Comscore Tracker

5 Hal yang Membantu Newbie agar Mudah Adaptasi di Kantor

Buat kesalahan itu hal yang wajar, gak perlu sedih, ya

Jika kamu baru saja mendapatkan pekerjaan di perusahaan, pasti selalu terkendala dengan lingkup kerja baru yang tak sama dengan lingkungan kerja kamu yang lama. Kamu harus membangun rasa nyaman di kerjaan baru agar bisa bertahan di perusahaan tersebut.

Ada beberapa orang yang cepat beradaptasi ada pula yang lambat, semuanya akan tergantung oleh waktu dan cara kamu memberi kenyamanan kerja dengan dirimu sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa membantu kamu agar bisa adaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

1. Tanam sikap rendah diri dan murah senyum

5 Hal yang Membantu Newbie agar Mudah Adaptasi di KantorIlustrasi wanita saling bertukar pikiran (pexels.com/Christina Morillo)

Jika bertemu rekan kerja apalagi jika kamu seorang newbie adakalanya kamu bisa menyapanya dengan senyuman dan memperkenalkan diri dengan gaya bahasamu sendiri tapi jangan ribet apalagi sampai menceritakan kehidupan kamu, cukup yang singkat saja, ya.

Jika kamu memiliki kesalahan-kesalahan dalam bekerja tetaplah sabar dan memperbaikinya. Tentu kami harus mengambil hal positifnya saja, ya, negatifnya kamu gak perlu ambil pusing. 

2. Menekuni pekerjaan kamu

5 Hal yang Membantu Newbie agar Mudah Adaptasi di KantorIlustrasi sedang bekerja (pexels.com/olia danilevich)

Salah satu hal yang paling sering dipantau oleh pemimpin terhadap newbie adalah peningkatan kinerjanya selama baru bekerja sampai masa trainingnya habis. Kamu harus memberikan kinerjamu yang baik agar bisa ditetapkan menjadi karyawan tetap.

Caranya yaitu tekun dalam bekerja, kamu akan dengan mudah memahami tugasmu jika pekerjaan yang kamu lakukan telah kamu pelajari sebelumnya, baik dengan cara bertanya dengan karyawan yang lebih lama ataupun bertanya dengan atasan kamu.

3. Membangun relasi yang baik dengan rekan kerja

5 Hal yang Membantu Newbie agar Mudah Adaptasi di KantorIlustrasi dua wanita sedang bercerita (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Di dalam suatu perusahaan kamu pasti tak sendiri, kamu memiliki rekan kerja yang bisa menjadi teman kamu sekaligus. Tentu untuk newbie hal itu tidak mudah, namun tak ada salahnya jika kamu mencoba dengan hal yang paling umum seperti saling peduli.

Jika rekan kerjamu lebih tua darimu umumnya memiliki permasalahan keluarga alangkah baiknya kamu menjadi pendengar yang baik di setiap ceritanya, tentu dengan memberikan masukan-masukan kecil yang membangun semangat rekan kerjamu.

Baca Juga: 6 Tips Atasi Perubahan Besar di Kantor, Jangan Sampai Berujung Drama!

4. Menyumbangkan idemu dalam kerjaan

5 Hal yang Membantu Newbie agar Mudah Adaptasi di KantorIlustrasi menemukan ide (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat meeting ataupun ada project yang dikerjakan oleh perusahaan, kamu tak boleh diam. Ini merupakan kesempatanmu sebagai newbie menunjukkan ide-ide cemerlang kamu guna memperlihatkan sisi yang juga peduli dengan perusahaan.

Meskipun kelak ide yang kamu berikan ditolak, itu adalah awal yang baik buat kamu jika ke depannya akan memberikan ide-ide yang gak kalah menarik tentunya!

5. Menyisihkan waktu untuk lunch bareng hingga kumpul setelah pulang kerja

5 Hal yang Membantu Newbie agar Mudah Adaptasi di KantorIlustrasi sedang kumpul bareng (pexels.com/Nicole Michalou)

Salah satu cara membangun kenyamanan dalam lingkup kerja yaitu salah satunya kamu juga bisa mengikuti acara seperti meetup rekan kerja saat jam pulang hingga makan siang bersama.

Tentu semua rekan kerjamu memiliki karakter yang berbeda jika di luar perusahaan, mereka akan menjadi asik dan mendadak jadi komedian. Namun tak semua rekan kerja seperti itu, ada pula rekan kerja yang sama saja jika berada di dalam perusahaan.

Menjalin relasi dengan orang-orang baru selalu ada positif dan negatifnya, kembali lagi itu semua bergantung dari pemahaman diri sendiri. Lalu, jangan pernah bersedih jika pada awal masuk perusahaan, kamu melakukan kesalahan. Hal itu wajar namun kamu harus memperbaikinya di kemudian hari, ya.

Baca Juga: 7 Kunci Presentasi yang Memukau Saat Rapat Kantor, Jangan Lama-lama!

Istianah Baharuddin Photo Verified Writer Istianah Baharuddin

Tulisan kecil yang berarti~ apa yg ku tulis adalah salah satu hobiku #akukpopers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya