Comscore Tracker

5 Tips Menemukan Pilihan Karier yang Tepat, Supaya Gak Salah Pilih

Jangan asal kerja, ya!

Setiap orang pasti ingin mencapai karier impiannya. Bisa masuk di perusahaan ternama, dapat penghasilan yang lebih dari cukup, dan memiliki jabatan atau posisi yang terpandang. Namun ternyata, tidak semua orang beruntung memiliki pekerjaan impian, adakalanya kita malah terjebak pada pilihan karier yang tidak tepat. 

Padahal, asal dalam memilih karier bisa memengaruhi kualitas kerja kita yang dihasilkan nantinya. Nah, supaya hal tersebut gak terjadi padamu, ini lima tips menemukan pilihan karier yang tepat. 

1. Mengenali kemampuan diri 

5 Tips Menemukan Pilihan Karier yang Tepat, Supaya Gak Salah Pilihsibuk kerja (pexels.com/@Kaushal Moradiya)

Tips pertama menemukan pilihan karier yang tepat, yaitu dengan mengenali kemampuan diri terlebih dahulu. Setiap orang dianugerahi oleh kemampuan dan kelebihannya masing-masing. Ada yang pandai public speaking, punya keunggulan dalam bidang seni, dan kemampuan yang lain. 

Nah, ketika sudah mengetahui kemampuan sendiri, kamu bisa memanfaatkan kelebihan tersebut dengan cara mengasahnya secara maksimal. Percaya deh, berkarier sesuai dengan skill yang kita miliki bisa membuat pekerjaanmu terasa lebih menyenangkan. 

2. Mempertimbangkan hobi

5 Tips Menemukan Pilihan Karier yang Tepat, Supaya Gak Salah Pilihwanita sedang menulis (pexels.com/andrea picquadio)

Tips selanjutnya yaitu kamu bisa mempertimbangkan hobi yang ditekuni selama ini. Pilihan karier itu datangnya bisa dari mana saja, guys, termasuk dari hobimu sekarang. Misalnya punya hobi nulis, kamu bisa menekuni hobi tersebut dengan menjadi penulis buku, jadi jurnalis di media online, dsb. 

Contoh lagi kamu punya hobi masak, gak ada salahnya untuk membuka jasa catering, menjual makanan, dan lainnya. Berangkat dari hobi ini siapa tahu bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan pundi-pundi uang. Jadi, jangan malas menekuni hobimu, ya! 

Baca Juga: 5 Kesulitan dalam Karier jika Kamu Memiliki Masalah Trust Issue

3. Membuat daftar karier atau kerja yang diinginkan

5 Tips Menemukan Pilihan Karier yang Tepat, Supaya Gak Salah Pilihwanita sedang telepon (pexels.com/@Karolina Grabowska)

Menemukan karier yang tepat itu susah-susah gampang. Kita harus berani menjajal pekerjaan satu dan pekerjaan yang lain. Maka, ketika ingin mencapai karier impian kamu bisa membuat daftar karier yang diinginkan dulu.

Kamu bisa memikirkan preferensi karier yang mungkin kamu lakukan nantinya. Setelah itu, prioritaskan mana pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu dan mulailah fokus untuk mewujudkannya. 

4. Berani keluar dari zona nyaman

5 Tips Menemukan Pilihan Karier yang Tepat, Supaya Gak Salah Pilihdua wanita berbicara (pexels.com/@EKATERINA BOLOVTSOVA)

Selain tiga poin di atas, tips menemukan pilihan karier yang tepat berikutnya yaitu dengan berani untuk keluar dari zona nyaman. Jangan takut mencoba hal baru, menjajal pekerjaan, dan membuka peluang. Sebab, kamu bakal sulit menemukan karier yang tepat kalau masih stuck di tempatmu sekarang. 

Jadi, inilah waktumu untuk bertemu dengan orang baru, membangun relasi, dan mengembangkan diri. Siapa tahu karier keberuntunganmu bisa datang dari situ. Jadi, jangan takut untuk keluar dari zonamu ya!

5. Menyusun strategi karier dengan matang

5 Tips Menemukan Pilihan Karier yang Tepat, Supaya Gak Salah Pilihwanita fokus bekerja (pexels.com/@Polina Zimmerman)

Tips terakhir menemukan karier yang tepat yaitu dengan menyusun strategi atau rencana dengan matang. Mulai dari mencari tahu arah karier yang kamu mau, mempersiapkan CV lamaran terbaik, membuat planing pekerjaan, dan jangan lupa untuk terus meningkatkan kapasitas diri.

Dengan menyusun strategi bisa membantumu lebih fokus dalam mencapai karier dan pekerjaan yang diinginkan. Jadi mulai sekarang, susun strategimu dengan matang supaya kamu bisa mudah menemukan karier yang tepat. 

 

Menemukan karier yang sesuai dengan skill dan kemampuan kita bisa dikatakan susah-susah gampang. Maka kamu harus mempersiapkan pilihan kariermu mulai sekarang. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Terpeleset saat di Puncak Karier

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya