kepada orang terdekat. Dan jangan lupa, lebih bijak menerima informasi ya!

3. Gak punya tabungan atau investasi untuk masa depan

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!Shutterstock/Prostock-studio

Kalau IDN Times boleh tahu, apakah saat ini kamu punya tabungan atau investasi? Jika jawabannya belum, kamu gak sendirian kok. Sebelum semua memburuk, mulai sekarang kamu harus belajar untuk mengelola keuangan dengan matang ya, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, pikirkan juga perlindungan kesehatan agar nanti di masa tua, gak menyesal nih! Lalu, bagaimana caranya sih jika ingin punya asuransi sekaligus berinvestasi?

Sebelumnya, kamu harus tahu tentang jenis-jenis asuransi terlebih dahulu ya. Ada asuransi umum, memberikan manfaat berupa uang santunan atau dalam bentuk penggantian kerugian atas kerusakan suatu hal atau barang yang diasuransikan. Asuransi jiwa, memberikan manfaat sejumlah uang santunan asuransi kepada penerima dari peserta asuransi, apabila peserta asuransi meninggal dunia akibat masalah kesehatan penyakit atau kecelakaan.

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!Shutterstock/Viktoriia Hnatiuk

Lalu, ada produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi, yaitu unit link. Produk ini cocok untuk kalian yang simpel, karena sudah dapat 2 manfaat atau kegunaan sekaligus, yaitu manfaat perlindungan serta manfaat investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Pada produk asuransi unit link Sebagian premi yang dibayarkan, akan dialokasikan ke biaya-biaya yang di alokasikan untuk perlindungan asuransi seperti biaya asuransi dan administrasi, biaya akuisisi, biaya penarikan & biaya penebusan, biaya pengalihan dana, biaya pengelolaan investasi, biaya Top-up, dan sebagian lain nya dialokasikan ke dalam dana investasi menjadi bentuk unit. Nah, kamu juga harus tahu manfaat dan risiko produk unit link.

  • Memiliki fungsi ganda, yaitu perlindungan dan investasi dalam satu polis. Hal ini cukup memudahkan soalnya kamu gak perlu pusing mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.
  • Fleksibel karena dapat menambah manfaat, jika kamu merasa manfaat perlindungan masih kurang maka bisa juga menambah manfaat lainnya sesuai kebutuhan. Ingat, sebelumnya kamu harus konsultasikan dulu ya.
  • Jangka waktu pertanggungan yang panjang, biasanya pada setiap produk asuransi unit link, masa pertanggungannya cukup panjang, sampai kamu berusia 99 tahun dan informasi ini tercantum di dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis.
  • Jangan mengharap return atau untung dalam jangka pendek karena tujuan utama asuransi adalah proteksi terhadap jiwa dan kesehatan kamu yang berkelanjutan.

Setelah mengetahui manfaat dan risikonya, kamu bisa berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing-masing, selalu ingat prinsip dasar investasi “High Risk High Return” ya! Nah, salah satu produk asuransi jiwa unit link unggulan yang bisa jadi pilihan adalah produk PRULink Generasi Baru dari Prudential Indonesia.

4. Sulit menemukan tujuan karier yang dituju

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!Shutterstock/fizkes

Kekhawatiran kamu saat sulit menemukan tujuan karier yang diinginkan memang jadi salah satu permasalahan dialami sebagian besar millennial ya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti kurang fokus, kurang aware dengan potensi diri sendiri, takut untuk perubahan yang besar, kurang pede, terlalu berlebihan saat bekerja efeknya jadi gampang stres, dan kurang motivasi.

Setelah menyadari dan merasakan penyebabnya, perlahan kamu bisa selesaikan satu per satu permasalahan tersebut. Perlahan tapi pasti, nantinya kamu akan bisa menemukan karier yang selama ini kamu ingin tuju.

5. Khawatir gak bisa punya pekerjaan sesuai passion

Kamu Butuh Persiapan Matang Saat Hadapi 5 Ketakutan Ini Guys!Shutterstock/Girts Ragelis

Sebagian besar millennial pasti menginginkan punya pekerjaan yang sesuai passion ya. Alasan mereka simpel, agar kamu bisa lebih menikmati dan mencintai pekerjaan yang kamu jalani. Tapi, melihat fakta di lapangan saat ini, gak mudah nih mencari pekerjaan yang sesuai passion.

Jika nantinya kamu mendapat pekerjaan yang gak sesuai passion itu bukan sesuatu hal yang harus dikhawatirkan lho. Bahkan kamu harus bisa berdamai dengan hal tersebut kok. Caranya, kamu harus kuatkan mental, jadikan pekerjaanmu itu sebuah ilmu baru, dan jangan lupa bersyukur ya!

Ketakutan pada dasarnya bisa diatasi kok guys! Yuk tetap positive thinking! (CSC)

Baca Juga: Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karir

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya