Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Fun

Ayo, tetap semangat cari cuan!

Menjalani pekerjaan memang tidak selalu mudah, terlebih jika pekerjaan yang dimiliki ternyata bukan pekerjaan impian alias dream job. Terkadang bekerja bisa penuh tekanan dan motivasi selalu rendah, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Apakah kamu termasuk orang yang kurang nyaman dengan pekerjaanmu? Jika iya, segera temukan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Kalau dibiarkan berlarut-larut, motivasi bekerja akan benar-benar hilang dan kamu akan stres berat.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pekerjaan yang tidak membuatmu bahagia. Yuk, simak!

1. Mulai hari dengan suasana hati yang baik

5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Funilustrasi seseorang yang merasa bahagia (unsplash.com/Allef Vinicius)

Kenyamanan dalam bekerja ternyata dapat dipengaruhi oleh mood kita di pagi hari. Fakta menarik dikemukakan oleh Rothbard dan Wilk dalam studinya yang dipublikasikan oleh Academy of Management Journal tahun 2012 bahwa suasana hati saat memulai hari akan berdampak pada hasil kerja di hari tersebut.

Seseorang yang memulai hari dengan mood yang baik cenderung lebih produktif dan memiliki performa kerja yang cemerlang. Sebaliknya, seseorang yang suasana hatinya sudah kacau sejak pagi cenderung mengalami penurunan performa kerja dan mendapat hasil yang negatif.

2. Fokus pada sisi positif

5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Funilustrasi bekerja (unsplash.com/KOBU Agency)

Tidak ada yang seratus persen sempurna dalam hidup, termasuk di dunia kerja. Meskipun merasa menjalani pekerjaan yang tidak nyaman, tetap optimis bahwa pasti ada satu atau dua hal yang bisa tetap dipelajari untuk mengembangkan diri.

Temukan hal-hal kecil yang bisa membuat fokus untuk bekerja dan tekuni hingga mencapai level profesional. Sisi positif ini akan membantumu bertahan dalam ketidaknyamanan dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Tanda Rekan Kerja Pemalas di Kantor, Bikin Jengkel Terus!

3. Hindari hal-hal negatif di tempat kerja

5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Funilustrasi bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Ketidaknyamanan dalam bekerja terkadang berasal dari faktor eksternal, seperti rekan kerja yang tidak kooperatif, suasana kantor yang kurang ceria, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman di tempat kerja meskipun kita menyukai pekerjaan yang dimiliki.

Kita memang tidak bisa mengubah lingkungan kerja seperti yang kita inginkan. Namun, menghindari hal-hal negatif seperti persaingan yang tidak sehat, gosip, atau konflik dengan rekan kerja bisa diusahakan. Sebisa mungkin hindari hal-hal toksik tersebut agar fokus kerja tidak terganggu dan kenyamanan bisa dipertahankan.

4. Atur ruang kerja sesuai style kamu

5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Funilustrasi bekerja (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Buat kamu yang kerja kantoran atau menjalani pekerjaan indoor lainnya, menata ruang kerja sesuai keinginan bisa dicoba untuk mengusir rasa bosan. Kamu bisa coba aplikasikan style yang kamu suka dengan menambah dekorasi tertentu yang dapat meningkatkan motivasi bekerja.

Memberikan sentuhan style tertentu pada ruang kerja akan memberikan semangat baru yang membantu mengurangi tingkat stres. Hasilnya, bekerja akan jadi lebih nyaman.

5. Temukan arti dibalik pekerjaanmu

5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Funilustrasi sebuah keluarga (unsplash.com/Jimmy Dean)

Terakhir, jika merasa tidak nyaman dengan pekerjaan yang sedang dijalani, cobalah temukan arti tersembunyi di balik pekerjaan tersebut. Mungkin dengan pekerjaan tersebut, kamu bisa berkontribusi menopang kelangsungan hidup keluarga, memberikan dampak baik bagi komunitas, atau sesederhana mengembangkan sisi positif diri yang tidak kamu sadari.

Jika kamu bisa menemukan alasan tepat di balik melakukan pekerjaanmu, maka akan muncul motivasi yang bisa membangkitkan semangat. Hasilnya, rasa tidak nyaman akan dapat diatasi.

Tidak semua orang mampu meraih dream job yang mereka inginkan. Merasa terjebak dalam pekerjaan yang sebenarnya tidak disukai memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, dengan strategi yang tepat, ketidaknyamanan tersebut bisa diatasi, sehingga kerja bisa jalan terus. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Melamar Pekerjaan secara Online biar Cepat Dapat Panggilan!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya